Profil Kemampuan Numerasi Siswa di UPTD SDI Waruwaja

Authors

  • Melkior Wewe STKIP Citra Bakti
  • Viviana Meo Longa STKIP Citra Bakti
  • Fransiska Angelina Dhoka STKIP Citra Bakti
  • Maria Oktaviana Tuku STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.826

Keywords:

kemahiran berhitung, kemampuan numerasi, siswa

Abstract

Kemampuan numerasi merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang guna menunjang kesuksesan dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar di SDI Waruwaja. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kemampuan numerasi siswa masih dalam kategori rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti buku paket yang selama ini hanya disediakan saat berada di sekolah, media pembelajaran yang kurang menarik sehingga pembelajaran menjadi membosankan, dan belum terbiasanya siswa diberikan soal cerita sehingga kemampuan numerasi siswa dalam memecahkan soal cerita masih banyak kesalahan, begitupun tindak lanjut terhadap kompetensi guru dalam mengajar matematika supaya tidak adanya miskonsepsi pada pembelajaran.

References

Agustin, N., et al. (2021). Peran guru dalam membentuk karakter siswa (Antologi esai mahasiswa). Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Peran_Guru_dalam_Membentuk_Karakter_Sisw/Njs1EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=peran+guru+membentuk+karakter+siswa+agustin+nella&pg=PA119&printsec=frontcover DOI: https://doi.org/10.33379/ebtida.v1i01.922

Arifudin, I. S. (2015). Peranan guru terhadap pendidikan karakter siswa di kelas V SDN 1 Siluman. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 175–186.

Burhanudin, M. R., Sukmawati, & Christy. (2021). Deskripsi kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan operasi pecahan. Pedagogy, 6(2), 91. https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.1-7 DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.1-7

Dayita, W. A., Nurhasanah, & Oktaviyanti, I. (2022). Profil kemampuan numerasi dasar siswa sekolah dasar di SDN Mentokan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3). DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.700

Iona, L. N., Erwin, R., Mayun, E. N., Stevvileny, A. B., Yuliana, T. I., Djemi, D. I., & Yeni, R. (2023). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar kelas tinggi di Malumbi Kabupaten Sumba Timur. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1). DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2383

Kemendikbud. (2021). Profil kemampuan numerasi peserta didik kelas V MI. Minhajussa’adah tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c). DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.862

Kurniawan, M. I. (2015, August). Mendidik untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar: Studi analisis tugas guru dalam mendidik siswa berkarakter pribadi yang baik. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(2), 121–126. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.14 DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.14

Mustaghfiroh. (2020). Identifikasi kebutuhan literasi numerasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7).

Novia, N. C., Witono, A. H., & Setiawan, H. (2022). Profil kemampuan numerasi siswa kelas III SDN 2 Kuta tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b). DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.546

Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di SMK Negeri 1 Tonjong. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 5. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892 DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892

Roebyanto, & Harmini. (2017). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2).

Santosa, S., & Andrean, S. (2021, March). Pengembangan dan pembinaan karakter siswa dengan mengoptimalkan peran guru sebagai contextual idol di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 952–957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.849 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.849

Sari, L. P., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis kemampuan numerasi siswa SDN Ngolang pasca program semua anak cerdas (SAC). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 389. https://doi.org/10.26714/jkpm.8.2.2021.1-7 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.479

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. DOI: https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Wiryanto, Y., Hendratno, H., & Gita, M. P. (2023). Identifikasi kebutuhan literasi numerasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7). DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1427

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Wewe, M., Longa, V. M., Dhoka, F. A., & Tuku, M. O. (2024). Profil Kemampuan Numerasi Siswa di UPTD SDI Waruwaja. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.826

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.