Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Kegiatan Market Day di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.400Keywords:
Berpikir Kreatif, Hari PasarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kemampuan berpikir kreatif melalui kegiatan hari pasar. Pendekatan ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas kelas VI di SDN Kalisampurno 1 Tanggulangin. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles melalui tiga alur kegiatan secara bersamaan, yaitu reduksi data, kodensasi data, dan menarik kesimpulan atau verfikasi. Pengujian hasil data penelitian yang dikumpulkan dilakukan dengan teknik uji triangulasi, baik teknik maupun sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan hari pasar di sekolah dasar dapat menubuhkan kemampuan berfikir kreatif dengan empat indikator, yaitu berfikir lancar, berfikir luwes, berfikir orisinal dan berfikir rinci.
References
Ananda, R. (2019). Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1
Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1075-1090. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ipa Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 02 (06), 1–9.
Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66-76. DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044
Fitria, I., & Erni Munastiwi, N. S. G. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Kewirausahaan Melalui Market Day. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 22-29. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.12480
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Jannah, F., Fadly, W., & Aristiawan, A. (2021). Analisis karakter rasa ingin tahu siswa pada tema struktur dan fungsi tumbuhan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 1-16. DOI: https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.63
Khoeriyah, S. N. (2020). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter siswa kelas v di SDIT Al Mujahidul Amin Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).
Mahmudi, M. I., & Badrus, B. (2022). Penanaman Jiwa Entrepreneuiship Melalui Pembelajaraan IPS Tingkat Dasar. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 4(2), 228-240 DOI: https://doi.org/10.33367/jiee.v4i2.2970
Marni, M., & Pasaribu, L. H. (2021). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1902-1910
Miles, M. B. & A. M. Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis: An Method Sourcebook. SAGE Publications, 2014.
Rochimah, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SD Sumberagung Peterongan Jombang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Rochmah, S. N., Hanipah, I., & Sofiana, N. (2022). Kegiatan Market Day Untuk Mengenalkan Literasi Keuangan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sebelas April, 6(2), 71-77.
Setiawan, E. (2021). Implementasi Nilai Agama Moral Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Market Day. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1). DOI: https://doi.org/10.21580/joecce.v1i2.8728
Sugiono, S., Noerdjanah, N., & Wahyu, A. (2020). Uji validitas dan reliabilitas alat ukur SG posture evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55-61. DOI: https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167
Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi teorema pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99
Zulkarnain, Z., & Akbar, E. (2018). Implementasi Market Day Dalam Mengembangkan Entrepreneurship Anak Usia Dini Di Tkit an-Najah Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 391-400. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.20
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurriska Tieto Oktaviani, Supriyadi Supriyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.