Profil Kemampuan Numerasi Siswa di UPTD SDI Waruwaja
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.826Keywords:
kemahiran berhitung, kemampuan numerasi, siswaAbstract
Kemampuan numerasi merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang guna menunjang kesuksesan dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar di SDI Waruwaja. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kemampuan numerasi siswa masih dalam kategori rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti buku paket yang selama ini hanya disediakan saat berada di sekolah, media pembelajaran yang kurang menarik sehingga pembelajaran menjadi membosankan, dan belum terbiasanya siswa diberikan soal cerita sehingga kemampuan numerasi siswa dalam memecahkan soal cerita masih banyak kesalahan, begitupun tindak lanjut terhadap kompetensi guru dalam mengajar matematika supaya tidak adanya miskonsepsi pada pembelajaran.
References
Agustin, N., et al. (2021). Peran guru dalam membentuk karakter siswa (Antologi esai mahasiswa). Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Peran_Guru_dalam_Membentuk_Karakter_Sisw/Njs1EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=peran+guru+membentuk+karakter+siswa+agustin+nella&pg=PA119&printsec=frontcover DOI: https://doi.org/10.33379/ebtida.v1i01.922
Arifudin, I. S. (2015). Peranan guru terhadap pendidikan karakter siswa di kelas V SDN 1 Siluman. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 175–186.
Burhanudin, M. R., Sukmawati, & Christy. (2021). Deskripsi kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan operasi pecahan. Pedagogy, 6(2), 91. https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.1-7 DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.1-7
Dayita, W. A., Nurhasanah, & Oktaviyanti, I. (2022). Profil kemampuan numerasi dasar siswa sekolah dasar di SDN Mentokan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3). DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.700
Iona, L. N., Erwin, R., Mayun, E. N., Stevvileny, A. B., Yuliana, T. I., Djemi, D. I., & Yeni, R. (2023). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar kelas tinggi di Malumbi Kabupaten Sumba Timur. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1). DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2383
Kemendikbud. (2021). Profil kemampuan numerasi peserta didik kelas V MI. Minhajussa’adah tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c). DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.862
Kurniawan, M. I. (2015, August). Mendidik untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar: Studi analisis tugas guru dalam mendidik siswa berkarakter pribadi yang baik. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(2), 121–126. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.14 DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.14
Mustaghfiroh. (2020). Identifikasi kebutuhan literasi numerasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7).
Novia, N. C., Witono, A. H., & Setiawan, H. (2022). Profil kemampuan numerasi siswa kelas III SDN 2 Kuta tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b). DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.546
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di SMK Negeri 1 Tonjong. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 5. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892 DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892
Roebyanto, & Harmini. (2017). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2).
Santosa, S., & Andrean, S. (2021, March). Pengembangan dan pembinaan karakter siswa dengan mengoptimalkan peran guru sebagai contextual idol di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 952–957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.849 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.849
Sari, L. P., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis kemampuan numerasi siswa SDN Ngolang pasca program semua anak cerdas (SAC). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 389. https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.1-7 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.479
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. DOI: https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Wiryanto, Y., Hendratno, H., & Gita, M. P. (2023). Identifikasi kebutuhan literasi numerasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7). DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1427
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Melkior Wewe, Viviana Meo Longa, Fransiska Angelina Dhoka, Maria Oktaviana Tuku

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.