Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran PAK Guna Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XB SMAS PGRI Swasthika Lewoleba

Authors

  • Yohana Antonia Nini Lebao Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka
  • Krisjayanti Walen Nitit Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1424

Keywords:

Metode Diskusi, Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak  penerapan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kurangnya partisipasi peserta didik dalam pembelajaran yang berdampak pada rendahnya nilai rata-rata ujian. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang masih cenderung berpusat pada guru (ceramah), sehingga peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas (classroom action reseach). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X-B dengan jumblah peserta didik 24 orang.  Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dan peneliti berperan sebagai observasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan presetasi belajar siswa kelas X-B di SMAS PGRI Swasthika Lewoleba dalam pembelajaran Pendidikan Agama Ktolik (PAK). Kesimpulan menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat meningkatkann hasil belajar peserta didik, memotivasi siswa dalam belajar, meningkatkan kreatifitas dan keaktifan peserta didik dalam belajar sehingga dapat membentuk karakter peserta didik yang dapat bertanggung jawab, percaya diri, berani, keingintahuan dan toleransi dengan sesama.

References

Bagus, K et al. (2016). “Model Pembelajaan Partisipatif Melalui Teknik Pendampingan Terhadap Tugas Diskusi Kelompok Mahasiswa Dalam Membentuk Karakter Santun Berdiskusi.” Journal of Nonformal Education 2(1): 103.

Budianto, J. M. J. (2022). “, Peranan Penggunaan Metode Mengajar Diskusi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Efektif Di Sekolah Dasar Kristen Nasional Anglo Di Jakarta.” JURNAL Teologi Rahmat 8(1): hal 1-14.

Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran. Solok Sumatra Barat: PT. Penerbit Insan Cendekia Mandiri.

Kunandar. (2021). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Provesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Lay, et al. (2023). “Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik Melalui Model Pembelajaran Quantum Teacing.” Magistra 1(1): hal 31-38. DOI: https://doi.org/10.62200/magistra.v1i1.44

Majid, A. (2013). Strategi Pembalajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mones, A. Y., Un, D. (2021). “Peran Guru Pendidikan Agama Katolik Dalam Meningkatkan Pengendalian Diri Remaja Di SMA Negeri Taekas.” Jurnal seputar penelitian pendidikan keagamaan 2(2): hal 81. DOI: https://doi.org/10.61717/sl.v2i2.51

Netti, E. (2015). “Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekan Baru.” jurnal SOROT 10(2): hal 155-168. DOI: https://doi.org/10.31258/sorot.10.2.3212

Purwaningsih. (2022). “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan Pada Peserta Didik Kelas VIII Smp Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi.” jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan 2(4). DOI: https://doi.org/10.51878/educator.v2i4.1929

Putriyanti, C. C., Fensi, F. (2017). “Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IX SMP Santa Maria Monica, Bekasi Timur.” Jurnal Psiberneti 10(2): hal 114-122. DOI: https://doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1047

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sholihah, M. (2022). “Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(3): 898. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2826

Sormin, S. M., Rahardjo, I. (2024). “Peran Guru Pendidikan Agama Katolik Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah.” Seminar Nasional Pendidikan dan Agama 5(2): hal 3700-3710. DOI: https://doi.org/10.55606/semnaspa.v5i2.2326

Suprijono, A. (2021). Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryanita, Y. (2018). “Penerapan Metode Diskusi Dan Tanya Jawab Untuk Meningkatkann Hasil Belajar.” Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial dan Humaniora 5(2): 321.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syahbana, A. (2024). “Revolusi Pendidikan: Analisis Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pendidikan.” Journal of information system and management 3(2): hal 27.

Thobroni, M., & Arif, M. (2021). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: arRuzz Media.

Uno, H. B., & Nurdin, M. (2012). Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Zarkasi. (2009). Belajar Cepat Dengan Diskusi Metode Pengajaran Efektif Di Kelas. surabaya: Indah.

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Lebao, Y., & Nitit, K. (2025). Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran PAK Guna Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XB SMAS PGRI Swasthika Lewoleba. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 2(2), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1424

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.