Analisis Kebutuhan Siswa serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran pada Siswa

Authors

  • Maria Magdalena Dhera STKIP Citra Bakti
  • Edeltrudis Ti'a STKIP Citra Bakti
  • Yosefina Uge Lawe STKIP Citra Bakti
  • M. Ignasia S. Sego STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.827

Keywords:

Kebutuhan Siswa, Kesiapan Belajar, Pendekatan Berdiferensiasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan dan kebutuhan belajar siswa. Temuan dari penelitian ini akan digunakan untuk mengidentifikasi elemen spesifik dari pendekatan pembelajaran yang dibedakan untuk diintegrasikan ke dalam kurikulum. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian difokuskan pada siswa SDK Mataia sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan siswa tergolong tinggi dengan pencapaian rata-rata sebesar 81%, sedangkan kesiapan belajar berada pada tingkat baik dengan pencapaian rata-rata sebesar 80%. Menganalisis kebutuhan dan kesiapan siswa untuk belajar sangat penting bagi guru ketika memilih materi dan pendekatan pembelajaran yang sesuai. Memanfaatkan pendekatan yang berbeda merupakan cara yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan dan kesiapan belajar siswa. Penggunaan pendekatan yang berbeda dapat secara efektif memenuhi kebutuhan dan kesiapan belajar siswa, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

References

Alhafis, N. (2022). Analisi Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajarn Berdifensiasi di SMP 23 Pekan Baru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(8). DOI: https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.946

Aminuriyah, S., Markhamah, & Sutama. (2022). Pembelajaran Berdifrensiasi: Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(2), 89-100.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdifrensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Matematika SD. Cendekia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.

Apserini, S. V., & Barlianty, L. (2022). Kesiapan Belajar Siswa Kelas IV B di Sekolah Dasar Negeri Kuta Jaya II Kecamatan Pasar Kemis. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2, 164-169.

Devianti, R., & Sari, S. L. (2020). Urgensi Analisis Peserta Didik terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Al Aulia, 6(1), 21-36.

Effendi. (2017). Hubungan Readiness (Kesiapan) Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas IX SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, 5, 15-24. DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v5i1.740

Fitra, D. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Materi Tata Surya di Kelas VIII. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5, 278-290. DOI: https://doi.org/10.31258/jta.v5i2.278-290

Hadi, W., Wuriyani, E. P., Yuhadi, A., & Agustina, R. (2022). Desain Pembelajaran Berdifernsiasi Bermuatan Problem Based Learning (PBL) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa pada Daerah Kenormalan Baru Pasca Pandemi Covid-19. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 1, 56-68. DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v11i1.33852

Handayani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdifrensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik/Filosofis. Jurnal Basi Cedu, 6(4), 5817-5826. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116

Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Isrotun, U. (2022). Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu, 2(2). DOI: https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.184

Juari, E. W. D. R. A., & Nugraheni, N. (2024). Analisis Kesiapan Belajar Siswa pada Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 43-51. DOI: https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i1.16064

Jumarsin. (2019). Variabel-Variabel Relasional Kesiapan Belajar Peserta Didik di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Shautut Tarbiyah, 25(1), 84-107. DOI: https://doi.org/10.31332/str.v25i1.1361

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Afifa Utama: Padang.

Nuryidayati, U. (2022). Menempa Kompetensi dan Peran Guru Penggerak dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 8(3), 1913-1922.

Pane, R. N., Lunbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdifrensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Bullet: Jurnal Multi Disiplin Ilmu, 1(3), 173-180.

Putri, S. (2017). Analisis Kesiapan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Biologi secara Online pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nucleus, 7(1), 177-185. DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v7i1.1915

Rifqiyah, F., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Kesiapan Belajar Siswa untuk Pemenuhan Capaian Kurikulum Merdeka dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(2), 145-157. DOI: https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i2.16052

Selameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subhan. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdifrensiasi untuk Mewujudkan Merdeka Belajar melalui Loka Karya di SMPN 3 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7(1), 48-54.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhelma, S., Halidjah, S., & Ghasya, D. A. V. (2020). Korelasi dan Motivasi dan Kesiapan dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Untan Pontianak.

Sukamandidata, & Sayodiha. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suviana. (2021). Motivasi dan Kesiapan Belajar dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Journal of Education and Language Research, 1(4). DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38899

Wahyuningsari, et al. (2022). Pembelajaran Berdifrensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jendela Pendidikan, 2(4), 529-535. DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Dhera, M. M., Ti’a, E., Lawe, Y. U., & Sego, M. I. S. (2024). Analisis Kebutuhan Siswa serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.827

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.