Penggunaan Website Mathisfun pada Mata Pelajaran Matematika dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Kelas II di UPT SD Negeri Latsari Tuban

Authors

  • Muhammad Mufti Putra Perdana SW Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Puji Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Novita Dewi UPT SD Negeri Latsari Tuban

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1542

Keywords:

Mathisfun, Motivasi, Belajar, Evaluasi, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan website Mathisfun dalam membangun motivasi belajar siswa kelas II di UPT SD Negeri Latsari Tuban​. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus terhadap siswa kelas II D UPT SD Negeri Latsari Tuban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan website Mathisfun secara signifikan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II di UPT SD Negeri Latsari Tuban. Pada siklus I, rata-rata nilai evaluasi siswa hanya mencapai 61,15 dengan persentase ketuntasan 23%, sedangkan setelah dilakukan tindakan pada siklus II dengan integrasi media Mathisfun, rata-rata nilai meningkat menjadi 81,92 dan persentase ketuntasan mencapai 85%. Peningkatan ini membuktikan bahwa penggunaan website Mathisfun efektif dalam membangun motivasi belajar siswa sehingga penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.

References

Arafah, A. A., Sukriadi, S., & Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946

Cahyaningtyas, D. F. (2025). Tren penggunaan kecerdasan buatan dalam pembelajaran mahasiswa sarjana dan diploma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Daluang: Journal of Library and Information Science, 4(2), 126–135. https://doi.org/10.21580/daluang.v4i2.2024.24010

Candra, E., Setiawan, D., & Ermawati, D. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 139–146. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1088

Chen, C.-H., & Tsai, C.-C. (2021). In-service teachers’ conceptions of mobile technology-integrated instruction: Tendency towards student-centered learning. Computers & Education, 170, 104224. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104224

Faizah, P. N. (2024). Pengembangan Media Counting Board materi perkalian untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa Tunagrahita di SDLB Sumber Dharma Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Hae, Y., Tantu, Y. R. P., & Widiastuti, W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Visual Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1177–1184. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.522

Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121

Heri, H. Y. M., Aini, A. L., & Rospiani, N. N. (2022). Kegiatan Mencocok dalam Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Sejahtera I Kecamatan Sindangkasih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6129

Meiliyanthi, I. (2022). Pentingnya Penerapan Pembelajaran Berbasis Web Pada Wawasan Pendidikan Kejuruan. Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 150–157. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1207

Nurfadhillah, S., Barokah, S. F., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., & Yanti, A. A. (2021). Pengembangan Media Audio Visual pada Pembelajaran Matematika di Kelas 1 MI Al Hikmah 1 Sepatan. Pensa: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pensa.v3i1.1274

Nurhemah, N., & Rahma, A. (2024). Pengaruh Era Digital Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Generasi Pancasila, 4.

Putri, F. R., Marmuah, S., & Supianto. (2024). Web-Based Magasing Media to Improve Students’ Mathematical Problem-Solving Skills at the Elementary School Level. International Journal of Elementary Education, 8(2), 229–238. https://doi.org/10.23887/ijee.v8i2.75077

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407

Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287

Rismawati, M., & Khairiati, E. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.860

Ryan Gabriel Siringoringo, & Muhamad Yanuar Alfaridzi. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 66–76. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854

Sadikin, I. S., Nurchaerani, M., & Lutfiyah, L. (2022). Pelatihan Integrasi Teknologi Bermakna Dalamproses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Community Services and Social Work Bulletin, 2(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/cswb.v2i2.7322

Saripi, W., Pomalingo, S., & Ismail, R. P. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Tentang Simbol Pancasila Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Di Kelas Ii Sdn 8 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Sinergi : Jurnal Riset Ilmiah, 2(3), 1570–1582. https://doi.org/10.62335/sinergi.v2i3.1057

Septiyaningsih, D. N., Alkhayya, N., Mardiana, N., & Setiyoko, D. T. (2025). Peran Teknologi dalam Penggunaan Media Belajar Bagi Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 7(2), 10309–10318. https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.8041

Setiyani, Y. (2022). Implementasi Media Audio Visual Pada Pembelajaran Matematika Di Mi Ma’arif Nu 1 Pesawahan Desa Pesawahan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri.

Supriyanti, O., & Sitepu, M. S. (2024). Penggunaan Media Tangga Pintar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas II SD Negeri Paluh Kurau. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(5). https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i5.2842

Syamsurijal, S. (2024). Titik Temu Pendidikan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berdaya Saing. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 545–553. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3398

Syerlita, R., & Siagian, I. (2024). Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Terhadap Pendidikan Di Era Globalisasi Saat Ini. Journal on Education, 7(1), 3507–3515. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6945

Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492

Zamsir, Z., Prajono, R., & Sari, S. M. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Kesadaran Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 4 Wangi-Wangi. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(03), 134–148. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i03.22

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

SW, M., Rahayu, P., & Dewi, N. (2025). Penggunaan Website Mathisfun pada Mata Pelajaran Matematika dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Kelas II di UPT SD Negeri Latsari Tuban. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1542

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.