Penerapan Model Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Makna Sila Pancasila Siswa Kelas 3 SD Negeri Balowerti

Authors

  • Uswatun Hasanah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sulistiono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Riris Setya Rini Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1589

Keywords:

Pendidikan Pancasila, Teams Games Tournament, Hasil Belajar

Abstract

Studi ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian akademik peserta didik kelas III SD Negeri 3 Balowerti Kediri pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan materi makna sila pancasila dengan mengimplementasikan pendekatan Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media kertas tempel. Dalam penelitian diterapkan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dijalankan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi langkah-langkah sistematis mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 70,00 pada siklus pertama dengan tingkat ketuntasan 46,15% menjadi 83,08 pada siklus kedua dengan tingkat ketuntasan 76,92%. Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media kertas tempel berhasil memicu semangat dan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan belajar. Selain itu dapat membangun lingkungan belajar yang nyaman dan mendorong komunikasi antar peserta didik. Sehingga model Teams Games Tournament terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan  peserta didik dalam proses pembelajaran.

References

Abdillah, L. A., Fauziah, A., Napitupulu, D. S., Sulistiyo, H., Fitriyanti, Sakti, B. P., Khusnia, A. N., Noveni, N. A., Tarjo, Suwarno, Chamidah, D., Puri, V. G. S., Salman, I., & Nurkanti, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Penerapannya. Penerbit Adab.

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111

Agustianti, R., Abyadati, S., Nussifera, L., Irvani, A. I., Handayani, D. Y., Hamdani, D., & Amarulloh, R. R. (2022). Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran. TOHAR MEDIA.

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34133

Arif, S., & Oktafiana, S. (2023). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Mitra Ilmu. http://repository.iainmadura.ac.id/1238/

Darmayanti, N. W. S., Selamet, K., Qondias, D., Witraguna, K. Y., & Persi, N. N. (2024). Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan dan Implementasinya bagi Guru dan Mahasiswa. Nilacakra.

Firdaus, F. M., & Razak, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas Di Sd/Mi Dilengkapi Tutorial Olah Data Dan Sitasi Berbantuan Software (Statcal, SPSS, Anates, Microsoft Excel, Publish or Perish, Mendeley). Samudra Biru.

Hermawan, S., & Amirullah. (2021). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Junaedi, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.209

Kamaruddin, I., Sujarot, S., Septiani, V., Handayani, E. S., Muhammadong, M., & Kesek, M. N. (2023). Peran Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16460–16465. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8979

Listiana, H. (2025). Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori Dan Inovasi Dalam Pendidikan. Kbm Indonesia.

Mulyana, A., Vidiati, C., Danarahmanto, P. A., Agussalim, A., Apriani, W., Fiansi, F., Fitra, F., Aryawati, N. P. A., Ridha, N. A. N., Milasari, L. A., Siagian, A. F., & Martono, S. M. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Widina.

Nudqi, P. A., Murtafiah, W., & Mahardika, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Sosiodrama Pada Mata Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN Ngrambe 2. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), Article 1.

Payadnya, P. A. A., Hermawan, M. S., Wedasuwari, I. A. M., Rulianto, & Jayantika, I. G. A. N. T. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish.

Rahman, R., Munandar, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 11.

Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.632

Robani, H. Z., Kristiasari, M. B. V. A., & Kirana, V. C. (2022). Keterkaitan Nilai Spiritual Dengan Mata Pelajaran PPKn Pada Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 7(1), Article 1.

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113

Suharyati, T., & Arga, H. S. P. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.13037

Susilawati, E., Pratiwi, G. R., & Abdullah, I. (2021). Peran Pendidikan Dalam Kemajuan Peradaban Bangsa. Online Prosiding Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 1(1), Article 1.

Ulfia, T., & Irwandani, I. (2021). Model Pembelajaran Kooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT): Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 140–149.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19–19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Yuliwinarti, E. M., Muhimmah, H. A., & Istiqfaroh, N. (2024). Analisis Perbandingan Kurikulum Pendidikan Korea Selatan Dan Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15810

Downloads

Published

2025-05-12

How to Cite

Hasanah, U., Sulistiono, & Riris Setya Rini. (2025). Penerapan Model Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Makna Sila Pancasila Siswa Kelas 3 SD Negeri Balowerti . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1589

Issue

Section

Articles