Kurangnya Implementasi Sila Pertama Pancasila pada Siswa SD Negeri 106811 Bandar Setia

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.486

Keywords:

Penerapan Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, Pancasila

Abstract

Pancasila adalah lima dasar yang harus diikuti dan diterapkan. Pancasila memberikan pedoman untuk kehidupan berbangsa dan bernegara bagi semua warga Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Penelitian kualitatif berakar pada latar belakang alami sebagai keutuhan, mengandalkan analisis secara induktif, mengarahkan sasaran penelitiannya pada usaha untuk menemukan teori dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi mengenai penerapan sila pertama pada jenjang pendidikan formal khususnya jenjang sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan pada SDN 106811 Bandar Setia. Hasil dari penelitian ialah antisipasi agar jenjang sekolah mampu menerapkan dengan mapan dari sila pertama pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

References

Benawa, A. (2023). The Significance Influence of Pancasila Education and Religion Education on the Formation of Pancasila Student Profile by Hybrid Learning. E3S Web of Conferences, 426. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202342601068 DOI: https://doi.org/10.1051/e3sconf/202342601068

Damanhuri, L. W. H., B, F. A., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai upaya pembangunan karakter bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 185–198. DOI: https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1890

Darmadi, H. (2014). Pendidikan Pancasila, konsep dasar dan implementasi. Bandung: Alfabheta.

Fadhila, H. I., & Najicha, F. U. (2021). Pentingnya memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di lingkungan masyarakat. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-Universitas Banten Jaya | PROPATRIA, 4(2), 204–212. DOI: https://doi.org/10.47080/propatria.v4i2.1303

Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan karakter: Membangun peradaban bangsa. Kleco, Kadipiro Surakarta: Yuma Pustaka.

Kaelan, & Zubaidi, A. (2007). Pendidikan kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Yogyakarta: Paradigma.

Kaelan. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Kansil. (2005). Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Jakarta: Pradnya Paramita.

Khosiah, N. (2020). Implementasi nilai-nilai Pancasila peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas–Probolinggo. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 84–100. DOI: https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i1.3818

Kusdarini, E. (2020). The implementation of pancasila education through field work learning model. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 359–369. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31412 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31412

Maisyaroh, M. (2023). Strengthening character education planning based on Pancasila value in the international class program. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(1), 149–156. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.24161 DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.24161

Nishimura, S. (1995). The development of Pancasila moral education in Indonesia. Southeast Asian Studies (Kyoto), 33(3), 303–316.

Rahma, M., Susanti, R., & Melilinda, M. (2023). Meningkatkan mutu peserta didik melalui pengimplementasian nilai-nilai Pancasila dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(01), 64–75. DOI: https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.207

Ruyadi, Y. (2022). Basic competency of Pancasila ideological education for elementary school in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 41(3), 703–718. https://doi.org/10.21831/cp.v41i3.45918

Sarkadi. (2022). Integrating Character Education Into the RECE Learning Model Through Pancasila and Citizenship Education Subjects. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.841037 DOI: https://doi.org/10.3389/feduc.2022.841037

Sukriono, D. (2020). Using massive open online course (MOOC) on pancasila education increasing students’ score. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(12), 138–148. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I12.15593 DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v14i12.15593

Sutopo, S. (2020). Pancasila ethics and culture-based education model for vocational high school. Journal of Physics: Conference Series, 1446(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1446/1/012055 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1446/1/012055

Titaley, J. A. (1997). Theological Education in the Pancasila Society of Indonesia. Studies in World Christianity, 3(2), 226–239. https://doi.org/10.3366/swc.1997.3.2.226 DOI: https://doi.org/10.3366/swc.1997.3.Part_2.226

Wahyono. (2018). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan pembelajaran di SDN 1 Sekarsuli. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 2 Tahun ke-7, 133–139.

Yuliatin. (2021). Character education based on local wisdom in Pancasila perspective. Journal of Legal, Ethical and Regulatory Issues, 24, 1–11.

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Sella, F. A., Estetika, M. V., Putri, R. T., Utami, R. U., & Siregar, W. M. (2024). Kurangnya Implementasi Sila Pertama Pancasila pada Siswa SD Negeri 106811 Bandar Setia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.486

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)