Analisis Kebutuhan Layanan Sekolah untuk Anak dengan Ragam Disabilitas di Sekolah Dasar

Authors

  • Alfalah Abdul Aziz Universitas Negeri Jakarta
  • Annisa Putri Syaukani Universitas Negeri Jakarta
  • Claris Fransiska Universitas Negeri Jakarta
  • Zahra Salsabilla Habibi Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Ragam Disabilitas, Layanan Sekolah

Abstract

Studi ini menyelidiki karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Negeri Pitara 1, dengan fokus pada ragam disabilitas fisik, disabilitas mental, dan disabilitas sensorik. Penelitian melibatkan observasi dan wawancara terhadap guru untuk memahami tipe ABK yang ada dan bagaimana mereka diakomodasi dalam proses pembelajaran. Hasil menunjukkan mayoritas ABK di sekolah tersebut mengalami gangguan disabilitas intelektual, diikuti dengan gangguan disabilitas mental. Meskipun guru berusaha menyesuaikan pembelajaran, ditemukan kebutuhan untuk meningkatkan pelayanan pembelajaran dengan pengadaan guru pendamping, pelatihan untuk guru, dan kerja sama dengan orang tua. Temuan ini menyoroti pentingnya pemahaman dan dukungan yang tepat untuk membantu ABK mencapai potensi penuh mereka dalam pembelajaran.

References

Ackah-Jnr, FR (2020). Pendidikan inklusif, praktik terbaik, kebijakan dan ketentuan dalam sistem pendidikan dan sekolah: Alasan dan kritik. Jurnal Studi Pendidikan Eropa, 6(10), 171–183.

Amalia, P. S. (2022). PENDAMPINGAN BELAJAR DARING ANAK DISABILITAS PADA SEKOLAH DASAR INKLUSI DI SD 1 TRIRENGGO. etd.umy.ac.id. https://etd.umy.ac.id/id/eprint/31974/

Anggraini, N. J., & Oktaviani, I. (2023). … GURU KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA INPRES 73 …. … : Jurnal Pendidikan Dasar. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Misool/article/view/1282

Asiyah, D. (2018). Dampak pola pembelajaran sekolah Islam inklusi terhadap anak berkebutuhan khusus. Jurnal Profetik: Profesional, Empati, Konseling 1(1). https://doi.org/10.24235/prophetic.v1i01.3480.

Budiarti, ND, & Sugito, S. (2018). Implementasi Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar: Studi Kasus di Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (EduLearn), 12(2), 214–223. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i2.8727.

Christianto, D. (2019). Upaya mendukung dan memperluas pemanfaatan teknologi pendidikan sebagai sarana penyampaian pembelajaran. Jurnal Internasional Pendidikan dan Pengajaran Indonesia, 3(1), 128–136. https://doi.org/10.24071/ijiet.v3i1.1725.

Emqi, M. F. (n.d.-a). Pembelajaran Berbasis Karakter Melalui peer review PAI Pada Anak Penyandang Disabilitas Usia Sekolah Dasar (Studi di Panti asuhan Al Amin Madania, Sleman …. Repository.Unitri.Ac.Id. http://repository.unitri.ac.id/525/

Emqi, M. F. (n.d.-b). Similarity Pembelajaran Berbasis Karakter Melalui PAI Pada Anak Penyandang Disabilitas Usia Sekolah Dasar (Studi di Panti Asuhan Al Amin Madania, Sleman …. Repository.Unitri.Ac.Id. http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/526

Ghonim, H. I. (2016). Pemenuhan Hak–Hak Disabilitas Pada Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Di Kabupaten Bantul. dspace.uii.ac.id. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/4176

Guo, Y., Dynia, JM, & Lai, MHC (2021). Efikasi diri guru pendidikan khusus anak usia dini dalam hubungannya dengan masing-masing anak: Kaitannya dengan pembelajaran literasi anak. Penelitian Anak Usia Dini Triwulanan, 54, 153–163. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.09.002.

