Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Kegiatan Market Day di Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.400

Keywords:

Berpikir Kreatif, Hari Pasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kemampuan berpikir kreatif melalui kegiatan hari pasar. Pendekatan ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas kelas VI di SDN Kalisampurno 1 Tanggulangin. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles melalui tiga alur kegiatan secara bersamaan, yaitu reduksi data, kodensasi data, dan menarik kesimpulan atau verfikasi. Pengujian hasil data penelitian yang dikumpulkan dilakukan dengan teknik uji triangulasi, baik teknik maupun sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan hari pasar di sekolah dasar dapat menubuhkan kemampuan berfikir kreatif dengan empat indikator, yaitu berfikir lancar, berfikir luwes, berfikir orisinal dan berfikir rinci.

References

Ananda, R. (2019). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1

Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1075-1090. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ipa Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 02 (06), 1–9.

Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66-76. DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044

Fitria, I., & Erni Munastiwi, N. S. G. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Kewirausahaan Melalui Market Day. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 22-29. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.12480

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Jannah, F., Fadly, W., & Aristiawan, A. (2021). Analisis karakter rasa ingin tahu siswa pada tema struktur dan fungsi tumbuhan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 1-16. DOI: https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.63

Khoeriyah, S. N. (2020). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter siswa kelas v di SDIT Al Mujahidul Amin Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Mahmudi, M. I., & Badrus, B. (2022). Penanaman Jiwa Entrepreneuiship Melalui Pembelajaraan IPS Tingkat Dasar. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 4(2), 228-240 DOI: https://doi.org/10.33367/jiee.v4i2.2970

Marni, M., & Pasaribu, L. H. (2021). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1902-1910

Miles, M. B. & A. M. Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis: An Method Sourcebook. SAGE Publications, 2014.

Rochimah, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SD Sumberagung Peterongan Jombang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rochmah, S. N., Hanipah, I., & Sofiana, N. (2022). Kegiatan Market Day Untuk Mengenalkan Literasi Keuangan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sebelas April, 6(2), 71-77.

Setiawan, E. (2021). Implementasi Nilai Agama Moral Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Market Day. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1). DOI: https://doi.org/10.21580/joecce.v1i2.8728

Sugiono, S., Noerdjanah, N., & Wahyu, A. (2020). Uji validitas dan reliabilitas alat ukur SG posture evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55-61. DOI: https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi teorema pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99

Zulkarnain, Z., & Akbar, E. (2018). Implementasi Market Day Dalam Mengembangkan Entrepreneurship Anak Usia Dini Di Tkit an-Najah Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 391-400. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.20

Downloads

Published

2024-05-14

How to Cite

Oktaviani, N. T., & Supriyadi, S. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Kegiatan Market Day di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.400

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)