Pengembangan Media LUTION (Ludo Education) untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1657

Keywords:

Ludo Education, Media Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Indonesia, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Lution (Ludo Education) yang valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, design, Development, Implemation, and Evalution). Informasi dikumpulkan melalui dokumentasi, angket, dan tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa media Lution (Ludo Education) memiliki kevalidan 86,3% dalam kategori sangat valid, kepraktisan 90,61% dalam kategori sangat praktis, dan keefektifan 90,5% dalam kategori sangat efektif, maka dapat disimpulkan media Lution (Ludo Education) valid, praktik dan efektif, dengan demikian media Lution (Ludo Education) dapat digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar. Temuan ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengeksperimenkan penggunaan Lution (Ludo Education) kepada peserta didik agar diketahui variable lain yang mendukung untuk pembelajaran.

References

Agung, A. G., dkk. 2017. Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Mengasosiasi Berbasis Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Proses Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 1 (3).

Amkas, S. I. M., dkk. 2017. Pengembangan Media Ludo Word Game Siswa Kelas IV SDN Banjar Bali Tahun Pelajaran 2017/2018. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. (Vol; 8 No: 2).

Aprilia, C. A., Patonah, S., Saadah, K., & Siswanto, J. (2024). Penerapan Metode Drill and Practice sebagai upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Menulis Naskah Pidato. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(4), 412-423.

Ardhani, dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa 16(2). 170-175. https://doi.org/10.29303/jpm.v1662.2446

Ariani Nurlina (2022). Buku bahan ajar dan pembelajaran Widina Bhakti Persada www.penerbitwidina.com

Astuti, M., Elfitra, L., & Loren, F. T. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pantun Pada Pembelajaran Menulis Pantun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 913-927.

Azizah, A. N., & Fitrianawati, M. (2020). Pengembangan media ludo math pada materi pecahan sederhana bagi peserta didik kelas iii sekolah dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 28-35.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Conyers, D. (1994). Perencanaan Sosial di Dunia Ketiga: Suatu Pengantar, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ekawan, Sendi.,dkk. 2015. Pengembangan Desain Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dengan Media Physics Ludo Pada Materi Fisika Tentang Bunyi. Jurnal Radiasi , Volume 6 Nomor 1 (hlm 1-13).

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11, 1-17.

Gultom, F., Theresia, M., & Nurzanna, N. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Naskah Pidato Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Dikelas IV SD Negeri No. 157019 Pinangsori. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 2(1), 1-7.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.

Hikmah, N., Kuswidyanarko, A.. & Lubis, P. H. M. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 04 Puding Besar. Jurnal Hmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 137-148.

Izzaty, A. D., & Nurfitriani, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo Pada Materi Operasi Pengurangan Kelas 3 MIS Sindangraja. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 17(1), 33-41.

Moh suardi. (2018). Belajar dan pembelajaran. CV BUDI UTAMA

Nissa, S. A., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Game Ludo untuk Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2563-2570.

Nur Aprilia, dkk. (2019), Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 107-113.

Oktaviani, M. D. S., dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 3,

Purnamasari, A., & Hartono, W. J. (2023). Pentingnya penggunaan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Jotika Journal in Education, 2(2), 57-64.

Putri, I. P. S., dkk. Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 4, Number 2.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Sugiono. (2019). Metode penelitian pendidikan (A. Nuryanto (ed.)

Triskawati, T., & Silalahi, B. R. (2021). Pengembangan Media Dokansi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 55-67.

Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Kolaborasi Pembelajaran Keterampilan Siswa dalam Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130.

Wiguna, M. Z. (2020). Analisis Penggunaan Diksi dalam Naskah Pidato Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(1), 103-118.

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Depi Ratnasari, Asmawati, Virma Nadia Safitri, Husnul Aini, & Murjainah. (2025). Pengembangan Media LUTION (Ludo Education) untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1657

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)