Penerapan Model Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Makna Sila Pancasila Siswa Kelas 3 SD Negeri Balowerti
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i3.1589Keywords:
Pendidikan Pancasila, Teams Games Tournament, Hasil BelajarAbstract
Studi ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian akademik peserta didik kelas III SD Negeri 3 Balowerti Kediri pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan materi makna sila pancasila dengan mengimplementasikan pendekatan Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media kertas tempel. Dalam penelitian diterapkan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dijalankan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi langkah-langkah sistematis mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 70,00 pada siklus pertama dengan tingkat ketuntasan 46,15% menjadi 83,08 pada siklus kedua dengan tingkat ketuntasan 76,92%. Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media kertas tempel berhasil memicu semangat dan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan belajar. Selain itu dapat membangun lingkungan belajar yang nyaman dan mendorong komunikasi antar peserta didik. Sehingga model Teams Games Tournament terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran.
References
Abdillah, L. A., Fauziah, A., Napitupulu, D. S., Sulistiyo, H., Fitriyanti, Sakti, B. P., Khusnia, A. N., Noveni, N. A., Tarjo, Suwarno, Chamidah, D., Puri, V. G. S., Salman, I., & Nurkanti, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Penerapannya. Penerbit Adab.
Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111
Agustianti, R., Abyadati, S., Nussifera, L., Irvani, A. I., Handayani, D. Y., Hamdani, D., & Amarulloh, R. R. (2022). Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran. TOHAR MEDIA.
Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34133
Arif, S., & Oktafiana, S. (2023). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Mitra Ilmu. http://repository.iainmadura.ac.id/1238/
Darmayanti, N. W. S., Selamet, K., Qondias, D., Witraguna, K. Y., & Persi, N. N. (2024). Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan dan Implementasinya bagi Guru dan Mahasiswa. Nilacakra.
Firdaus, F. M., & Razak, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas Di Sd/Mi Dilengkapi Tutorial Olah Data Dan Sitasi Berbantuan Software (Statcal, SPSS, Anates, Microsoft Excel, Publish or Perish, Mendeley). Samudra Biru.
Hermawan, S., & Amirullah. (2021). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Junaedi, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.209
Kamaruddin, I., Sujarot, S., Septiani, V., Handayani, E. S., Muhammadong, M., & Kesek, M. N. (2023). Peran Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16460–16465. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8979
Listiana, H. (2025). Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori Dan Inovasi Dalam Pendidikan. Kbm Indonesia.
Mulyana, A., Vidiati, C., Danarahmanto, P. A., Agussalim, A., Apriani, W., Fiansi, F., Fitra, F., Aryawati, N. P. A., Ridha, N. A. N., Milasari, L. A., Siagian, A. F., & Martono, S. M. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Widina.
Nudqi, P. A., Murtafiah, W., & Mahardika, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Sosiodrama Pada Mata Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN Ngrambe 2. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), Article 1.
Payadnya, P. A. A., Hermawan, M. S., Wedasuwari, I. A. M., Rulianto, & Jayantika, I. G. A. N. T. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish.
Rahman, R., Munandar, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 11.
Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.632
Robani, H. Z., Kristiasari, M. B. V. A., & Kirana, V. C. (2022). Keterkaitan Nilai Spiritual Dengan Mata Pelajaran PPKn Pada Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 7(1), Article 1.
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113
Suharyati, T., & Arga, H. S. P. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.13037
Susilawati, E., Pratiwi, G. R., & Abdullah, I. (2021). Peran Pendidikan Dalam Kemajuan Peradaban Bangsa. Online Prosiding Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 1(1), Article 1.
Ulfia, T., & Irwandani, I. (2021). Model Pembelajaran Kooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT): Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 140–149.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19–19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Yuliwinarti, E. M., Muhimmah, H. A., & Istiqfaroh, N. (2024). Analisis Perbandingan Kurikulum Pendidikan Korea Selatan Dan Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15810
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Uswatun Hasanah, Sulistiono, Riris Setya Rini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.