Penggunaan Game Educaplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Tradisi Masyarakat Indonesia

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1586

Keywords:

Educaply, Hasil Belajar, Tradisi Masyarakat Indonesia

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi oleh suatu isu, yakni rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Joho pada materi tradisi Masyarakat Indonesia, dimana hanya 40,54% siswa yang menggapai KKM pada siklus I, dengan rata-rata nilai kelas yang rendah yaitu 43,78. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran game Educaplay. Studi ini menerapkan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilangsungkan melalui dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada studi ini ialah siswa kelas III SDN 2 Joho. Data dihimpun melalui penerapan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Temuan studi ini menjabarkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sesudah penggunaan media Educaplay, dimana persentase siswa yang memperoleh KKM meningkat secara signifikan ke 86,48% pada siklus II, dengan peningkatan rata-rata nilai kelas menjadi 84,59.

References

Angga, A. S. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.

Arum, N. S., & Dimyati, F. A. 2023. "Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipas Kelas 5 Berbatuan Kuis Educaplay Di SDN Nglambangan 01." Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12).

Astika, S., dkk. 2023. "Pengaruh Implementasi E-learning Berbasis Quizizz terhadap Hasil Belajar PPKn." Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1) 154-160.

Batitusta, F. O. (2024). Pengaruh Implementasi Media Permainan Edukasi. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 2685-2690.

Depari, R. S., dkk. 2024. "Paradigma Pendidik Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Raudhatul Athfal Swasta Harapan Bandar Pulo." Educational Jurnal: General and Specific Research 4(1) 23 - 28.

Fernanda N., et al. 2024. "Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Media Educaplaydi Kelas IVB SDN Dukuh Kupang III Surabaya." Journal of Science and Education Research 58 - 63.

Ge’e, R. S., dan Zaini Dahlan. 2025. "Pengaruh Media Interaktif Educaplay terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar." Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2) 339 - 349.

Hamidah, & Marsiah. 2020. "Pembelajaran Maharah al-Istima' dengan memanfaatkan media YouTube: Problematika dan solusi. Al-Ta'rib." Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 8(2) 147–160.

Ibrahim, M., dkk. 2024. "Evaluasi Keterlibatan Siswa dalam Lingkungan Pembelajaran Daring: Tinjauan Sistematis Literatur." Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram,28(2) 112-125.

Lestari, S., Anggara, R., & Putri, D. 2023. "Dampak Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa." Jurnal Ilmiah Pendidikan 16(1) 67-75.

Mardiana, M., & Emmiyati, E. 2024. "Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran: Evaluasi Dan Pembaruan." Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian,10(2), 121-127.

Moeljaningsih, W., dkk. 2024. "Penerapan Game Based Learning Educaplay untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar." Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 511 - 519.

Nisa, H. (2024). "Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Media Educaplaypada Mata Pelajaran IPS." Indonesian Journal of Teaching and Learning 100 - 107.

Noorhapizah, N. A. (2020). Learning Material Development Containing Critical Thinking and Creative Thinking Skills Based on Local Wisdom. 43-57.

Rahayu, R. I. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu 6(2), 2099 - 2104.

Sungkono, S., dkk. 2024. "Pembelajaran Yang Efektif, Efisien, Dan Menyenangkan Dengan Media Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Koordinator Pendidikan Bulu Sukoharjo." Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat,9(2) 195-199.

Susanti, R., dkk. 2024. "Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Media Educaplaydi Kelas IVB SDN Dukuh Kupang III Surabaya." Journal of Science and Education Research 58 - 63.

Syarmadana., dkk. 2024. "Penerapan Media Educaplay Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS." JURNAL Pendidikan Dasar dan Keguruan Volume 9, No. 2 51 - 56.

Tafonao, T. n.d. "Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa." Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2) 103-114.

Yasmiyanah, K. d. (2024). Meningkatkan Keterampilan Sosial Menggunakan Model Inspireddan Media Educaplaysdn Melayu 5. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 233 - 247.

Downloads

Published

2025-05-07

How to Cite

Wardani, S., Permana, E., & Anam, M. (2025). Penggunaan Game Educaplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Tradisi Masyarakat Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 6. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1586

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.