Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.318

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan kegiatan berbasis projek diimplementasikan dalam Kurikulum Mandiri. Teknik kualitatif menggunakan metodologi meta-analisis digunakan dalam penyelidikan. Salah satu cara untuk melakukan penelitian adalah dengan meta-analisis, yang mencakup pengumpulan dan evaluasi data dari penelitian sebelumnya. Hasil analisis dari beberapa jurnal menunjukkan, implementasi P5 sudah terlaksana sedemikian rupa. Tujuan dari kegiatan P5 ini, yaitu mencapai kompetensi Profil Pelajar Pancasila. Dalam hal ini masih ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan P5. Faktor pendukungnya, yaitu: keaktifan siswa, dukungan dari sekolah serta para pendidik, mengembangkan keterampilan siswa, dan meningkatnya kesadaran lingkungan. Sementara itu, permasalahan yang menghambat kemajuan antara lain pendanaan yang tidak mencukupi, infrastruktur yang tidak memadai, dan kurangnya apresiasi terhadap pentingnya Pancasila. Namun jika kita ingin upaya ini terus berhasil membentuk karakter siswa, kita perlu lebih memperhatikan unsur-unsur penghambatnya dan mencari cara untuk mengatasinya.

References

Andarweni Astuti, & Ambrosius Heri Krismawanto. (2023). Pelaksanaan Kegiatan P5 Kurikulum Merdeka Di SD Marsudirini Gedangan Semarang. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 2(1), 126–145. https://doi.org/10.55606/lumen.v2i1.151 DOI: https://doi.org/10.55606/lumen.v2i1.151

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789 DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789

Benawa, A. (2023). The Significance Influence of Pancasila Education and Religion Education on the Formation of Pancasila Student Profile by Hybrid Learning. E3S Web of Conferences, 426. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202342601068 DOI: https://doi.org/10.1051/e3sconf/202342601068

Fauziah, F. N. (2023). Implementation of Local Wisdom-Based Indonesian Learning to Strengthen Pancasila Student Profiles (P5): Case Studies in Vocational High Schools. Journal of Curriculum and Teaching, 12(6), 283–297. https://doi.org/10.5430/jct.v12n6p283 DOI: https://doi.org/10.5430/jct.v12n6p283

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Projek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309 DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Hartutik, H., Astuti, A., Priyanto, A. S., & Jelahu, T. T. (2023). Rancangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bagi Sekolah Dasar Marsudirini Gedangan Semarang. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 420-429. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i4.3329 DOI: https://doi.org/10.37478/abdika.v3i4.3329

Kemdikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Salinan Permendikbud 22 Tahun 2020, 3, 1–174. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SALINAN PERMENDIKBUD 22 TAHUN 2020.pdf

Kemendikbudristek. (2022). Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. https://jdih.kemdikbud.go.id

Khosiyatika, K., & Kusumawati, E. R. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. In ICIE: International Conference on Islamic Education, 3, 75–82. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE/article/view/572

Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85-90. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ DOI: https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098

Nevrita, N. (2023). Analysis of Maritime Content in the Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students (P-5) as an Educational Media in Getting to Know the Culture of Coastal Communities at SMP Negeri 19 Bintan (Activist School Batch 2). BIO Web of Conferences, 79. https://doi.org/10.1051/bioconf/20237905003 DOI: https://doi.org/10.1051/bioconf/20237905003

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rizal, Y., Deovany, M., & Andini, A. S. (2022). Kepercayaan Diri Siswa Pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), 46–57. https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3699 DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3699

Santoso, G. (2020). The structure development model of pancasila education (Pe) and civic education (ce) at 21 century 4.0 era in indonesian. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 59, 1046–1054 DOI: https://doi.org/10.29138/ijebd.v4i2.1221

Santoso, G., & Murod, M. (2021). The Meaningfulness of Civic Education in Integrated Education Curriculum from Year 1961 -2013 in Indonesia 21st Century. World Journal of Enterpreneurship Project and Digital Management, 2(2), 112–118. http://world.journal.or.id/index.php/bpdm/article/view/82 DOI: https://doi.org/10.29138/je.v21i2.148

Sari, A. P., Zumrotun, E., & Sofiana, N. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2), 65-75. https://doi.org/10.33506/jq.v12i2.2898 DOI: https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098

Satria, R., Adiprima, P., Wulan Sekar Kandi, & Pancasila, P. P. (2022). Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek Republik Indonesia

Subiyantoro, S. (2023). Character Education Values of Pancasila Student Profiles in the Puppet Figure Wayang Arjuna: A Javanese Cultural Perspective. ISVS E-Journal, 10(6), 106–118.

Supramono, A. (2023). Constriction of Pancasila Student Profile Assessment for 21st Century Students in Elementary School. Proceedings of International Conference on Research in Education and Science, 9(1), 224–239.

Sutrisno, S. (2023). Ethnoeconomic Learning Approach to Strengthen the Profile of Pancasila Students in a Globally Diverse Environment. BIO Web of Conferences, 79. https://doi.org/10.1051/bioconf/20237906005 DOI: https://doi.org/10.1051/bioconf/20237906005

Vioreza, N. (2023). The effect of utilizing Betawi local food in the implementation of Pancasila student profile strengthening project on increasing ecoliteracy of elementary school students. Kasetsart Journal of Social Sciences, 44(4), 1115–1126. https://doi.org/10.34044/j.kjss.2023.44.4.16 DOI: https://doi.org/10.34044/j.kjss.2023.44.4.16

Widana, I. W. (2023). The special education teachers’ ability to develop an integrated learning evaluation of Pancasila student profiles based on local wisdom for special needs students in Indonesia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 44(2), 527–536. https://doi.org/10.34044/j.kjss.2023.44.2.23 DOI: https://doi.org/10.34044/j.kjss.2023.44.2.23

Yuzianah, D., Budi Darmono, P., Supriyono, S., & Kurniawan, H. (2023). Penerapan P5 Pada Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Sd. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 10–17. https://doi.org/10.52266/taroa.v2i2.1069 DOI: https://doi.org/10.52266/taroa.v2i2.1069

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Pramesti, A., Evangelyne, G., & Krulbin, A. N. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.318

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.