Meningkatkan Kreativitas Menulis Siswa Dengan Menggunakan Media Flashcard Di Kelas 3 SD Negeri No. 173/II Marigeh
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.809Keywords:
Kreativitas Menulis, Flash Card, Pemelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan mengetahui penerapan penggunaan media flash card dalam meningkatkan kreativitas menulis pada peserta didik kelas 3 SD Negeri No. 173/II Marigeh. Yang mana peserta didik diharapkan tidak hanya akan tertarik dan termotivasi dalam menulis dengan menerapkan penggunaan media flashcard dalam proses pembelajaran, tetapi peserta didik bahkan akan menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdapat beberapa siklus, setiap siklusnya ada 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dan terdiri 2 kali pertemuan.Hasil penelitian dapatdijelaskan sebagai berikut: Pada prasiklus rerata kelas kemampuan peserta didik dalam kreativitas menulis 63,75 dan ketuntasan mencapai 17,14% meningkat menjadi 64,94 dan ketuntasan mencapai 28,57% pada siklus I pertemuan 1, dari siklus I pertemuan 1 ke siklus I pertemuan 2, meningkat dari nilai rerata kelas 64,94 dan ketuntasan mencapai 28,57% menjadi nilai rerata kelasnya sebesar 71,85 dan peningkatan ketuntasan mencapai 45,71% pada siklus I pertemuan 2.Pada siklus II pertemuan 1 mendapatkan rerata kelas 72,77 dan dengan nilai ketuntasan sebesar 68,57, begitupula dari siklus II pertemuan 1 ke siklus II pertemuan 2, meningkat nilai rerata kelasnya dari 72,77 dan ketuntasan mencapai 68,57% pada siklus II pertemuan 1 menjadi sebesar 76,14 dan ketuntasan mencapai 85,71% pada siklus II pertemuan 2, yang mana ada peningkatan nilai rerata kelas sebesar 3,37 dan peningkatan ketuntasan sebesar 17,14% dari siklus II peremuan 1.
References
Akhadiah, dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan MenulisBahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga. Aini, Nurul. 2009. “Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Kembali Cerita Anak Melalui
Teknik Story Telling dengan Media Flash Card pada Siswa Kelas VII SMP Islam Sudirman Sumowo Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2008/2009”. Skripsi. Unnes.
Arseto, Janu. 2009. “Pengaruh Penggunaan Flash Card Terhadap Penguasaan Kosakata Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V di SD Negeri Muarareja dan 02 Tahun Pelajaran 2008/2009”. Skripsi: Universitas Pancasakti Tegal.
Arsyad, Azhar. 2005. Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grifindo Persada.
Dhewi, Riva Suskala Novita. 2009. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Media Flash Card pada Siswa Kelas V Negeri Salangamer Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati”. Skripsi. Unnes.
Djamarah, Syaiful Ali dan Aswan Zain.2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Drs. Asep Henry Hernawan, dkk, Media Pembelajaran Sekolah DasarGie, The Liang. 2006. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Ibrahim dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Irawan, Aguk. 2008. Cara Asyik Menjadi Penulis Beken. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
Alfiananda, D., & Indahyati, R. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Menggunakan Media Flash Card. … Research Journal Indonesia …. https://journal.nahnuinisiatif.com/index.php/ARJI/article/view/79 DOI: https://doi.org/10.61227/arji.v4i2.79
Alifvia, D. A., Budiman, M. A., & Huda, C. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Leraning) Berbantu Media Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VI SD Kusuma Bhakti. … Onoma: Pendidikan, Bahasa …. https://www.e-journal.my.id/onoma/article/view/3164
Ambarwati, R. D., Istianah, F., & Shiyam, N. (2023). Penggunaan Media Kartu Gambar (Flash Card) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SD Negeri Panggreh 1 Jabon …. Innovative: Journal Of Social …. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2582
Harahap, F. D. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa SMP Kelas VIII. … Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi. http://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/620
Hardianti, S., Arif, T. A., & Haslinda, H. (2023). Perbandingan Strategi Direct Writing Activity dengan Strategi Think Talk Write Menggunakan Media Flashcard terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa …. … Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan …. https://e-journal.my.id/onoma/article/view/2317
Hoerudin, C. W. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN). http://jurnal.azkahafidzmaulana.my.id/index.php/ilpen/article/view/37 DOI: https://doi.org/10.53889/jpak.v1i1.206
Novitasari, N., Rosyida, E. A., Maslakah, S., & ... (2023). Pelatihan Pembuatan Flash Card untuk Mengembangkan Kreatifitas Guru PAUD dalam Mengajar. … Anak Usia Dini. https://www.murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/142 DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.142
Nurjannah, A. I., Hidayati, Y. M., & ... (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Flash Card Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Educatif Journal of …. http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/221 DOI: https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.221
Puspitasari, N., Izzati, U. A., & Darminto, E. (2022). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Bahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3789 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3789
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Helmiah, Megawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.