Pengembagan Media Supermarket Materi Bilangan Cacah Pada Pembelajaran Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1664

Keywords:

Media Pembelajaran, Bilangan Cacah, Supermarket, R&D

Abstract

Pemahaman konsep bilangan cacah di tingkat dasar sekolah masih menjadi tantangan, terutama karena kurangnya media pembelajaran yang kontekstual dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk supermarket yang relevan dengan kehidupan nyata siswa guna meningkatkan hasil belajar matematika. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang dimodifikasi. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif, melibatkan ahli materi, ahli media, guru, dan siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media supermarket sangat valid (83,31%), sangat praktis (81,34%), dan sangat efektif (85,88%) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap bilangan cacah. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pendekatan pembelajaran kontekstual serta mendukung penerapan Kurikulum Merdeka. Media ini berpotensi diadaptasi lebih luas di sekolah dasar untuk memperkuat kompetensi numerasi siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan sampel dan menggunakan pendekatan kuantitatif maupun metode campuran.

References

Ananda, P. N., & Usmeldi, U. (2023). Validity and Practicality of E-Module Model Inquiry Based Online Learning to Improve Student Competence. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA).

Asmaryadi, A. I. A., & Estuhono, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Menggunakan Aplikasi Canva pada Materi Bilangan Cacah. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi, 4(1), 32–42.

Azmi, R., Astini, B,N., Rachmayani, I., Fahruddin, F. (2023). Pengembagan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Akspresif Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 8 (4) hal 2557 – 2565.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction (4th ed.). New York: Longman.

Bruine de Bruin, W., Ulqinaku, A., & Llopis, J. (2023). Beyond High-Income Countries: Low Numeracy Is Associated with Older Adult Age around the World. MDM Policy & Practice.

Development of quality instruments and data collection techniques. (2023). Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar.

Erita, Y. (2023). The Validity of Teaching Materials Using the Problem-Based Learning Model of Independent Curriculum Social Sciences Materials in Mobility Elementary Schools. Iurnal of digital learning and distance education. Vol. 2 (1) hal 409-422.

Hastuti, W., & Rahayu, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Sekitar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 17(3), 128–135.

Huitink, M., Poelman, M. P., Seidell, J. C., & Dijkstra, S. C. (2021). The Healthy Supermarket Coach: Effects of a Nutrition Peer-Education Intervention in Dutch Supermarkets Involving Adolescents With a Lower Education Level.

International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 18(1), 1–9.

Irwan, I., & Masrul, M. (2023). Analisis kemampuan numerasi siswa pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Laporan Hasil Asesmen Nasional 2022. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Kefektivitas Pengunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar Kelas III SDN Sindang Panon 2. (2023).

Kurnia, Y. R., Laila, A. N., & Kurnia, I. (2022). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar anak. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah.

Iio, J., Kawamoto, K., Sashizawa, T., & Nakai, K. (2023). Determination of Most Effective Medium for E-Learning by Analyzing the Differences in Various Types of Media. AHFE International.

Munawarah, S. (2023). Pengaruh media dakon matematika terhadap hasil belajar matematika siswa materi penjumlahan. Jurnal Pendidikan Matematika.

Partridge, C. (2023). Intellectual Development and Mathematics Learning of Elementary School Students. hal 195-232

Putri, R. D. (2022). Efektivitas Media Interaktif terhadap Pemahaman Konsep Bilangan Cacah pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(1), 25–34.

Silviyanti, Z. S., Sidik, G. S., & Zahrah, R. F. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar dengan Model Contextual Teaching & Learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5235–5248.

Supendra, D., Kusumastuti, G., Maiziani, F., & Rahmayanti, E. (2022). The Practicality Test.

Triana, M., Widyastuti, W., Anggoro, B. S., Asnawati, R., Ferdiansyah, M. N., & Gunowibowo, P. (2023). Persepsi dan kemampuan calon guru matematika dalam numerasi. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG. Vol. 11 (1)

Wulandari, D. (2021). The Use of Concrete Objects Media to Improve Mathematics Learning Outcomes. Jurnal Socia, Humanities And Education Studies (SHEs). Vol. 3 (4) hal 59-66

Yan, S., & Lopes de Andrade, V. M. F. E. (2022). Animasi Pembelajaran Adab dan Akhlak Sehari-hari Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Building of Informatics, Technology and Science (BITS).

Yati, Y. U., & Aminuriyah, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis articulate storyline pada materi nilai tempat bilangan dua angka. Jurnal PENDAS : Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 8 (1) hal 1-15

Yusuf, St. M., & Ralmugiz, U. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa smp. Jurnal Pendidikan Matematika.

Zulkarnain, Z., Raharjo, K. M., & Widianto, E. (2023). Merdeka Belajar Building Villages Based On Experience Project Based Learning In Tourism Village Labsite Department Of PLS In The Production Of Youtube Video Learning Media. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol. 11 (1).

Downloads

Published

2025-05-27

How to Cite

Prihartini, E., Yuniar, E., Ma’rifah, L., Marliana, Y., & Murjainah. (2025). Pengembagan Media Supermarket Materi Bilangan Cacah Pada Pembelajaran Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1664

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)