Holifurrahman, H. (2020). Modifikasi Kurikulum dalam Praktik Pendidikan Inklusif di SD Al-Firdaus. inklusif, 7(2), 271.https ://doi.org/10.14421/ijds.070205.

Hornby, G. (2021). Apakah pendidikan inklusif atau program pendidikan khusus lebih mungkin menghasilkan inklusi pasca sekolah? Ilmu Pendidikan, 11(6). https://doi.org/10.3390/educsci11060304.

Kirana, Y. D. C. (2018). Komunikasi Interpersonal Disabilitas Tunarungu Wicara di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) ABCD Kuncup Mas Banyumas. eprints.uinsaizu.ac.id. https://eprints.uinsaizu.ac.id/4070/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Lattu, D. (2018). Peran guru bimbingan dan konseling pada penyelenggara sekolah pendidikan inklusi. Jurnal Bimbingan 2(1). https://scholar.archive.org/work/fnpbdb7w2jc23gcj2itubfoqcy.

Makoelle, TM (2020). Transisi Sekolah Menuju Pendidikan Inklusif di Negara-negara Pasca-Soviet: Kasus Terpilih di Kazakhstan. BIJAKSANA Terbuka, 10(2). https://doi.org/10.1177/2158244020926586.

Migliore, A., Butterworth, J., & Nye-Lengerman, K. (2021). Memikirkan Kembali Sistem Informasi Manajemen untuk Meningkatkan Kebijakan: Hasil Ketenagakerjaan. Jurnal Studi Disabilitas. https://doi.org/10.1177/10442073211043518.

Muhammad, F. E. (2017). Pembelajaran Berbasis Karakter Melalui PAI Pada Anak Penyandang Disabilitas Usia Sekolah Dasar (Studi di Panti asuhan Al Amin Madania, Sleman, Yogyakarta). repository.unitri.ac.id. http://repository.unitri.ac.id/id/eprint/191

Nst, F. (2022). Fungsi Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 117709 Dalam Mengembangkan Bakat Anak Disabilitas Di Kelurahan Sioldengan Kecamatan Rantau Selatan …. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial …. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3273511&val=28746&title=Fungsi%20Sekolah%20Dasar%20Luar%20Biasa%20Negeri%20117709%20Dalam%20Mengembangkan%20Bakat%20Anak%20Disabilitas%20Di%20Kelurahan%20Sioldengan%20Kecamatan%20Rantau%20Selatan%20Kabupaten%20Labuhan%20Batu

Nurfadhillah, S., Adella, A., Asfari, AI, Anggraeny, D., Sari, NN, & Ananda, V. (2022). Analisis Model Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Disleksia dan Disgrafia di Sekolah Inklusi SDN Meruya Selatan 06 Pagi. MASALIQ, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.87.

Rifqi, N. (2023). … Agama Islam berbasis literasi digital untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa penyandang disabilitas intelektual di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) …. etheses.uin-malang.ac.id. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/56540

Sinaga, W. S. A. (2023). … problem interaksi sosial siswa reguler dan siswa Disabilitas pada pembelajaran Agama Islam: Studi kasus di Sekolah Dasar Alam Aminah Sukoharjo Jawa …. etheses.uin-malang.ac.id. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/52546

UU Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Wardah, EY (2019). Peranan guru pembimbing khusus lulusan non-pendidikan luar biasa (PLB) terhadap pelayanan anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi kabupaten Lumajang. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 2(2), 93– 108. https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p93-108.

Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar. MAGISTRA: Media Pendidikan Pengembangan Ilmu Keislaman, dan Dasar 1. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3457.

Yunita, VM, & Kristiyanto, A. (2021). Guru Pendidikan Khusus: Persepsi Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. 10(2), 202–211. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i2.29773.

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Aziz, A. A., Syaukani, A. P., Fransiska, C., & Habibi, Z. S. (2024). Analisis Kebutuhan Layanan Sekolah untuk Anak dengan Ragam Disabilitas di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. Retrieved from https://edu.pubmedia.id/index.php/pgsd/article/view/611

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.