Pentingnya Pembelajaran PKN di SD Untuk Menumbuhkan Kesadaran Berdemokrasi Sejak Dini

Authors

  • Indah Setiawati Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Lailatul Mahfuroh Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Nadia Fadillah Azha Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.472

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaraan, Demokrasi, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di sekolah dasar dalam upaya menumbuhkan kesadaran berdemokrasi sejak dini. Kesadaran berdemokrasi merupakan fondasi penting dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi kepada siswa, mengingat demokrasi adalah salah satu nilai yang dianut oleh negara Indonesia. Oleh karena itu, pembelajaran PKn harus mampu mewadahi dan mengembangkan peserta didik agar memiliki kesadaran berdemokrasi sejak dini. Hal ini dapat dicapai dengan mengadopsi berbagai metode pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tinjauan literatur, mencari dan menyeleksi berbagai artikel terkait pembelajaran PKn di sekolah dasar dan kesadaran berdemokrasi sejak dini, yang kemudian disusun dalam tabel dan dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn berperan signifikan dalam menumbuhkan kesadaran demokrasi pada peserta didik sejak usia dini.

References

Astuti, P. (2019). Penanaman nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 38-47.

Ayu, M. I. M., Idris, A. D., Susilowati, M., & Moonik. (2023). Implementasi sikap demokratis dalam pembelajaran PKn pada siswa SD. Journal of Educational Computing Research, 61(1), 3–28. https://doi.org/10.1177/07356331221115121

Fathurrohman, I., & Wuryandani, W. (2020). Peran guru PKn dalam menumbuhkan sikap demokratis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 124-133.

Gunawan, W. (2019). Hubungan intensitas main game online dengan motivasi belajar pada peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 13-21. https://doi.org/10.12928/jpp.v18i1.12345

Hafidz, A., & Azis, A. (2018). Strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar untuk menanamkan nilai-nilai demokrasi. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 182-190.

Jayadi, A. S., Ardilansari, I., & Isnaini. (2023). Dampak pendidikan pancasila terhadap pemahaman siswa tentang demokrasi dan hak asasi manusia. CV Budi Utama.

Kaharudin, M. A., & Suidat. (2021). Pemahaman sistem dan dinamik demokrasi pancasila dengan sikap demokrasi dan tanggung jawab belajar. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(1), 13-19. https://doi.org/10.22437/jpp.v7i1.9759 DOI: https://doi.org/10.37640/jcv.v1i1.917

Kholida, I., & Farida, I. (2021). Implementasi pembelajaran PKn berbasis demokrasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 65-74. DOI: https://doi.org/10.56721/shr.v1i1.123

Novita, L., & Suryanto, A. (2019). Penanaman nilai-nilai demokrasi melalui pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 102-111.

Permatasari, D. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap sikap demokratis siswa.

Pratiwi, R. D., & Mardikantoro, H. B. (2020). Peran guru PKn dalam mengembangkan sikap demokratis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 34-43.

Rahmawati, I., & Suhardi, D. (2021). Strategi pembelajaran PKn untuk menumbuhkan karakter demokratis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 140-149.

Rofik, A. D. (2020). Penanaman karakter demokratis pada siswa melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKN) di kelas 2 SDN 3 Agel Kecamatan Jangkar tahun ajaran 2020/2021. DOI: https://doi.org/10.36841/consilium.v1i1.910

Santoso, D., & Wijayanti, P. (2019). Integrasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 48-57.

Soetrisnadisendjaja, D. (2019). Hubungan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) sebagai pendidikan demokrasi terhadap partisipasi siswa di sekolah.

Susanti, A. (2023). Pembinaan sikap demokratis siswa kelas VI melalui pembelajaran PPKN di SDN 17 Rejang. DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.21687

Vichaully, D. A. D. Y. (2022). Penerapan nilai demokrasi di kelas sekolah dasar sebagai bentuk bagian dari pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Asian Journal of University Education (AJUE), 15(2), 69-82. https://doi.org/10.24191/ajue.v15i2.7743

Wibowo, A. P., & Gunawan, I. (2020). Penanaman karakter demokratis melalui pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 134-143.

Widiyantio, A. I. D. (2023). Pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana pendidikan demokrasi. International Journal of Educational Research Review, 3(4), 28-35. https://doi.org/10.24331/ijere.506135

Yasmini, I. A. E. D. W. Y. Y. (2023). Pengaruh model pembelajaran kooperatif berbantuan teknih KWL terhadap prestasi belajar di tinjau dari sikap demokrasi siswa SD kelas V pada gugus 2 Kecamatan Karang Asem. [https://doi.org/10.17762/turcomat.v13i10.565](https://doi.org/10.17762/turcomat.v13i10.565

Yuliana, N., & Suryadi, A. (2022). Pengembangan model pembelajaran PKn untuk menanamkan nilai-nilai demokrasi pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 28-38.

Downloads

Published

2024-05-27

How to Cite

Setiawati, I., Mahfuroh, L., & Azha, N. F. (2024). Pentingnya Pembelajaran PKN di SD Untuk Menumbuhkan Kesadaran Berdemokrasi Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.472

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.