Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV SDI Malafai

Authors

  • Viviana Meo Longa STKIP Citra Bakti Ngada
  • Christina Ngadha STKIP Citra Bakti Ngada
  • Fransiska Angelina Dhoka STKIP Citra Bakti Ngada
  • Maria Alexandra Itu STKIP Citra Bakti Ngada

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1497

Keywords:

Pojok Baca, Minat Baca

Abstract

Program Pojok Membaca SDI Malafai bertujuan untuk meningkatkan minat membaca di kalangan siswa kelas empat. Objek penelitian ini berkaitan dengan program pojok baca dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan pengamatan dan data yang dikumpulkan, ketertarikan membaca pada siswa kelas IV SDI Malafai tergolong rendah. Untuk mengatasi hal ini, mahasiswa dari program kampus mengajar merancang program kerja pojok baca sebagai usaha untuk meningkatkan minat baca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pojok baca efektif dalam meningkatkan minat baca siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan program pojok baca dapat meningkatkan minat baca siswa kelas IV SDI Malafai.

References

Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Iv A Sd Negeri 01 Metro Pusat. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Coboru, 9(2), 75–83. https://doi.org/10.17509.v9i2.7024. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024

Ane, P. 2015. Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015.

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1),5460. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.572. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Farahiba, A. S. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Peserta Didik pada Materi Teks Anekdot. 10(2). https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.4554. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.4554

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526

Iqlima., Ratu, S., Windy, A., Hidayad, N. A., Millah, A., Solihat, S. Z. N. 2021. Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Serta Minat Baca Peserta Didik Melalui Pojok Baca. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(6), 4198-4206.

Juliansyah, F., & Rukmana, D. (2022). The Effect Of The Reading Corner Program On Increasing Reading Interest. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 798–809. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2633. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2633

Khofifah, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Literacy Conditions of Reading , Writing and Calculating for Elementary School Students. Journal of Education Research and Evaluation, 5(3), 342–349. https://doi.org/10.23887/jere.v5i3.37429.

Kurniawan, A. R., Destrinelli, Hayati, S., Rahmad, Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triadi, Y. (2019). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48–57. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562

Kurniawan, Wahyu., Sutopo, Anam., Minsih. 2021. Implementasi Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1), 37-42. DOI: https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i1.31

Lestary, N. A. I., & Hamdu, G. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3),687- 696.

Mantu, K. S. (2021). Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 07(03), 877–884. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021 DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021

Meo, A., Wau, M. P., Lawe, Y. U., (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SDI Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan 1(2), 277-282. DOI: https://doi.org/10.38048/jcp.v1i2.247

Nay, Y. A., Wau, M. P., Sayangan, Y. V., & Noge, D. (2024). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas IV SDK Wolomeli. 13(1), 273-280. https//doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.461

Noveliana, J., & Ghani, A. R. A. (2022). Literasi Membaca dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(3), 469–475. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.50750. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.50750

Ramandanu, F. 2019. Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 24 (1), hal 15. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405

Saputri, R. N., Pradana, F. G., Apriliyanto, E., & Wahyudi. (2022). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa SDN Jati 2 Masaran. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2(2), 103–111. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.40. DOI: https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.40

Sinaga, I. F., Sinaga, C. V. R., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Pojok Baca terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 091254 Batu Onom Icca. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 6417–6427. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7725.

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154–163. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195

Umairoh, S. H., & Amaliyah, N. (2022). Educational Comic-Based Digital Media to Increase Reading Interest of Elemetary School Students. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.50378

Downloads

Published

2025-03-24

How to Cite

Longa, V., Ngadha, C., Dhoka, F., & Itu, M. (2025). Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV SDI Malafai. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1497

Issue

Section

Articles