Pengembangan E-Modul IPS Berbasis Multimedia Visual dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SD Negeri Cijati 1

Authors

  • Repa Fajriyani S Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka
  • Dewi Yanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka
  • Karismayanti D.P Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka
  • Tegar Putra Tawa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka
  • Ibnu Rijal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka
  • Ani Rosidah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1861

Keywords:

E-Modul, Multimedia Visual, Pembelajaran Kooperatif, Berpikir Kreatif, IPS, Sekolah Dasar

Abstract

Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan modul elektronik berbasis media visual interaktif untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui strategi pembelajaran kooperatif. Pendekatan kuantitatif dan desain quasi-eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Kelas 5A, kelompok eksperimen, menerima pembelajaran berbasis modul elektronik, sedangkan kelas 5C, kelompok kontrol, menerima pengajaran tradisional. Dua kelas kelima di SD Negeri Cijati 1 dipilih sebagai subjek penelitian. Pengamatan dan evaluasi hasil belajar, dengan penekanan pada indikator kemampuan berpikir kreatif, digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen secara signifikan outperformed kelompok kontrol. Hasil ini menunjukkan betapa efektifnya pembelajaran kooperatif dengan e-modul berbasis multimedia visual dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran IPS.

References

A., Gunansyah, G., & Nasution, N. (2024). Literature review: Media e-modul IPS untuk meningkatkan keterampilan abad 21 siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4).

Endaryati, L., Wulandari, E., & Utami, P. (2021). Pengembangan e-modul interaktif IPS untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Media Pembelajaran, 6(2), 112–120.

Gunansyah, A., Nasution, N., & A. (2024). Literature review: Media e-modul IPS untuk meningkatkan keterampilan abad 21 siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4).

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu‑isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munandar, U. (2016). Pengembangan kreativitas anak berbakat (Cetakan ke-3). Jakarta: Rineka Cipta.

Nurjan, S. (2018). Berpikir kreatif dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 19(1), 75–82.

Rahmani, C. D., Adrias, A., & Suciana, F. (2025). Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 268–278.

Ramadhani, R., Munawaroh, L., & Fadilah, S. (2020). Integrasi media visual dalam pembelajaran IPS. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 233–241.

San­jaya, W. (2014). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan (Cetakan ke-11). Jakarta: Kencana.

Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning: Theory, research, and practice (2nd ed.). Boston, MA: Allyn & Bacon.

Sugiyono. (2023). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, & R&D) (Cetakan ke-3). Alfabeta.

Sofiasyari, I., Kurniawati, I., & Guntur, M. (2022). Pengaruh penggunaan media ajar IPS berbasis video interaktif terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 174–183.

Susilawati, S., & Amaliyah, R. (2020). Keefektifan e-modul dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 121–130.

Suryani, A. (2020). Pembelajaran konvensional dan dampaknya terhadap keterlibatan siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 45–53.

Treffinger, D. J., Young, G. C., Selby, E. C., & Shepardson, C. (2011). Creativity and learning. Prufrock Press.

Ullpa, A., Fitria, N., & Sudarsono, E. (2024). Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran kolaboratif. Jurnal Edukatio, 10(1), 22–34.

Warsito, B., & Faizin, A. (2021). Pengaruh e-modul interaktif terhadap minat dan hasil belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 88–96.

Downloads

Published

2025-07-02

How to Cite

S, R. F., Yanti, D., D.P, K., Tawa, T. P., Rijal, I., & Rosidah , A. (2025). Pengembangan E-Modul IPS Berbasis Multimedia Visual dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SD Negeri Cijati 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1861

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)