Memperkuat Keterampilan Membaca Awal Melalui Permainan Bahasa Kartasis
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.714Keywords:
Media Kartu Kata, Kemampuan Keterampilan Membaca PermulaanAbstract
: Ainur Chasanah, Fatma Binti. 2023. “ Pengaruh Permainan Bahasa Kartasi Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Pada Anak Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar”. Skripsi, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dosen Pembimbing Kemil Wachidah, M.PdPenelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh media kartu kata untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 9 Ngaban. penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode Pre-Experimental design dengan design penelitian one group pretest-posttest, Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrument perangkat pembelajaran berubba silabus, RPP, bahan ajar, lembar kerja siswa, dan tes yakni (pretest dan posttest). Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SD muhammadiyah 9 Ngaban dengan menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yakni (Pretest dan Posttest) terhadap kemampuan keterampilan membaca permulaan. Peneliti menentukan teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis yang berupa uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 2 SD muhammadiyah 9 Ngaban.
References
Amalia, F. N. (2019). Peningkatan keterampilan membaca cepat dengan teknik skimming. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/view/479 DOI: https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i01.479
Buku Guru, Tematik Kelas II Sekolah Dasar Kurikulum 2013.
Buku Penelitian Kuantitatif. (2019).
Buku Siswa, Tematik Kelas II Sekolah Dasar Kurikulum 2013.
Fauziah, N. (2022). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu. https://www.neliti.com/publications/452616/analisis-hubungan-keterampilan-membaca-permulaan-dengan-keterampilan-menulis-per DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2346
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan bahan ajar membaca permulaan dengan menggunakan cerita fabel pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339
Hakim, P. R. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Kata Bergambar. oldjournal.iainsurakarta.ac.id. https://oldjournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/abna/article/view/3443
Hamdy, M. Z. (2020). Pembelajaran Keterampilan Membaca (Maharah Qiraah) Menggunakan Koran Elektrronik (Al-Jaridhah Al-Elektroniyah). Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata …. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/syaikhuna/article/view/3842 DOI: https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v11i1.3842
Hidayati, S. (2017). Pengaruh model induktif kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah.
Irdawati. (2014). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media gambar kelas 1 di MIN Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4).
Khairunnisak. (2015). Efektifitas media kartu dalam pembelajaran membaca permulaan. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 15(2), 136–155. DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.577
Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan …. https://core.ac.uk/download/pdf/276545390.pdf DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234
Komarudin, & Widyana, R. (2016). Efektivitas metode analisis Glass untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak berkesulitan membaca kelas III Sekolah Dasar. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 18(2), 178–190. DOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v18i2.381
Loliyana, L., Anggraini, D. T., & ... (2022). Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas I SD. … Jurnal Pendidikan Dan …. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/9602 DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v9i1.9602
Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan …. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/download/361/276 DOI: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361
Pangestu, D. D., Purwadi, & Agustini, F. (2019). Pengembangan media Parajo (puzzle gambar rumah adat Joglo) berbasis model Number Head Together pada pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 117-121. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17389
Ramdani, S. (2018). Pengaruh penggunanan media kartu kata terhadap hasil belajar keterampilan membaca Bahasa Indonesia siswa kelas I di SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makasar. (Skripsi). Universitas [tidak disebutkan].
Sudiarni, N. K., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan penilaian portofolio terhadap keterampilan membaca pemahaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/18087 DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18087
Sulastri, H. M., Saleh, Y. T., & Sunanih. (2020). Pengaruh media kartu kuartet terhadap kemampuan membaca siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 486-492. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.26874
Susanti, E. (2022). Keterampilan membaca. repository.uinjkt.ac.id.
Tanau, M. (Tahun tidak disebutkan). Upaya meningkatkan kemampuan membaca melalui media permainan kartu bergambar pada siswa kelas 1 SD GMIT Taemaman Kupang.
Ukhfida, U. (Tahun tidak disebutkan). Pengaruh media audio visual cerita rakyat untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas III SDN Sawocangkring.
Utami, N. A., & Wangid, M. N. (2019). Investigasi membaca permulaan pada siswa kelas II SD di Kecamatan Sekarbela. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 157–165.
Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran). https://www.academia.edu/download/112782024/pdf.pdf DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7837
Yuliasti, I. (2015). Pengaruh media kata terhadap membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Inpres 117 Enrekang Kabupaten Enrekang. (Skripsi). Unismuh.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fatma Binti Ainur Chasanah, Kemil Wachidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.