Penggunaan Website Mathisfun pada Mata Pelajaran Matematika dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Kelas II di UPT SD Negeri Latsari Tuban
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1542Keywords:
Mathisfun, Motivasi, Belajar, Evaluasi, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan website Mathisfun dalam membangun motivasi belajar siswa kelas II di UPT SD Negeri Latsari Tuban. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus terhadap siswa kelas II D UPT SD Negeri Latsari Tuban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan website Mathisfun secara signifikan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II di UPT SD Negeri Latsari Tuban. Pada siklus I, rata-rata nilai evaluasi siswa hanya mencapai 61,15 dengan persentase ketuntasan 23%, sedangkan setelah dilakukan tindakan pada siklus II dengan integrasi media Mathisfun, rata-rata nilai meningkat menjadi 81,92 dan persentase ketuntasan mencapai 85%. Peningkatan ini membuktikan bahwa penggunaan website Mathisfun efektif dalam membangun motivasi belajar siswa sehingga penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.
References
Arafah, A. A., Sukriadi, S., & Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946
Cahyaningtyas, D. F. (2025). Tren penggunaan kecerdasan buatan dalam pembelajaran mahasiswa sarjana dan diploma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Daluang: Journal of Library and Information Science, 4(2), 126–135. https://doi.org/10.21580/daluang.v4i2.2024.24010
Candra, E., Setiawan, D., & Ermawati, D. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 139–146. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1088
Chen, C.-H., & Tsai, C.-C. (2021). In-service teachers’ conceptions of mobile technology-integrated instruction: Tendency towards student-centered learning. Computers & Education, 170, 104224. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104224
Faizah, P. N. (2024). Pengembangan Media Counting Board materi perkalian untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa Tunagrahita di SDLB Sumber Dharma Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Hae, Y., Tantu, Y. R. P., & Widiastuti, W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Visual Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1177–1184. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.522
Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121
Heri, H. Y. M., Aini, A. L., & Rospiani, N. N. (2022). Kegiatan Mencocok dalam Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Sejahtera I Kecamatan Sindangkasih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6129
Meiliyanthi, I. (2022). Pentingnya Penerapan Pembelajaran Berbasis Web Pada Wawasan Pendidikan Kejuruan. Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 150–157. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1207
Nurfadhillah, S., Barokah, S. F., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., & Yanti, A. A. (2021). Pengembangan Media Audio Visual pada Pembelajaran Matematika di Kelas 1 MI Al Hikmah 1 Sepatan. Pensa: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pensa.v3i1.1274
Nurhemah, N., & Rahma, A. (2024). Pengaruh Era Digital Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Generasi Pancasila, 4.
Putri, F. R., Marmuah, S., & Supianto. (2024). Web-Based Magasing Media to Improve Students’ Mathematical Problem-Solving Skills at the Elementary School Level. International Journal of Elementary Education, 8(2), 229–238. https://doi.org/10.23887/ijee.v8i2.75077
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407
Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287
Rismawati, M., & Khairiati, E. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.860
Ryan Gabriel Siringoringo, & Muhamad Yanuar Alfaridzi. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 66–76. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854
Sadikin, I. S., Nurchaerani, M., & Lutfiyah, L. (2022). Pelatihan Integrasi Teknologi Bermakna Dalamproses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Community Services and Social Work Bulletin, 2(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/cswb.v2i2.7322
Saripi, W., Pomalingo, S., & Ismail, R. P. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Tentang Simbol Pancasila Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Di Kelas Ii Sdn 8 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Sinergi : Jurnal Riset Ilmiah, 2(3), 1570–1582. https://doi.org/10.62335/sinergi.v2i3.1057
Septiyaningsih, D. N., Alkhayya, N., Mardiana, N., & Setiyoko, D. T. (2025). Peran Teknologi dalam Penggunaan Media Belajar Bagi Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 7(2), 10309–10318. https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.8041
Setiyani, Y. (2022). Implementasi Media Audio Visual Pada Pembelajaran Matematika Di Mi Ma’arif Nu 1 Pesawahan Desa Pesawahan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri.
Supriyanti, O., & Sitepu, M. S. (2024). Penggunaan Media Tangga Pintar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas II SD Negeri Paluh Kurau. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(5). https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i5.2842
Syamsurijal, S. (2024). Titik Temu Pendidikan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berdaya Saing. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 545–553. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3398
Syerlita, R., & Siagian, I. (2024). Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Terhadap Pendidikan Di Era Globalisasi Saat Ini. Journal on Education, 7(1), 3507–3515. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6945
Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492
Zamsir, Z., Prajono, R., & Sari, S. M. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Kesadaran Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 4 Wangi-Wangi. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(03), 134–148. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i03.22
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Mufti Putra Perdana SW, Puji Rahayu, Novita Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.