Literature Review: Efektivitas Metode Pembelajaran Tanya Jawab dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Kurikulum Merdeka

Authors

  • Elmanda Rafiel Syaharani Universitas Islam Negeri Raden Mas Said
  • Seilla Nur Cahyaningrum Universitas Islam Negeri Raden Mas Said
  • Nanda Novi Eka Putri Universitas Islam Negeri Raden Mas Said

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.296

Keywords:

Aktivitas Belajar, Tanya Jawab, Strategi Guru

Abstract

Seperti kita ketahui, pendidikan adalah tentang pembelajaran. Pembelajaran ini dapat dipahami sebagai komunikasi tatap muka atau langsung antara guru dan siswa  serta pemanfaatan sumber belajar dalam lingkungan pembelajaran. Salah satu strategi yang sering digunakan dalam pendidikan dasar (SD) adalah metode tanya jawab. Strategi ini menekankan  dialog interaktif antara guru dan siswa, yang memungkinkan siswa  berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan memberdayakan mereka untuk menafsirkan, memahami, dan menginternalisasi informasi. Tetapi strategi guru, langkah-langkah dalam menggunakan metode tersebut serta fasilitator yang kurang memahami sering mejadi permasalahan dan pertanyaan dalam pengimplementasian metode tanya jawab ini, sehingga penulis mengangkat topik tersebut.  Metode literature review kita pilih untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran tanya jawab dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kurikulum merdeka.

References

Ani, V. I. Y. R. P. T. Y. (2023). Penerapan Metode Tanya Jawab dalam Mengakomodasi Keaktifan Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.4224 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.4224

Bahri, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Djajasudarma. (2010). Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Reflika Aditama.

Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.

Ependi, S. (2018). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD Negeri 012 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6269

Hamzah, S. H. (2012). Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif, Psikomotorik. Dinamika Ilmu, 12(1), 1–22. https://doi.org/10.21093/di.v12i1.56

Mansyur. (2017). Keterampilan dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi Guru. El Ghiroh, XII. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v12i1.31

Murtadlo, Z. A. dan A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran: Kreatif dan Inovatif. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. https://pustaka.unm.ac.id/opac/detail-opac?id=41129

Muyasaroh, S. (2019). Pengelolaan Kelas dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.58 DOI: https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.58

Nurhasanah, Jamilah, A. N., & Zahra, N. (2021). Peranan Guru Kelas Sebagai Pembimbing Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Suloh, 6(1), 35–42. https://jurnal.usk.ac.id/suloh/article/view/23042

Partanto, P. A. (2001). Kamus Ilmiah Populer. Arloka.

Prijanto, J. H., & de Kock, F. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318/1894

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. https://scholar.google.com/scholar?q=related:C61qd-qvh5wJ:scholar.google.com/&scioq=eko+risdianto+2019&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1702456424337&u=%23p%3DC61qd-qvh5wJ

Rustyarso, L. I. P. O. (2012). Interaksi sosial antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 1–10. https://www.neliti.com/id/publications/212469/interaksi-sosial-antara-guru-dan-siswa-dalam-proses-pembelajaran-di-sekolah-dasa

Sanjaya. (2007). Metode Pembelajaran. Kencana.

Sitohang, J. (2017). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3. http://dx.doi.org/10.24014/suaraguru.v3i4.4851

Soetopo, H. (2005). Pendidikan dan Pembelajaran. UMM Press. https://digilib.umk.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3836

Syahra Savira Mokodompit, Icam Sutisna, & Waode Eti Hardiyanti. (2020). Aktivitas Pembelajaran Guru di dalam Kelas. JAMBURA Early Childhood Education Journal, Volume 2 N, 123–137. https://doi.org/10.37411/jecej.v2i1.121 DOI: https://doi.org/10.37411/jecej.v2i1.121

Tambak, S. (2014). Pendidikan Agama Islam 6 Metode Komunikatif dalam Pembelajaran PAI. Graha Ilmu. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2033

Tantri, K. D. P. I. I. M. A. A. A. S. (2021). Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring. JPBSI: Urnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/39865

Trismayanti, S. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Al-Islah: Jurnal Pendidikan Islam, 17. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1045 DOI: https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1045

Yusuf. (2002). Penggunaan Metode yang Efektif dalam Pembelajaran. Depdiknas. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/24598

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Syaharani, E. R., Cahyaningrum, S. N., & Putri, N. N. E. (2024). Literature Review: Efektivitas Metode Pembelajaran Tanya Jawab dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.296

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.