Implementasi Manajemen dan Digitalisasi Perpustakaan di SMA Negeri 13 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v2i4.1678Keywords:
Perpustakaan, Manajemen, Digitalisasi, SLiMsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan manajemen dan digitalisasi perpustakaan di SMA Negeri 13 Surabaya dalam mendukung literasi serta layanan informasi bagi komunitas sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan kepala perpustakaan, serta dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan telah memiliki struktur organisasi yang jelas dan sistem operasional yang teratur, meliputi layanan teknis, layanan kepada pemustaka, dan layanan IT. Proses klasifikasi dan katalogisasi dilaksanakan secara teratur dengan menggunakan sistem Klasifikasi Desimal Dewey (DDC) dan aplikasi SLiMS yang terhubung dengan OPAC, sehingga memungkinkan akses katalog secara online. Layanan yang tersedia di perpustakaan mencakup peminjaman, pengembalian, perpanjangan, reservasi, dan penggantian koleksi. Selain itu, program literasi Pojok Baca yang tersebar di gazebo sekolah menyediakan buku fisik dan akses ke e-book melalui barcode scanning, yang membantu menguatkan budaya literasi dalam bentuk digital dan informal di kalangan siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa digitalisasi dan manajemen perpustakaan memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan akses terhadap informasi, efisiensi layanan, dan minat baca di lingkungan sekolah.
References
Agustiara, B., Purba, C. A., Sinamo, E. S., & Novianti, Z. Z. (2024). Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan layanan perpustakaan. JICN : Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara JICN : Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 4376–4380.
Azizah, I., & Widodo, B. sigit. (2018). Manajemen layanan Perpustakaan Sekolah (Studi kasus di SD Negeri Sidotopo 1 Surabaya). Jurnal Inspirasi Manajemen pendidikan, 15(1), 165–175. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
Devi, K. S., Mazidah, Z. R., Nurkamilah, S., Kurniasih, I., Ilmi, B., Saefullah, R. S., & Nurlistiani, N. (2023). Implementation of School Digital Libraries in Indonesia: A Systematic Review. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 8(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.29240/tik.v8i1.8095
Fauzi, A. (2023). Penerapan SLiMS dalam pengelolaan perpustakaan sekolah menengah atas. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 10(2).
Hasibuan, P. A., Fadhli, R., & Igiriza, M. (2023). Redefining School Libraries for the Digital Age : Developing Comprehensive Digital Collection Strategies. Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 5(1), 58–68.
Husna, Z. (2019). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Ecodunamika, 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Lestari, P. (2024). Peran Perpustakaan Digital dalam Kebutuhan Literasi Informasi di Sekolah. Journal of Educational Integration and Development, 4(2), 2024.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). Remaja Rosdakarya.
Mustaqim, F., & Maryam. (2023). Digitalisasi Sistem Perpustakaan Sebagai Upaya Pengembangan Literasi Siswa Di SMA Negeri 1 Kayen Kabupaten Pati. Indonesian Journal of Applied Informatic, 8(1). https://jurnal.uns.ac.id/ijai/article/view/76798
Prayoga, W. D., Bakri, M., & Rahmanto, Y. (2020). Aplikasi Perpustakaan Berbasis OPAC (Online Public Access Catalog) di SMK N 1 Talangpadang. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 183–191. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.552
Prihartanta, W. (2015). Perpustakaan Sekolah. Jurnal Adabiya, 1(81), 1.
Rifqi, M., Yasdomi, K., Maradona, H., Dona, D., Sabri, K., Ridwan, & Albar Saragih, A. (2021). Optimalisasi Layanan Perpustakaan Sekolah Menggunakan Senayan Library Management System SLiMS Pada SMKS Ismailiyah. Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(2), 42–47. https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v1i2.22
Rondonuwu, Y. V., Zega, I., Hardiyanti, M., & Kurniawan, D. T. (2024). Implementasi Sistem Informasi Perpustakaan SLiMS di Universitas Pignatelli Triputra. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3292–3296.
Susinta, A., & Senjaya, R. (2022). Manajemen Perpustakaan Digital Di Era Global Pada Perpustakaan Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 13(2), 56–66. https://doi.org/10.20885/unilib.vol13.iss2.art1
Wasilah, Z., Widiyanah, I., & Trihantoyo, S. (2025). Manajemen Digital Perpustakaan Sekolah untuk Mendorong Literasi Siswa. 0738(1), 114–123. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2262
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Risma Oktarina, Raditya Eko Syaputra, Sa’diyatul Munawwaroh, Jihan Abida, Alyadea Puspita Ribiana, Azlina Laila Syahriza, Silva Afiza, Rezki Nurma Fitria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.