Dampak Media Sosial Terhadap Pendidikan Perkuliahan: Sebuah Tinjauan Literatur
Keywords:
Media Sosial, Pendidikan Perkuliahan, Pembelajaran, Interaksi, Strategi PengelolaanAbstract
Abstrak: Sosial media telah mengubah cara orang berkomunikasi diseluruh dunia perkembangannya yang pesat telah memengaruhi banyak aspek kehidupan termasuk pendidikan guru tinggi .dampak sosial media terhadap pendidikan perkulihan di bahas dalam konteks akedemik,sosial dan psikologis tinjauan literatur dilakukan untuk menyampaikan hasil mengenai efek sosial media. pada perkuliahan argumen dan perspektif yang di sajikan dalam artikel ini didukung oleh penelitian baru dan relevan .Media sosial memiliki peran yang semakin dominan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, termasuk dalam konteks pendidikan perkuliahan. Artikel ini melakukan tinjauan literatur terhadap dampak pengelolaan media sosial terhadap pendidikan perkuliahan, dengan fokus pada pengaruhnya terhadap pembelajaran, interaksi, tantangan, dan strategi pengelolaan yang dapat diterapkan. Melalui analisis yang mendalam, artikel ini bertujuan untuk memahami penerapan pemanfaatan media sosial dalam pendidikan perkuliahan dan memberikan arahan bagi institusi pendidikan dalam merancang strategi yang responsif dan adaptif terhadap dinamika penggunaan media sosial.
Kata Kunci : Media Sosial, Pendidikan Perkuliahan, Pembelajaran, Interaksi, Strategi Pengelolaan.
Abstract: Social media has changed the way people communicate around the world, and its rapid development has affected many aspects of life, including higher education. The impact of social media on higher education is discussed in the context of academic, social, and psychological aspects. A literature review is conducted to present the results of the effects of social media on education. In this article, the arguments and perspectives presented are supported by new and relevant research. Social media has a increasingly dominant role in people's daily lives, including in the context of higher education. This article reviews the literature on the impact of social media management on higher education, focusing on its effects on learning, interaction, challenges, and management strategies that can be applied. Through in-depth analysis, this article aims to understand the application of social media in higher education and provide guidance for educational institutions in designing responsive and adaptive strategies to the dynamics of social media use.
Keywords: Social Media, Higher Education, Learning, Interaction, Management Strategy.
References
Afrinaval, G., & Syamwil, S. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang Dan Manufaktur …. Jurnal Ecogen. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/7840
Amrulloh, A., darajaatul Aliyah, N., & ... (2024). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTS Darul Hikmah Langkap Burneh Bangkalan. AL-MIKRAJ Jurnal …. https://www.ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/almikraj/article/view/5656
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives: complete edition. Addison Wesley Longman, Inc.
Arsoniadi, A., Mujidin, M., & ... (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul. JISIP (Jurnal Ilmu …. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2109
Aruan, J. (2020). Pengaruh Regulasi Diri dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi. https://scholar.archive.org/work/v4xnceyrijeldnu2y7nb7ra3gu/access/wayback/http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/download/4862/pdf
Biatun, N. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI di MIN 3 Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/3518
Christakis, N. A., & Fowler, J. H. (2013). Social contagion theory: examining dynamic social networks and human behavior. Statistics in Medicine, 32(4), 556–577.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2023). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. john Wiley & sons.
Dewi, W. C. (2019). Kontribusi manajemen waktu, lingkungan di rumah, dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar siswa smk. Media Manajemen Pendidikan. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/4908
Ellison, N. B., Steinfield, C., & Lampe, C. (2007). The benefits of Facebook “friends:” Social capital and college students’ use of online social network sites. Journal of Computer‐mediated Communication, 12(4), 1143–1168.
Greenhow, C., & Robelia, B. (2009). Informal learning and identity formation in online social networks. Learning, Media and Technology, 34(2), 119–140.
Hasibuan, M. T. D., Mendrofa, H. K., & ... (2020). Hubungan motivasi belajar terhadap prestasi akademik pada mahasiswa yang menjalani pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Indonesian …. https://jurnal.murniteguhuniversity.web.id/index.php/ithj/article/view/65
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5682
Junco, R., Heiberger, G., & Loken, E. (2011). The effect of Twitter on college student engagement and grades. Journal of Computer Assisted Learning, 27(2), 119–132.
Kapitan, I. K., Kareri, D. G. R., & Amat, A. L. S. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Di Nusa Tenggara Timur. Cendana Medical …. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/CMJ/article/view/4937
Kirschner, P. A., & Karpinski, A. C. (2010). Facebook® and academic performance. Computers in Human Behavior, 26(6), 1237–1245.
Latief, A. (2023). Peranan pentingnya lingkungan belajar bagi anak. Jurnal Kependidikan. http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1126
Mona, S., & Yunita, P. (2021). Faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian Dan Kajian …. https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/2410
Munzir, M. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahan Sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/5266
Nugroho, M. W. S., Firmansyah, M., & ... (2021). Korelasi Kinerja Tutor dan Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Prestasi Akademik Fakultas Kedokteran. … Komunitas (Journal of …. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jkkfk/article/view/9877
Pratama, H. J., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa saat pembelajaran daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/621
Retnosari, D. (2019). Hubungan Persepsi Lingkungan Belajar Dan Intelligence Quotient Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Bio Komplementer Medicine. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jbm/article/view/4828
Rochmah, L., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pengaruh efikasi diri dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi di masa pandemi covid 19. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan …. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Edunomic/article/view/6364
Selwyn, N. (2009). Faceworking: exploring students’ education‐related use of Facebook. Learning, Media and Technology, 34(2), 157–174.
Siemens, G. (2004). A learning theory for the digital age.
Simbolon, P., Mendrova, D. S., & Zega, A. I. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di STIKes St. Elisabeth Medan. Jurnal Masohi. https://core.ac.uk/download/pdf/327161312.pdf
Takrim, M., & Mikkael, R. H. (2020). Pengaruh kompetensi dosen, motivasi, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Inggris. Economics and Digital Business Review.
Tarumasely, Y. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Efficacy terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama.
Then, W. (2020). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Sekolah Tinggi Bahasa Harapan Bersama. Jurnal Cakrawala Mandarin. http://www.jurnal-apsmi.org/index.php/CM/article/view/76
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizka Fadila, Rina Ulviana, Rozatul Husna, Iis Marsitah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.