Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV SDI Malafai
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1497Keywords:
Pojok Baca, Minat BacaAbstract
Program Pojok Membaca SDI Malafai bertujuan untuk meningkatkan minat membaca di kalangan siswa kelas empat. Objek penelitian ini berkaitan dengan program pojok baca dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan pengamatan dan data yang dikumpulkan, ketertarikan membaca pada siswa kelas IV SDI Malafai tergolong rendah. Untuk mengatasi hal ini, mahasiswa dari program kampus mengajar merancang program kerja pojok baca sebagai usaha untuk meningkatkan minat baca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pojok baca efektif dalam meningkatkan minat baca siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan program pojok baca dapat meningkatkan minat baca siswa kelas IV SDI Malafai.
References
Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iv A Sd Negeri 01 Metro Pusat. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Coboru, 9(2), 75–83. https://doi.org/10.17509.v9i2.7024. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024
Ane, P. 2015. Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015.
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1),5460. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.572. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Farahiba, A. S. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Peserta Didik pada Materi Teks Anekdot. 10(2). https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.4554. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.4554
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526
Iqlima., Ratu, S., Windy, A., Hidayad, N. A., Millah, A., Solihat, S. Z. N. 2021. Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Serta Minat Baca Peserta Didik Melalui Pojok Baca. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(6), 4198-4206.
Juliansyah, F., & Rukmana, D. (2022). The Effect Of The Reading Corner Program On Increasing Reading Interest. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 798–809. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2633. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2633
Khofifah, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Literacy Conditions of Reading , Writing and Calculating for Elementary School Students. Journal of Education Research and Evaluation, 5(3), 342–349. https://doi.org/10.23887/jere.v5i3.37429.
Kurniawan, A. R., Destrinelli, Hayati, S., Rahmad, Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triadi, Y. (2019). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48–57. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562
Kurniawan, Wahyu., Sutopo, Anam., Minsih. 2021. Implementasi Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1), 37-42. DOI: https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i1.31
Lestary, N. A. I., & Hamdu, G. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3),687- 696.
Mantu, K. S. (2021). Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 07(03), 877–884. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021 DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021
Meo, A., Wau, M. P., Lawe, Y. U., (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SDI Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan 1(2), 277-282. DOI: https://doi.org/10.38048/jcp.v1i2.247
Nay, Y. A., Wau, M. P., Sayangan, Y. V., & Noge, D. (2024). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas IV SDK Wolomeli. 13(1), 273-280. https//doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.461
Noveliana, J., & Ghani, A. R. A. (2022). Literasi Membaca dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(3), 469–475. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.50750. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.50750
Ramandanu, F. 2019. Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 24 (1), hal 15. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405
Saputri, R. N., Pradana, F. G., Apriliyanto, E., & Wahyudi. (2022). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa SDN Jati 2 Masaran. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2(2), 103–111. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.40. DOI: https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.40
Sinaga, I. F., Sinaga, C. V. R., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Pojok Baca terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 091254 Batu Onom Icca. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 6417–6427. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7725.
Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154–163. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195
Umairoh, S. H., & Amaliyah, N. (2022). Educational Comic-Based Digital Media to Increase Reading Interest of Elemetary School Students. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.50378
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Viviana Meo Longa , Christina Ngadha, Fransiska Angelina Dhoka, Maria Alexandra Itu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.