Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Tipe II terhadap Kemampuan Penalaran Sains Siswa dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.402Keywords:
Penalaran Sains, Metode Jigsaw, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas penalaran ilmiah di sekolah dasar menyebabkan peneliti mencari solusi untuk meningkatkan kualitas penalaran ilmiah di sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II. Tujuan dari model pembelajaran ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap penalaran ilmiah siswa kelas IV SD Negeri Pucang 4 Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen one group pretest-one posttest. Hasil uji normalitas nilai kelompok eksperimen dan kontrol mempunyai data berdistribusi normal, uji homogenitas menunjukkan sebaran data homogen, dan uji hipotesis terdapat pengaruh yang sangat tinggi pada Jigsaw Type II model pembelajaran kemampuan penalaran siswa kelas IV SD pada kurikulum mandiri.
References
Adiwiguna, P., et al. (2019). Pengaruh Model Problem Based learning (PBL) Berorientasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Peserta didik Kelas V SD di Gugus I Gusti Ketut Pudja. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 94–103.
Aronson, E., Baney, N., Sikes, J., Stephan, C., & Snapp, M. E. (1978). History of the Jigsaw.
Bagasta, A. R., et al. (2018). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di Salah Satu SMA Negeri Kota Sragen. Pedagogia: Jurnal Pendidikan. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1551
Elsy, Z. (2016). Literasi Sains Dan Pendidikan. Sumsel Kemenag.
Juwita, E., Sunyono, & Rosidin, U. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta didik Kelas IX MTs Negeri 1 Lampung Barat Pada Materi Bioteknologi Berbasis Etnosains. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains).
Kemendikbud. (2016). TIMSSInfographic. Retrieved from http://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Has il%20Seminar%20Puspendik%202016/TIM SS%20in fographic.
Kemendikbud. (2019). Desain induk gerakan literasi sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar danMenengah, Kementerian PendidikandanKebudayaan.
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Goh, S., & Cotter, K. (Eds.). (2016). Ensiklopedia TIMSS 2015: Kebijakan pendidikan dan TIMSS & PIRLS Sekolah Pendidikan Lynch KERANGKA ILMU TIMSS 2019 55 Pusat Studi Internasional penyelidikan.
National Library of Medicine. (2013). ‘Catatan Statistik untuk peneliti klinis: menilai distribusi normal.
OECD. (2018). PISA Insights and Interpretations. PISA, OECD Publishing.
Pristiwanti, D., et al. (2022). [Title of the article]. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911-7915.
Purwanto. (2019). Kategori Literasi Sains.
Rahmadani, Y., et al. (2018). Profil Keterampilan Literasi Sains Peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) di Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol.7, No.3, hlmn. 183–190. DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10123
Reswari, A. (2014). “Perbandingan Hasil Belajar menggunakan STAD Dan Metode Cearamah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas XI SMKN 2 Kota Bengkulu”.
Sanjaya, R. W. K., Maridi, & Suciati. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Bounded Inquiry Lab untuk Meningkatkan Literasi Sains Dimensi Konten pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI. Jurnal Inkuiri, Vol. 6, No.3, hlmn. 1–16. DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i3.17828
Schunk, D. H. (2012). Learning Theoris. Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). “Memahami penelitian kualitatif”. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.
Sujianto, A. E. (2009). Aplikasi Statistik dengan SPSS 16,0. Jakarta: Prestasi Pustaka karya.
Sutapa, I. K. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris Ditinjau dari Kreativitas. MPI, Vol. 1 No. 3.
Vivi Irviani, et al. (2023). “Penerapan Model Jigsaw Bervisi SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VII Mts Tanbihul Ghofiliin Bawang”, 2023. DOI: https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v12i2.25859
Winata, A., Cacik, S., & Seftia, I. (2018). Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN Sidorejo ITuban Pada Materi Daur Air. Journal of Teaching In Elementary Education. DOI: https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i1.356
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maulydia Briegga Taniatara, Fitria Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.