Inovasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Pop Up untuk Meningkatkan Efektifitas Pemebelajaran Era Didgital di Sekolah Dasar

Authors

  • Kholifatul Hasanah Universitas Islam Raden Rahmat
  • Zahrotul Ula Universitas Islam Raden Rahmat
  • Zizca Fauzia Universitas Islam Raden Rahmat
  • Wuli Oktiningrum Universitas Islam Raden Rahmat

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1799

Keywords:

Inovasi Pembelajaran, Media Pop Up, Interaktif, Efektivitas Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian yang berjudul "Inovasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Pop Up untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital di Sekolah Dasar" ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran interaktif berbasis pop up sebagai alternatif inovatif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di era digital yang menuntut keterlibatan aktif siswa, menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) model Borg and Gall yang mencakup tahap studi pendahuluan, desain produk, validasi ahli materi dan media, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba lapangan, serta evaluasi efektivitas melalui analisis data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari angket validasi, observasi keterlibatan siswa, wawancara guru, dan tes hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar sebagai subjek penelitian, dengan hasil menunjukkan bahwa media pop up interaktif yang dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh para ahli, mudah digunakan oleh guru, menarik perhatian siswa, mampu meningkatkan partisipasi aktif selama proses pembelajaran, serta secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan skor tes sebelum dan sesudah penggunaan media, sehingga dapat disimpulkan bahwa inovasi pembelajaran ini efektif dan layak diterapkan dalam konteks pembelajaran sekolah dasar sebagai solusi kreatif yang menjembatani metode konvensional dengan kebutuhan era digital yang menuntut kreativitas, kemandirian belajar, dan media yang ramah teknologi namun tetap sederhana serta mudah diakses oleh seluruh peserta didik di berbagai kondisi.

References

Devi, A. S., & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD (Vol. 3).

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakuaden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1, 221–228.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk

Pembelajaranl ingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo.

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. https://doi.org/http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/45.

Fajriah, A. A., & Sadiah, H. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 2).

Febriandi, R, Egok A, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sd. Febriandi, 255–269.

Hamzah, A. (2019). No Title Metode Penelitian Dan Pengembangan.

Khoirina, A., & Adriyani, Z. (2024). Inovasi Pembelajaran Era Digital: Pengembangan Teknologi Augmented Reality di Sekolah Dasar. https://jurnaldidaktika.org

Lelu Ngongo, V., Hidayat, T., Wiyanto, dan, Xaverius, S., Alam, P., & Sugihan, M. (n.d.). PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL.

Majid, A. (2020). No Title Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Edutech …, 6, 212–221.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475

Rukmiati, E. (2022).Literasi Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Tenaga Didik Dan Peserta Didik. An-Nuur, 12(2).

Safri, M., & Sari, Adelila, S. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Education), 5(1), 107–113.

Samaloisa, H. A. S., & Bilo, D. T. (2024). Optimalisasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Agama Kristen: Mengintegrasikan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 3(1), 80–98.

Samaloisa, H. A. S., & Bilo, D. T. (2024). Optimalisasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Agama Kristen: Mengintegrasikan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 3(1), 80–98.

Sari, N., & Liansari, V. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book terhadap Keterampilan Membaca Nyaring pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal IlmiahPendidikan Dasar,

8(1), 3020–3034. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8163

Sholikhah, A. (2017). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Kelas V. Jurnal : Simki-Pedagogja 1(8)

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021, Juli ). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2).

Suhartono, O. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Pelaksanaan Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.113

Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Thapliyal, P. (2020). Digital literacy and its impact on the inclination towards english literature: An analytical study. Turk. OnlineJ. Qual. Inq.(TOJQI), 11, 701–705.

Tharaba, M. F. (2019). Kajian Pemikiran Integrasi Keilmuan Universitas Islam . Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED) (p. 126). UIN Maulana Malik Ibrahim Malang: Faculty of Tarbiyah and Teacher Training.

Wardani, D. A. W. (2023). Tren Baru: Urgensi Multimedia Interaktif Dalam Eksebilitas Pendidikan Di Era Digital. Jawa Dwipa, 4(2), 139–153.

Weninger, C. (2023). Digital literacy as ideological practice. ELT Journal, 77(2), 197–206. https://doi.org/10.1093/elt/ccad001

Zeng, W. (2023). An investigation into digital literacy and autonomous learning of high school students. English Language Teaching, 16(2), 131.

Zinchenko, V., Dorosheva, A., & Mosiy, I. (2023). Innovative and cultural transformations of educational environment of the future: digitalization, barriers for traditional learning. Futurity Education, 3(1), 45–62.

Downloads

Published

2025-07-02

How to Cite

Hasanah, K., Ula, Z., Fauzia, Z., & Oktiningrum, W. (2025). Inovasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Pop Up untuk Meningkatkan Efektifitas Pemebelajaran Era Didgital di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1799

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.