Pengaruh Persepsi Kepemimpinan Guru dan Minat Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar di SMK Negeri 1 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v2i2.1438Keywords:
Persepsi Kepemimpinan Guru, Minat Siswa, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris (1) Pengaruh persepsi kepemimpinan guru terhadap prestasi belajar akuntansi dasar di SMK Negeri 1 Surakarta; (2) pengaruh minat siswa terhadap prestasi belajar akuntansi dasar di SMK Negeri 1 Surakarta; (3) pengaruh persepsi kepemimpinan guru dan minat siswa terhadap prestasi belajar akuntansi dasar di SMK Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif kausalitas. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan kuesioner. Teknik uji validitas yang digunakan adalah melalui validitas isi dan validitas konstruk berbantu SPSS versi 23 dengan rumus Product Moment. Uji reliabilitas peneliti menggunakan metode konsistensi internal menggunakan aplikasi SPSS dengan teknik cronbach’s alpha. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji heterokedastisitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menyimpulkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi kepemimpinan guru terhadap prestasi belajar akuntansi dasar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (2) terdapat pengaruh signifikan minat siswa terhadap prestasi belajar akuntansi dasar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi kepemimpinan guru dan minat siswa terhadap prestasi belajar akuntansi dasar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji F sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel persepsi kepemimpinan guru dan minat siswa terhadap prestasi belajar akuntansi dasar.
References
Alfi, A. M. (2019). Analisis Kepemimpinan Guru Dalam Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Pekanbaru . Universitas Islam Sultan Syarif Kasim.
Fahri, F., & Lubis, M. J. (2022). Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru Pada Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 3364-3372. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2616
Fawaid, A. (2023). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1, 64–72. DOI: https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i1.2236
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11. DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870
Gulo, A., Mahulae, S., Anzelina, D., & Silaban, P. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas Iv Sd Tahun
Indriyani, M., & Widodo, J. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 681-697. Https://Doi.Org/10.15294/Eeaj.V8i2.31509
Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal On Education, 1(2), 451-457.
Ismiati, N., Mustakim, Z., Zuhri, S., & Mahmudah, U. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Menajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Di Sdi Islam 01 Ymi Wonopringgo. Ibtida-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(2), 60-72. DOI: https://doi.org/10.33507/ibtida.v1i2.322
Lumban Siantar, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Komunikasi Guru Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Proses Belajar Di Smk Negeri 1 Kota Jambi (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).
Pamela, I. S., Chan, F., Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23-30.
Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(2), 339-343.
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17-22. DOI: https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519
Purba, E. W. (2019). Pengaruh Keterampilan Guru Mengelola Kelas Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Materi Jurnal Khusus Di Kelas Xi Akuntansi Smk Swasta Kampus Padangsidimpuan.
Ramayanti, J. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlakdi Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro (Doctoral Dissertation, Iain Metro).
Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.
Siagan, R. (2015). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terrhadap Prestasi Belajar Matematika.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 6(1). DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Sridana, N., Kurniati, N., & Amrullah, A. (2022). Pengaruh Minat Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Griya Journal Of Mathematics Education And Application, 2(4), 885-892. DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.240
Syahza, A., & Riau, U. (2021). Buku Metodologi Penelitian, Edisi Revisi Tahun 2021. Cetakan Pe. Pekanbaru: Ur Press Pekanbaru.
Utari, R. A., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Guru Dan Fasilitas Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Melalui Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1040-1055. DOI: https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28338
Wardhani, W. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 4 Parepare. Perspektif: Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani, 3(2), 344-353
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rima Trihapsanti, Jaryanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.