Konsentrasi Belajar Anak SD di Tengah Maraknya Teknologi: Tantangan dan Solusi
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1595Keywords:
Konsentrasi, Sekolah Dasar, Teknologi, Tantangan dan SolusiAbstract
Perkembangan teknologi yang cepat telah berdampak besar pada banyak aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Di satu sisi, teknologi menawarkan berbagai kemudahan dan sumber belajar yang inovatif. Namun di sisi lain, maraknya penggunaan gadget dan media digital juga menjadi tantangan serius bagi konsentrasi belajar anak sekolah dasar (SD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan komponen yang berkontribusi pada penurunan konsentrasi belajar siswa sekolah dasar akibat paparan teknologi dan untuk menemukan solusi untuk masalah ini. Hasil penelitian, yang dilakukan melalui studi pustaka dan observasi lapangan di beberapa sekolah dasar, menunjukkan bahwa faktor-faktor utama yang menyebabkan siswa kehilangan fokus adalah penggunaan teknologi yang berlebihan, kurangnya pengawasan orang tua, dan waktu belajar yang tidak teratur. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa penggunaan teknologi secara berlebihan, kurangnya pengawasan orang tua, serta minimnya pengaturan waktu belajar menjadi penyebab utama turunnya fokus siswa. Solusi yang ditawarkan meliputi penguatan peran guru dan orang tua dalam pengawasan digital, pembiasaan manajemen waktu sejak dini, serta integrasi teknologi secara bijak dalam kegiatan belajar-mengajar. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pihak sekolah dan keluarga dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif di era digital.
References
Adolph, R. (2016). 済無No Title No Title No Title.
Ananda, E. R., & Marno. (2022). Analisis Dampak Teknologi Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying Ditinjau Dari Nilai Karakter Self-Confident Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5).
Anggraeni, N., & Manik, Y. M. (2023). Pembelajaran Anak di Era Digital. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 173–177. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2399
Anisatu Itsar, P., Afifah, N. R., Meirina, &, & Purrani, R. (2023). Analisis Konsentrasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika. Original Research, 58, 261–266.
Hakim, A. R., Yazid, M., & Kudsiah, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Dan Akhlak Peserta Didik. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 149–162. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3841
Haq, A. K., Rizkiah, S. N., & Andara, Y. (2023). Tantangan dan Dampak Transformasi Pendidikan Berbasis Digital Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 168–177. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.865
Hawa, R. F., Apriandi, D., & Hikmawati, F. (2023). Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Materi “Pemanfaatan Sumber Daya Alam” Melalui Media Papan Surya (Papan Sumber Daya Alam) Pada Siswa Kelas IV SDN Grudo 4 Tahun Ajaran 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 6232–6243.
Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153–1160. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3223
Interaktif, M., Pendidikan, T., & Medan, A. (2025). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS. 2, 1–8.
Kamaruddin, I., Leuwol, F. S., Putra, R. P., Aina, M., Suwarma, D. M., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Penggunaan Gadget pada Kesehatan Mental dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Journal on Education, 6(1), 307–316.
Karna, S. D., Adrias, A., Zulkarnaini, A. P., Guru, P., Dasar, S., & Padang, U. N. (2025). Efektivitas dan Tantangan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. 3, 319–325.
Mauryn, F. A. (2024). Dampak teknologi digital terhadap konsentrasi belajar dan perkembangan kognitif anak SD dalam perspektif psikologi perkembangan. Cendekia Pendidikan, 4(8), 48–58.
Mazdalifah, M., & Moulita, M. (2021). Model Pengawasan Orang Tua Terhadap Penggunaan Media Digital Anak. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 105–116. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1316
Nabilah, A., M.P, D. L., Lazuwardiyyah, F., Syaifuddin, S., & Abdi, W. M. (2021). Students’ perception toward the use of TikTok video in learning writing descriptive text at MAN 1 Gresik. Journal of Research on English and Language Learning (J-REaLL), 2(1), 164. https://doi.org/10.33474/j-reall.v2i1.9017
Novela, D., Ari Suriani, & Sahrun Nisa. (2024). Implementasi Pembelajaran Inovatif melalui Media Digital di Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(2), 100–105. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i2.283
Pendidikan, J., Islam, A., & Belajar, T. K. (2024). Analisis literatur: dampak penggunaan teknologi digital terhadap konsentrasi belajar. 3(1).
Putra, A. A., & Pohan, M. (2022). Implementasi Manajemen Waktu pada Siswa Sekolah Dasar. 02(01), 17–23.
Riinawati. (2021). Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 1, 27.
Setiadi, F. M., Maryati, S., & Mubharokkh, A. S. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis dan Keagamaan Anak Usia Dini (TK dan SD) dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 1–11.
Tinambunan, T. R. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Siabu Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Jurnal Penelitian Kebidanan & Kespro, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.36656/jpk2r.v2i2.209
Wijanarko, T., Fitria, Y., Ladiva, H. B., Rifa, M., & Melati, R. (n.d.). Innovative Training on HOTS Learning and Digital-Based Literacy and Numeracy Question Development. 6(1), 1877–1888.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Firhandira Wahono, Cut Sahara Ramadhani, Whiba Aynun Perianti, Tiok Wijanarko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.