Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Danita Triska -Amelia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitria Eka Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.718

Keywords:

IPA, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Materi yang digunakan dalam adalah sifat-sifat cahaya. Penelitian dilakukan di kelas V SDN Wirobiting 1 dengan jumlah 30 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen, jenis penelitian yang digunakan adalah pre experiment. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Dimana tes ini dilakukan sebelum diberikan perlakuan model inkuiri terbimbing (pretest) dan sesudah diberikan perlakuan dengan model inkuiri terbimbing (posttest). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal kognitif C1-C4, dengan jumlah 20 butir soal. Hasil validitas dari soal kognitif mendapat skor 0,93 dan reliabilitas mendapat skor 0,955. Analisis yang digunakan menggunakan rumus N-Gain. Hasil rata-rata dari pretest dan posttest yakni 49,5 dan 71,3, dengan skor N-Gain sebesar 0,42, yang termasuk dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Wirobiting 1.

References

Agustin, L. D., & Shofiyah, N. (2023). The Effect of Applying the Problem Based Learning (PBL) Model in Reducing Student Misconceptions in Science Learning of 4th Grade Elementary School. 1–10. DOI: https://doi.org/10.21070/ups.1628

Alfabeta, cv. (2019). Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, RnD. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Cv., 2(2), 133–139. https://doi.org/10.21107/nser.v2i2.6240 DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v2i2.6240

Ayunita, D. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Statistika Terapan, October.

Delpasya, K. K. C., Rosadi, A., Ridwan, D., & ... (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa pada Masa Pandemi. … : Jurnal Pendidikan Dan …. https://www.journal.yp3a.org/index.php/diajar/article/view/994

Dimyati, F. A. (2022). Penerapan Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Afektif dan Kognitif Siswa Sekolah Dasar pada Muatan IPA. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu. https://www.pusdig.my.id/pelita/article/view/204 DOI: https://doi.org/10.54065/pelita.2.1.2022.204

Djufri, E., & Trio Ardhian. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no1.a11047 DOI: https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no1.a11047

Hajjah, M., Munawaroh, F., Wulandari, A. Y. R., & Hidayati, Y. (2022). Implementasi Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Natural Science Education Research (NSER), 5(1), 79–88.

Iskandar, J., Gummah, S., Prayogi, S., & ... (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP. Empiricism …. https://journal-center.litpam.com/index.php/empiricism/article/view/515 DOI: https://doi.org/10.36312/ej.v2i1.515

Ismawati, B. P. (2019). (2019). Ismawati, Bernadeta Putri (2019) Analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran tematik siswa kelas IV tahun ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Sanata Dharma University. Skripsi Thesis, Sanata Dharma University., 2, 1–154.

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan …. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/2779 DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111

Masruri, M., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Ghufron, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sd Kyai Hasyim Surabaya. Jurnal Reforma, 8(2), 247. https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.219 DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v8i2.219

Musliman, A., & Kasman, U. (2022). Efektivitas model inkuiri terbimbing untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep fisika yang bersifat abstrak. Jurnal Jendela Pendidikan. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/116 DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.116

Rahmadhani, Y., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Inkuiri terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal …. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2046987&val=13365&title=Pengaruh%20Model%20Inkuiri%20terhadap%20Hasil%20Belajar%20Tematik%20Terpadu%20Peserta%20Didik%20Kelas%20IV%20Sekolah%20Dasar

Ramadani, N. H., Rustina, R., & Arda, A. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran IPA Kelas V SD Islam Khalifah Palu. Koordinat Jurnal MIPA, 2(1), 25–30. https://doi.org/10.24239/koordinat.v2i1.21 DOI: https://doi.org/10.24239/koordinat.v2i1.21

Sari, A. A. I., & Lutfi, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Inkuiri. Jurnal Simki Pedagogia. https://jiped.org/index.php/JSP/article/view/225 DOI: https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.225

Tandek, F., & Haris, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII. JURNAL PEMIKIRAN DAN …. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/1227

Ulimaz, A. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Mata Kuliah Mikrobiologi Dasar di Perguruan Tinggi Berbasis Vokasi. Nusantara Hasana Journal. https://www.nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/359

Uroiva, A., & Mahmudi, K. (2022). Pengaruh Media Video Animasi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cetta: Jurnal Ilmu …. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/1712 DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v5i2.1712

Wahyuni, R., Hikmawati, H., & Taufik, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 164–169. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.308 DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.308

Yunita, L., & Mandasari, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Panthera: Jurnal Ilmiah …. https://e-journal.lp3kamandanu.com/index.php/panthera/article/view/67 DOI: https://doi.org/10.36312/pjipst.v2i2.67

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

-Amelia, D. T., & Wulandari, F. E. (2024). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 1–10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.718

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.