Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Melalui Media Kartu Kata Bergambar Di SDK Wolowio

Authors

  • Viorentina Meo Soro STKIP Citra Bakti
  • Ermelinda Yosefa Awe STKIP Citra Bakti Ngada

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i2.1431

Keywords:

Media, Kartu Kata Bergambar, Membaca Permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca awal siswa di SDK Wolowio melalui penggunaan kartu bergambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Tagar yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan , observasi, dan refleksi. Subjek penelitian  ini adalah siswa SDK Wolowio yang  berjumlah 10 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan membaca siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa adalah 54,5% dengan ketuntasan 30%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 76,5% dengan ketuntasan 80%. Peningkatan rata-rata sebesar 42% menunjukkan efektivitas penggunaan kartu bergambar dalam membantu siswa membaca

References

Awe,Dkk. (2021). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT CV Pena Persada Redaksi. 2021. DOI: https://doi.org/10.29122/jai.v12i2.4359

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

A.M. Sadirman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Anggraeni. 2019. Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.30 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.30

Aisyah Fadilah dkk., (2023) “Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran,” Journal of Student Research (JSR) 1, no. 2. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938

Dewi, T. M., Mirnawati, & Dinerti. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Dan Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Membaca Siswa pada Kelas II Di SDS 016 Muhammadiyah Karimun Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(2), 19–29.

Dalman, 2020. Keterampilan membaca. Jakarta: PT Gravindo Persada.

Dwi Mulyono. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative integrated Reading And Composition) Berbantuan Media Flash card Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan siswa kelas 1 SD. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar DOI: https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i3.1087

Ernawati, P., & Raharjo, T. J. (2021). Effect of Word Card Games and Picture Cards on the Introduction of The Concept of Beginning Reading and Writing in Early Childhood. 10(1), 11–17.

Fadilah, A., & Kanya, N. A. (2023). Pengertian Media , Tujuan , Fungsi , Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. 1(2).

Gresik, U. M. (2023). Nusantara Hasana Journal. 3(2), 169–177.

Hadiana, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). 3 1,2,3. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IV(2), 212–242.

Ikhsani, P. A., Sahari, S., Wahyudi, & Sunarsi. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas 1 di SDN 2 Gunungkidul Nganjuk. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran , 5(1), 2095–2112.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Perss.

Kristanto, A., & Ratri, A. K. (2022). Analisis Membaca Permulaan Kelas 1 Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar di SD Negeri 2 Podorejo. Sultra Educational Journal, 2(2), 127–134. https://doi.org/10.54297/seduj.v2i2.284 DOI: https://doi.org/10.54297/seduj.v2i2.284

Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). PENGARUH METODE SUKU KATA DENGAN MEDIA KARTU KATA. 24(3), 270–276. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417

Media, P., Kata, K., Terhadap, B., Membaca, K., & Dasar, K. I. S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1576–1581.

Mulyono, D., & Madiun, U. P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC ( Cooperative Integrated Reading and Composition ) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD. 3(1), 130–137. DOI: https://doi.org/10.21154/thifl.v3i1.1898

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653

Nengrum, T. A., Petta, N., Nur, M., Nengrum, T. A., Petta, N., & Nur, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo Achieving Basic Competencies of The Arabic Language Curriculum In Madrasah Ibtidaiyah 2 Gorontalo . 30(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1190

Rika, F., Rahayu, W., & Wardhani, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak dengan Menggunakan Media Kartu Suku Kata Bergambar. 4(2), 688–698. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.375 DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.375

Sari, E. R., Kurniaman, O., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Riau, U. (2019). PRIMARY : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Volume 8 Nomor 2 Oktober 2019 PRIMARY : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Volume 8 Nomor 2 Oktober 2019. 8(October), 125–138.

Suhrianati. 2016). Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Membaca Permulaan MelaluiMedia Pembelajaran Kartu Bergambar Siswa Kelas Satu. Jurnal Sagacious, 3. http://eprints.ums.ac.id/20090/18

Tanjung, R. (2021). Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri Pasir kaliki II Karawang. Jurnal Tahsinia, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.299 DOI: https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.299

Tampubolon, J. (2020). Attractive : Innovative Education Journal. 2(2). DOI: https://doi.org/10.51278/aj.v2i2.55

Wilujeng, Dkk. (2023) . “Pengembangan Media Pembelajaran P3 (Papan Putar Pintar) Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Di Indonesia Untuk Pembelajaran IPS Kelas IV SDN Unggulan Karanggeneng”.Jurnal: Nusantara Hanasa Journal,3(2),169-177. https://doi.org/10.59 by003/nhj.v3i2.924 DOI: https://doi.org/10.59003/nhj.v3i2.924

Yemima Heginta Br Tarigan, Nana Hendra Cipta, & Siti Rokmanah. (2023). Pentingnya Keterampilan Berbahasa Indonesia Pada Kegiatan Pemebelajaran Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 829–842. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2032 DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2032

Downloads

Published

2025-02-05

How to Cite

Viorentina Meo Soro, & Ermelinda Yosefa Awe. (2025). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Melalui Media Kartu Kata Bergambar Di SDK Wolowio. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i2.1431

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.