Implementasi Pendidikan Bela Negara pada Jenjang Sekolah Dasar di Era Disrupsi Teknologi

Authors

  • Agesti Hakiki Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Ajeng Anisa Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Putri Adelia Nur Salsabilla Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.508

Keywords:

Pendidikan, Bela Negara, Disrupsi, Sekolah Dasar

Abstract

Menghadapi era disrupsi teknologi, di mana inovasi digital telah mengubah paradigma pendidikan, penting untuk menyelidiki bagaimana implementasi pendidikan bela negara di jenjang sekolah dasar beradaptasi dengan perubahan tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mendalami pemahaman tentang bagaimana pendidikan bela negara dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang muncul dalam era disrupsi teknologi. Melalui pendekatan penelitian kualitatif dengan studi pustaka, artikel ini menyajikan analisis yang komprehensif tentang peran teknologi dalam mengubah lanskap bela negara, konsep bela negara dalam konteks teknologi, serta strategi implementasi pendidikan bela negara pada jenjang pendidikan sekolah dasar yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Namun, era disrupsi juga membawa peluang besar untukmeningkatkan efektivitas pendidikan bela negara melalui pemanfaatan teknologi sebagai alat untuk menyebarkan nilai-nilai bela negara secara lebih luas dan merata. pendidikan bela negara, peran teknologi menjadi krusial dalam mengintegrasikan nilai-nilai bela negara ke dalam kurikulum dan memfasilitasi pengalaman pembelajaran yang interaktif, partisipatif, dan bermakna bagi peserta didik.

References

Ahyati, A. I., et al. (2020). Implementasi bela negara di era teknologi di lingkungan pendidikan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 117-129. DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.29030

Budimansyah, D. (2020). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PKn di era digital untuk menumbuhkan semangat bela negara. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 101-112. https://doi.org/10.24832/jpkn.v7i2.1387

Careaga, M. (2020). Profound technologies: Towards exploring the technological disruption and the challenges for a more humanized and inclusive education. Information and Communication Technologies for Humanitarian Services, 27–56. DOI: https://doi.org/10.1049/PBTE089E_ch3

Chen, X. (2023). Application of voice recognition system oriented to wireless sensor network in National Defense Education. International Journal of System Assurance Engineering and Management. https://doi.org/10.1007/s13198-023-02067-z DOI: https://doi.org/10.1007/s13198-023-02067-z

Dahliyana, A. (2024). Project citizen digital: Civic education strengthen the national defense character? Kasetsart Journal of Social Sciences, 45(1), 159–166. https://doi.org/10.34044/j.kjss.2024.45.1.17 DOI: https://doi.org/10.34044/j.kjss.2024.45.1.17

Endow, T. (2023). Use of Technology in Addressing Disruptions in Education. Economic and Political Weekly, 58(43), 15–19.

Fitri, A. (2021). Peran pendidikan dasar dalam mengembangkan kecerdasan nasional dan kecintaan terhadap tanah air. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hak Asasi Manusia, 8(1), 22-35. https://doi.org/10.35823/jpkh.v8i1.148

Grace, S. C. (2021). Emotional Awareness In Time Of Disruption: The Impact Of Tolerance For Ambiguity, Worry, Perceived Stress, Helpful Communication, And Past Experience On Student Satisfaction. Marketing Education Review, 31(3), 226–240. https://doi.org/10.1080/10528008.2021.1944812 DOI: https://doi.org/10.1080/10528008.2021.1944812

Hernández, L. J. S. (2020). COVID-19 school disruptions as drivers of curriculum change in the forensic science organic chemistry laboratory. Educacion Quimica, 31(5), 3–14. https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2020.5.76857 DOI: https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2020.5.76857

Ivanec, T. P. (2022). The Lack of Academic Social Interactions and Students’ Learning Difficulties during COVID-19 Faculty Lockdowns in Croatia: The Mediating Role of the Perceived Sense of Life Disruption Caused by the Pandemic and the Adjustment to Online Studying. Social Sciences, 11(2). https://doi.org/10.3390/socsci11020042 DOI: https://doi.org/10.3390/socsci11020042

Lestari, P., & Ginanjar, M. H. (2020). Strategi penguatan pendidikan bela negara dalam menghadapi disrupsi teknologi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 120-128. https://doi.org/10.24815/jpkn.v8i2.16986

