Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas X-3 SMAN 1 Padenmawu

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/ptk.v2i4.1751

Keywords:

Problem-Based Learning, Keterampilan Kolaborasi, Pembelajaran Abad 21, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas penggunaan model Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan kolaboratif siswa kelas X-3 SMAN 1 Pademawu. Permasalahan yang diangkat berkaitan dengan rendahnya keterampilan siswa dalam bekerja sama, berkomunikasi, dan bertanggung jawab dalam kelompok. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Carr & Kemmis melalui dua siklus. Instrumen penelitian berupa angket dan observasi yang telah divalidasi. Hasil menunjukkan bahwa seluruh indikator kolaborasi—ketergantungan positif, interaksi langsung, tanggung jawab individu, komunikasi, dan kerja kelompok—mengalami peningkatan. Rata-rata keterampilan kolaborasi meningkat dari 61,98% pada pra-siklus menjadi 72,36% di siklus I, dan 85,55% di siklus II. Dengan demikian, PBL terbukti efektif dalam memperkuat keterampilan kolaborasi siswa secara bertahap dan relevan dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21.

References

Ahwan, M. T. R., & Basuki, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) SMA Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 106-119.

Alawiyah, E. K., Yudaningtias, I. K., & Widiarti, N. (2024, May). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (pp. 489-498).

Ambarwati, M. C., & Widodo, R. (2023). Peningkatan kolaborasi peserta didik melalui model pembelajaran problem-based learning. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 9-16.

Auliya, A. F., Putri, C. H., Samkhi, S., Nabila, W., & Sari, K. M. (2025). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kolaborasi Antar Peserta Didik Di Mata Pelajaran Ipas Kelas 6 SDN Serang 10. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(1), 183-188.

Aurelly, M., & Anwar, N. (2025). Penerapan Metode Eklektik Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Siswa Pada Kelas VII D di SMPIT Darul Fikri Sidoarjo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 321-335.

Fauziah, E., Widiantie, R., & Widiarsih, W. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Lkpd Liveworksheet Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Abad 21 Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan. JGuruku: Jurnal Penelitian Guru, 1(2), 483-489.

Hartina, A. W., & Permana, I. (2022). Dampak Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran tematik. Journal of Education Action Research, 6(3), 341-347.

Husna, A., Ilmi, N., & Gusmaneli, G. (2025). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(2), 76-86.

Indahsari, N. D., & Habiddin, H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(7), 5-5.

Jamil, S., & Murniati, A. (2024). Integrasi Keterampilan Abad 21 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication) Dalam Pembelajaran Fikih di MAS Tahfidz Rokan Hulu. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(6), 10677-10685.

Juuti, K., Lavonen, J., Salonen, V., Salmela-Aro, K., Schneider, B., & Krajcik, J. (2021). A teacher–researcher partnership for professional learning: Co-designing project-based learning units to increase student engagement in science classes. Journal of Science Teacher Education, 32(6), 625-641.

Mustofa, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa. JGuruku: Jurnal Penelitian Guru, 1(2), 533-541.

Nurhayati, I., Pramono, K. S. E., & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication And Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), 36-43.

Nurmayasari, K. V., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa SMA Negeri 1 Bangorejo. Jurnal Biologi, 1(2), 1-10.

Nurdin, R. A., Kadir, J., Wungubelen, A. L., Bahri, A., & Masni, M. (2025). Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Berbasis InvestigationBased Scientific Collaborative (IBSC) untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 111-121.

Pramurdazani, A. A., Wijayanti, A., & Wuryaningsih, W. (2024, August). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VI Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU (Vol. 3, No. 1, pp. 852-859).

Qurratu'ain, B. S., Tias, E. P. A. N., Wicaksono, M. G., Widiyaningsih, T., Meilyani, S., Andika, M. R., & Setyaningsih, E. (2024, February). Classroom students collaborative abilities XII SMA Negeri 5 Surakarta in learning biotechnology PJBL integrated STEM teaching year 2023/2024. In Proceeding of International Interdiciplinary Conference And Research Expo (Vol. 1, No. 1, pp. 12-22).

Rahmah, N., Fauzi, Z. A., & Fa’uni, A. M. (2024). Menggunakan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Di Kelas VB. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(1), 177-185.

Safarini, T. D. (2019, July). Developing students’ collaboration skills through project-based learning in statistics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1265, No. 1, p. 012011). IOP Publishing.

Siswanto, E., Rahayu, W., & Meiliasari, M. (2025). Optimalisasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Systematic Literature Review. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 9(1), 181-195.

Sinaga, D. (2024). Buku Ajar Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Sulastri, Y. L., & Ahmatika, D. (2020). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Model Problem Based Calculus Learning Berbantuan Geogebra. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 42.

Susanti, K. D., Sukartiningsih, T., & Irsadi, A. (2024, May). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning di Kelas VII A SMP Negeri 21 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (pp. 897-908).

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan keterampilan abad 21 4C (communication, collaboration, critical thinking and problem solving, creativity and innovation) di sekolah dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185-197.

Yunus, M. R. K. (2023). Analisis keterampilan kolaborasi peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Barru pada model pembelajaran kooperatif Number Heads Together. Jurnal Biogenerasi, 8(1), 350-357.

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Junaidi, Pu’adi, Rohaniyah, J., Isminingsih, E., & Zainal, R. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas X-3 SMAN 1 Padenmawu. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 2(4), 9. https://doi.org/10.47134/ptk.v2i4.1751

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 

You may also start an advanced similarity search for this article.