Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan di SD

Authors

  • Umi Nazila NurDini Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Mahardika Darmawan Kusuma Wardana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.716

Keywords:

Kemampuan Menghitung, Modul Matematika, Penjumlahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, efektivitas, serta respons modul matematika materi penjumlahan untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan soal cerita pada siswa kelas 1 SD. Penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli materi dan media, 30 siswa kelas 1. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi ahli, pretest-posttest berupa soal essay. Modul matematika materi penjumlahan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dasar atas dasar kevalidan dari para ahli, efektivitas dan respons siswa  dalam pengembangan modul matematika untuk meningkatkan kemampuan menghitung  penjumlahan  soal cerita.  Teruntuk  para  guru  kelas  satu  yang  melaksanakan pembelajaran matematika pada materi yang serupa agar menggunakan modul matematika.

References

Amrina, Z., Daswarman, D., & Arifin, S. (2020). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik pada materi pecahan untuk siswa kelas IV SD Negeri 38 Kuranji. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(1), 1-9. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i1.52 DOI: https://doi.org/10.37301/jcp.v8i1.52

Anggraini, L. N., & Aeni, A. N. (2023). Calculate the addition and subtraction of small numbers in grade 2. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 157-172. https://doi.org/10.1234/5678.910 DOI: https://doi.org/10.33654/math.v9i1.2132

Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan UNY, 5(2), 124669. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/4747/4106

B. A. B. Iii & A. R. Penelitian. (2013). Sugiono, metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta), h. 407. 1. Journal Title, Volume(Issue), 25-36. https://doi.org/10.1080/00031305.1974.10478909

B. A. B. Iii. (1974). Gambar 3. 1 alur model pengembangan 4D. Journal Title, 30-44. https://doi.org/10.1080/00031305.1974.10478909

B. Nasionalisme, K. Iv, S. Dasar, & D. Banyumas. (Year). Developing integrative thematic learning module with nationalist. Journal Title, Volume(Issue), 71-85.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa Islam. Education Journal, 3(1), 35-42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124 DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Ekawati, T. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika pada materi statistika terintegrasi nilai-nilai keislaman. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 184-192. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1826 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1826

Feriyanti, N. (2019). Pengembangan e-modul matematika untuk siswa SD. Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1-12.

Hade, O. A., Helvina, M., & Yufrinalis, M. (2023). Meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda menggunakan video animasi pada siswa kelas IV SDK 077 Kewapante. Jurnal Education, 5(3), 6681-6687. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1448 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1448

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28-38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042 DOI: https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Karlimah, K., Nur, L., & Oktaviyani, H. (2019). Pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan bilangan cacah siswa sekolah dasar. Premier Educ. J. Pendidik. Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 123. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4887 DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4887

Kirana, A., & Suhartono. (2020). Pengembangan modul pembelajaran matematika SD berorientasi HOTS (Higher-Order Thinking Skills). Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 172-178.

Maulinda, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130-138. DOI: https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Melyati, M. (2018). Peningkatan hasil belajar matematika tentang penjumlahan bilangan dengan menggunakan metode permainan pada peserta didik kelas I SD Negeri 12 Kepahiang. Jurnal PGSD, 9(2), 243-247. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.243-247 DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.243-247

Muliani, R. (2006). Pengembangan modul mata pelajaran matematika materi pecahan peserta didik kelas IV SD/MI. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, 21.

Rahayu, E., & Soleha, D. (2023). Penggunaan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam pembelajaran matematika madrasah ibtidaiyah (MI). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 8-14. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4070 DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4070

Rahmaniah, W. A., & Zainuddin, A. (2023). Modul digital matematika berbasis metakognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 169-176. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.58338 DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.58338

ROHANI, R. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa kelas II pada materi penjumlahan dan pengurangan di SDN 1 Suradadi Kecamatan Terara tahun … Retrieved from http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21334 DOI: https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.393

Rosanti, A., Tahir, M., & Maulyda, M. A. (2022). Analisis kesulitan belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pada kelas II di SDN 3 Pringgajurang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidik, 7(3b), 1490-1495. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.812 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.812

Rulyansah, A., & Sholihati, M. (2018). Pengembangan modul berbasis kecakapan hidup pada pelajaran matematika sekolah dasar. MUST Journal of Mathematics Education, Science, and Technology, 3(2), 194. https://doi.org/10.30651/must.v3i2.2088 DOI: https://doi.org/10.30651/must.v3i2.2088

Shakila, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran video berbasis YouTube untuk pembelajaran jarak jauh pada tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 kelas IV sekolah dasar. Universitas Jambi, 22. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15741

Shinta, R. N. (2014). Pengembangan modul pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan pendekatan CTL berdasarkan Kurikulum 2013. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.875

Sirate, S. F. S., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763 DOI: https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763

Stit, Y. S., & Nusantara, P. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan media berhitung di sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. Ed. J. Edukasi dan Sains, 2(3), 435-448. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Suastika, K., & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesiana, 4(2), 58-61. DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230

Surani, S. (2022). Peningkatan hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan, melalui metode demonstrasi menggunakan peraga permainan ular tangga pada siswa kelas 1 SD Negeri Kedungbocok Tarik Sidoarjo. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan, 2(2), 15-20. Retrieved from http://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/335

Utami, N. A., & Humaidi. (2019). Analisis kemampuan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa SD. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 39-43. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/1299

Yani, R., Anwar, R. B., & Vahlia, I. (2022). Kontekstual disertai QR code pada materi logaritma. Universitas Muhammadiyah Metro.

Zahari, C. L., & Razali, M. (2022). Penjumlahan dan pengurangan: Penanaman konsep bilangan bulat dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Cendekia Pendidikan Matematika, 6(2), 2040-2047. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1377 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1377

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

NurDini, U. N., & Wardana, M. D. K. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan di SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 1–15. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.716

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.