Nurdin, E. S., & Suryanto, E. (2020). Pendidikan bela negara di era disrupsi teknologi: Tantangan dan solusi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 1-12. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/pnpk/article/view/2345

Patnaik, S. (2020). My journey in technology enhanced education within engineering to achieve sustainability amidst disruptions. Procedia Computer Science, 172, 965–972. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.140 DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.140

Prasetyo, A. B., & Widodo, A. (2021). Implementasi pendidikan bela negara dalam menghadapi ancaman disrupsi teknologi: Studi kasus di SMA Negeri X. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(3), 1-12. https://doi.org/10.24815/jpkn.v9i3.21098

Putra, A. L. (2019). Using digital media in civics education learning subject to develop santri’s digital literacy at the age of technology disruption. International Journal of Engineering and Advanced Technology, 8(5), 818–823. https://doi.org/10.35940/ijeat.E1115.0585C19 DOI: https://doi.org/10.35940/ijeat.E1115.0585C19

Rezali, N. (2023). Unprecedented disruption of higher education: Technology readiness and productivity of working academics during COVID-19 outbreak. AIP Conference Proceedings, 2544. https://doi.org/10.1063/5.0120461 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0120461

Samsuri. (2019). Kurikulum terpadu pendidikan bela negara di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 53-64. https://doi.org/10.24832/jpkn.v6i1.1269

Sari, B. P., & Sumarno, S. (2020). Implementasi program pendidikan bela negara dalam menghadapi ancaman disrupsi teknologi. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 10(2), 1-18. https://doi.org/10.33172/jpbn.v10i2.732 DOI: https://doi.org/10.33172/jpbh.v10i2.865

Soale, J. (2023). Harnessing the Disruption of New Technologies to Maintain Effective Assessment Strategies in Information Technology Education. SIGITE 2023 - Proceedings of the 24th Annual Conference on Information Technology Education, 176–177. https://doi.org/10.1145/3585059.3611413 DOI: https://doi.org/10.1145/3585059.3611413

Suryanto, E., & Widyastuti, R. (2022). Peran pendidikan bela negara dalam menghadapi tantangan disrupsi teknologi di era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.23887/jippk.v7i1.34567

Suryanto, T., & Junaedi, F. (2019). Pendidikan bela negara di era revolusi industri 4.0: Tantangan dan peluang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1), 1-12. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/pnpk/article/view/1234

Suryanto, T., & Junaedi, F. (2020). Strategi penguatan pendidikan bela negara di era revolusi industri 4.0: Studi kasus di Universitas XYZ. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 1-12. https://doi.org/10.24815/jpkn.v8i1.16543

Susanto, H., & Sari, D. P. (2021). Implementasi nilai-nilai bela negara dalam menghadapi tantangan disrupsi teknologi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 88-97. https://doi.org/10.24815/jpkn.v9i2.20045

Syaifullah, A., & Kartikowati, S. (2022). Efektivitas metode partisipatif dalam pembelajaran bela negara di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hak Asasi Manusia, 9(2), 101-115. https://doi.org/10.35823/jpkh.v9i2.234

Wang, P. (2022). The role of cyber competitions in cyber defense education: A case study of National Cyber League (NCL) participation. Issues in Information Systems, 23(3), 128–138. https://doi.org/10.48009/3_iis_2022_111 DOI: https://doi.org/10.48009/3_iis_2022_111

Wibowo, A., & Sari, P. (2019). Penguatan pendidikan bela negara melalui literasi digital dalam menghadapi disrupsi teknologi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.24815/jpkn.v7i1.14234

Widodo, A., & Prasetyo, A. B. (2021). Tantangan dan strategi pendidikan bela negara di era disrupsi teknologi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 33-42. https://doi.org/10.24815/jpkn.v9i1.18975

Winataputra, U. S. (2018). Sekolah sebagai wahana mempraktikkan nilai-nilai kebangsaan dan bela negara. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 88-99. https://doi.org/10.24832/jpkn.v5i2.1178

Yılmaz, A. (2022). Language education for social justice: Reproductions or disruptions through technology. Computers and Education, 187. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104535 DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104535

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Hakiki, A., Anisa, A., & Salsabilla , P. A. N. (2024). Implementasi Pendidikan Bela Negara pada Jenjang Sekolah Dasar di Era Disrupsi Teknologi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.508

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.