Dampak Media Sosial Terhadap Pendidikan Perkuliahan: Sebuah Tinjauan Literatur

Authors

  • Rizka Fadila Universitas AlMuslim
  • Rina Ulviana Universitas AlMuslim
  • Rozatul Husna Universitas AlMuslim
  • Iis Marsitah Universitas AlMuslim

Keywords:

Media Sosial, Pendidikan Perkuliahan, Pembelajaran, Interaksi, Strategi Pengelolaan

Abstract

Abstrak: Sosial media telah mengubah cara orang berkomunikasi diseluruh dunia perkembangannya yang pesat telah memengaruhi banyak aspek kehidupan termasuk pendidikan guru tinggi .dampak sosial media terhadap pendidikan perkulihan di bahas dalam konteks akedemik,sosial dan psikologis tinjauan literatur dilakukan untuk menyampaikan hasil mengenai efek sosial media. pada perkuliahan argumen dan perspektif yang di sajikan dalam artikel ini didukung oleh penelitian baru dan relevan .Media sosial memiliki peran yang semakin dominan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, termasuk dalam konteks pendidikan perkuliahan. Artikel ini melakukan tinjauan literatur terhadap dampak pengelolaan media sosial terhadap pendidikan perkuliahan, dengan fokus pada pengaruhnya terhadap pembelajaran, interaksi, tantangan, dan strategi pengelolaan yang dapat diterapkan. Melalui analisis yang mendalam, artikel ini bertujuan untuk memahami penerapan pemanfaatan media sosial dalam pendidikan perkuliahan dan memberikan arahan bagi institusi pendidikan dalam merancang strategi yang responsif dan adaptif terhadap dinamika penggunaan media sosial.

Kata Kunci : Media Sosial, Pendidikan Perkuliahan, Pembelajaran, Interaksi, Strategi Pengelolaan.

Abstract: Social media has changed the way people communicate around the world, and its rapid development has affected many aspects of life, including higher education. The impact of social media on higher education is discussed in the context of academic, social, and psychological aspects. A literature review is conducted to present the results of the effects of social media on education. In this article, the arguments and perspectives presented are supported by new and relevant research. Social media has a increasingly dominant role in people's daily lives, including in the context of higher education. This article reviews the literature on the impact of social media management on higher education, focusing on its effects on learning, interaction, challenges, and management strategies that can be applied. Through in-depth analysis, this article aims to understand the application of social media in higher education and provide guidance for educational institutions in designing responsive and adaptive strategies to the dynamics of social media use.

Keywords: Social Media, Higher Education, Learning, Interaction, Management Strategy.

 

References

Afrinaval, G., & Syamwil, S. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang Dan Manufaktur …. Jurnal Ecogen. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/7840

Amrulloh, A., darajaatul Aliyah, N., & ... (2024). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTS Darul Hikmah Langkap Burneh Bangkalan. AL-MIKRAJ Jurnal …. https://www.ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/almikraj/article/view/5656

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives: complete edition. Addison Wesley Longman, Inc.

Arsoniadi, A., Mujidin, M., & ... (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul. JISIP (Jurnal Ilmu …. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2109

Aruan, J. (2020). Pengaruh Regulasi Diri dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi. https://scholar.archive.org/work/v4xnceyrijeldnu2y7nb7ra3gu/access/wayback/http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/download/4862/pdf

Biatun, N. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI di MIN 3 Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/3518

Christakis, N. A., & Fowler, J. H. (2013). Social contagion theory: examining dynamic social networks and human behavior. Statistics in Medicine, 32(4), 556–577.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2023). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. john Wiley & sons.

Dewi, W. C. (2019). Kontribusi manajemen waktu, lingkungan di rumah, dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar siswa smk. Media Manajemen Pendidikan. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/4908

Ellison, N. B., Steinfield, C., & Lampe, C. (2007). The benefits of Facebook “friends:” Social capital and college students’ use of online social network sites. Journal of Computer‐mediated Communication, 12(4), 1143–1168.

Greenhow, C., & Robelia, B. (2009). Informal learning and identity formation in online social networks. Learning, Media and Technology, 34(2), 119–140.

Hasibuan, M. T. D., Mendrofa, H. K., & ... (2020). Hubungan motivasi belajar terhadap prestasi akademik pada mahasiswa yang menjalani pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Indonesian …. https://jurnal.murniteguhuniversity.web.id/index.php/ithj/article/view/65

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5682

Junco, R., Heiberger, G., & Loken, E. (2011). The effect of Twitter on college student engagement and grades. Journal of Computer Assisted Learning, 27(2), 119–132.

Kapitan, I. K., Kareri, D. G. R., & Amat, A. L. S. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Di Nusa Tenggara Timur. Cendana Medical …. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/CMJ/article/view/4937

Kirschner, P. A., & Karpinski, A. C. (2010). Facebook® and academic performance. Computers in Human Behavior, 26(6), 1237–1245.

Latief, A. (2023). Peranan pentingnya lingkungan belajar bagi anak. Jurnal Kependidikan. http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1126

Mona, S., & Yunita, P. (2021). Faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian Dan Kajian …. https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/2410

Munzir, M. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahan Sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/5266

Nugroho, M. W. S., Firmansyah, M., & ... (2021). Korelasi Kinerja Tutor dan Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Prestasi Akademik Fakultas Kedokteran. … Komunitas (Journal of …. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jkkfk/article/view/9877

Pratama, H. J., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa saat pembelajaran daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/621

Retnosari, D. (2019). Hubungan Persepsi Lingkungan Belajar Dan Intelligence Quotient Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Bio Komplementer Medicine. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jbm/article/view/4828

Rochmah, L., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pengaruh efikasi diri dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi di masa pandemi covid 19. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan …. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Edunomic/article/view/6364

Selwyn, N. (2009). Faceworking: exploring students’ education‐related use of Facebook. Learning, Media and Technology, 34(2), 157–174.

Siemens, G. (2004). A learning theory for the digital age.

Simbolon, P., Mendrova, D. S., & Zega, A. I. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di STIKes St. Elisabeth Medan. Jurnal Masohi. https://core.ac.uk/download/pdf/327161312.pdf

Takrim, M., & Mikkael, R. H. (2020). Pengaruh kompetensi dosen, motivasi, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Inggris. Economics and Digital Business Review.

https://scholar.archive.org/work/h4odztslebfx5bfajjmft2adcy/access/wayback/https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/download/14/9

Tarumasely, Y. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Efficacy terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama.

https://scholar.archive.org/work/tkttoccp7vhbtpzoj5i2h3vwom/access/wayback/https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/download/1359/pdf

Then, W. (2020). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Sekolah Tinggi Bahasa Harapan Bersama. Jurnal Cakrawala Mandarin. http://www.jurnal-apsmi.org/index.php/CM/article/view/76

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Fadila, R., Ulviana, R., Husna, R., & Marsitah, I. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Pendidikan Perkuliahan: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 11. Retrieved from https://edu.pubmedia.id/index.php/pgsd/article/view/778

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.