Pendidikan Inklusi di SDN Ciracas Jakarta Timur: Tantangan dan Implementasi di Sekolah

Authors

  • Qorin Akhshypani Salma Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Fairuz Najibah Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Zulfadewina Prodi PGSD, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i2.1373

Keywords:

Pendidikan Inklusi, Sekolah Dasar, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Negeri Ciracas, Jakarta Timur, merupakan strategi kunci dalam pengembangan pendidikan yang bertujuan memberikan akses pendidikan yang setara bagi semua anak, termasuk anak dengan kebutuhan khusus (ABK). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan pendidikan inklusi di sekolah tersebut, yang berupaya menghilangkan hambatan dalam proses belajar mengajar dan menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara kepada guru, siswa, dan orang tua. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun terdapat upaya untuk mengimplementasikan pendidikan inklusi, masih banyak tantangan yang dihadapi, termasuk kurangnya pemahaman masyarakat tentang pendidikan inklusi dan terbatasnya sarana dan prasarana. Selain itu, peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif sangat penting, namun masih perlu peningkatan kompetensi dalam menghadapi berbagai tantangan yang muncul dalam pengajaran siswa dengan kebutuhan khusus. Dalam rangka mengoptimalkan pendidikan inklusi, perlu adanya kolaborasi lebih lanjut antara pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat untuk memberikan dukungan di semua lini. Implementasi kurikulum yang fleksibel dan pelatihan bagi guru juga sangat diperlukan agar semua anak, tanpa terkecuali, dapat mengembangkan potensi mereka secara maksimal dalam lingkungan sekolah yang inklusif.

References

Alfaaroqi, K. U., & Khoiruddin, & M. A. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Dan Kendalanya Di Sdn Betet 1 Kota Kediri Implementation Of Inclusive Education And Its Control In Sdn Betet 1 Kota Kediri. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(1), 1693–2552. Https://Doi.Org/10.26486/Psikologi.V22i1

Anggarani, N. P. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar Negeri Serang Pengasih Kulon Progo Implementation Of Inclusive Education In Sekolah Dasar Negeri Serang Pengasih Kulon Progo.

Arifa, F. N. (2024). Tantangan Dalam Mewujudkan Pendidikan Inklusif. Infosingkat, Xvi(3), 21–25.

Asiva Noor Rachmayani. (2015). Analisis Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Provinsi Dki Jakarta. 6.

Farah, A., Agustiyawati, Rizki, A., Widiyanti, R., Wibowo, S., Tulalessy, C., Herawati, F., & Maryanti, T. (2022). Panduan Pendidikan Inklusif. Kepala Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 3.

Kesti Anggreani, Nur Ahsana Tafsira, Trisna Febriyani, & Elsha Syafitri. (2024). Implementasi Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar: Tantangan Dan Strategi Efektif. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(2), 199–204. Https://Doi.Org/10.62383/Katalis.V1i2.355 DOI: https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.355

Lestari, A., Setiawan, F., & Agustin, E. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Arzusin, 2(6), 602–610. Https://Doi.Org/10.58578/Arzusin.V2i6.703 DOI: https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i6.703

Lubna, Sulhan, A., Aziz, A., Astuti, F. H., Hadi, Y. A., Rizka, M. A., & Sarilah. (2021). Buku Ajar Pendidikan Inklusi.

Mardhiah, A. (2024). Tantangan Pelaksanaan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri 7 Trienggadeng Pidie Jaya. Intelektualita, 13(1), 145–159. Https://Doi.Org/10.22373/Ji.V13i1.25170 DOI: https://doi.org/10.22373/ji.v13i1.25170

Muttaqien, P. I. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus: Sdn Gunung Lipung 4 Kota Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(1). DOI: https://doi.org/10.23917/jpis.v30i1.10820

Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 8(1), 11. Https://Doi.Org/10.30872/Jbssb.V8i1.14072 DOI: https://doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14072

Phytanza, D. T. P., Nur, R. A., Hasyim, Mappaompo, A. M., Rahmi, S., Oualeng, A., Silaban, P. S. M., Suyuti, Iswati, & Rukmini, B. S. (2023). Pendidikan Inklusif: Konsep, Implementasi, Dan Tujuan. In Eduhumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru (Issue 1).

Putri, A., & Mus, S. (2021). Implementasi Program Pendidikan Inklusi Di Sd Negeri Unggulan. Http://Ojs.Unm.Ac.Id/Jak2p/ DOI: https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.13474

Susanti, T., & Herawati, N. I. (2024). Implementasi Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar Kabupaten Badung Barat. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 2(1), 64–74.

Susilawati, D. (2024). Pengantar Ilmu Pendidikan.

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Salma , Q. A., Najibah , F., & Zulfadewina. (2025). Pendidikan Inklusi di SDN Ciracas Jakarta Timur: Tantangan dan Implementasi di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 20. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i2.1373

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.