Tantangan dalam Implementasi Pendidikan Inklusi di SDN Kramat Jati 24: Tinjauan dari Perspektif Kepala Sekolah dan Guru
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i2.1375Keywords:
Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusi, Identifikasi Pembelajaran, Kebijakan SekolahAbstract
Pendidikan inklusif di sekolah dasar sangat penting untuk memastikan setiap anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, memperoleh kesempatan yang setara dalam proses pembelajaran. Selain itu, pendidikan inklusif juga merupakan langkah krusial untuk menjamin hak setiap anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, untuk belajar. Artikel ini membahas secara mendalam tentang bagaimana anak berkebutuhan khusus diidentifikasi di kelas I hingga VI di SDN Kramat Jati 24, serta bagaimana guru dan kepala sekolah menerapkan kebijakan inklusi dalam pembelajaran sehari-hari. Fokus utama artikel ini adalah proses identifikasi yang dilakukan oleh guru, penerapan metode pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan khusus siswa, serta kebijakan yang diterapkan oleh manajemen sekolah untuk mendukung keberhasilan pendidikan inklusif. Artikel ini juga memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sangat penting dalam menyediakan dukungan kebijakan yang memadai, serta perlunya peningkatan keterampilan guru dalam mengenali dan memenuhi kebutuhan anak berkebutuhan khusus secara efektif.
References
Andika Samudra, R. P. (n.d.). MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI PADA SISWA SD MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN YANG INKLUSIF . Jurnal Pendidikan dan Sains .
Deni Sutisna, D. I. (2020). PENERAPAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SDN 1 SANGKAWANA LOMBOK TENGAH. Progress Pendidikan .
Diva Salma Hanifah, A. B. (Desember 2021 ). TANTANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DALAM MENJALANI PENDIDIKAN INKLUSI DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM). DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37833
Erni Murniarti, N. Z. (April 2016). PENDIDIKAN INKLUSIF DI TINGKAT SEKOLAH DASAR: KONSEP, IMPLEMENTASI, DAN STRATEGI . Jurnal Dinamika Pendidikan. DOI: https://doi.org/10.33541/jdp.v9i1.134
Jauhari, A. (n.d.). PENDIDIKAN INKLUSI SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI MENGATASI PERMASALAHAN SOSIAL ANAK PENYANDANG DISABILITAS .
Kristi Wardani, S. I. (n.d.). Studi Kasus: Peran Orang Tua dalam Pendidikan Inklusi di Sekolah . Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kepandidikan.
Mirnawati, M. (Juli 2020). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. DEEPUBLISH .
Puti Artistia, O. S. (Maret 2024). Karakteristik dan Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Secara Mental Emosional dan Akademik . DHARMA ACARIYA NUSANTARA : Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya. DOI: https://doi.org/10.47861/jdan.v2i1.731
Rafael Lisinus Ginting, M. M. ( DESEMBER 2023 ). PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. EUREKA MEDIA AKSARA,.
Ramadhan, R. N. (n.d.). Tantangan Pendidikan Inklusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus.
Ramadhan, R. N. (n.d.). Tantangan Pendidikan Inklusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus .
SUHARSIWI. (Oktober 2017). PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. CV Prima Print.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Defia Damayanti, Indah Rachmadanis, Zulfadewina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.