Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VI-B SDN 060932 Medan Amplas
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.503Keywords:
Nilai-Nilai Pancasila, Pendidikan Karakter, Pancasila, ToleransiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa di SDN 060932 Medan Amplas. Melalui wawancara dengan Nuria Novita, S.Pd., GR. Guru wali kelas VI-B, penelitian ini menemukan bahwa nilai-nilai Pancasila telah diintegrasikan dengan baik melalui praktik sehari-hari seperti doa bersama, kerja sama di kelas, dan penghargaan terhadap perbedaan. Pengajaran toleransi berhasil, terlihat dari kemampuan siswa dari berbagai agama untuk hidup berdampingan secara harmonis. Meskipun tidak ada hambatan signifikan dalam mengajarkan Pancasila, tantangan utama adalah memastikan siswa terus mengamalkan nilai-nilai tersebut secara konsisten. Upaya guru dalam memberikan nasihat, memperkuat disiplin, mengajarkan cinta tanah air, dan menjadi panutan adalah langkah penting dalam membentuk karakter siswa yang Pancasilais. Kolaborasi dengan orang tua turut memperkuat internalisasi nilai-nilai Pancasila. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan praktis dalam pengajaran Pancasila di sekolah dasar efektif dalam membentuk karakter siswa yang baik dan toleran serta menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan harmonis.
References
Arrdhani, M. D., Utaminigsih, I., Ardana, I., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Gema Keadilan, 1-12. DOI: https://doi.org/10.14710/gk.2022.16167
Arum, W. S., Fahri, M., Amelia, N., & Waitini, S. (2023). Implementasi pekembangan ilmu dan teknologi dalam pendidikan karakter Pancasila. Tecnomedia Journal, 18-28. DOI: https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1SP.2008
Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi nilai-nilai Pancasila bagi siswa di era globalisasi. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 440-450. DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1076
Benawa, A. (2023). The Significance Influence of Pancasila Education and Religion Education on the Formation of Pancasila Student Profile by Hybrid Learning. E3S Web of Conferences, 426. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202342601068 DOI: https://doi.org/10.1051/e3sconf/202342601068
Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam lembaga pendidikan. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(1), 54-65. DOI: https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp54-65
Handitya, B. (2019). Menyemai nilai Pancasila pada generasi muda cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2).
Harefa, A. (2011). Implementasi Pancasila sebagai dasar filsafat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Humaniora, Sains, dan Pembelajarannya, 5(2), 437-451.
Hidayanti, L., & Natajaya, I. N. (2019). Implementasi nilai-nilai Pancasila pada siswa MAN 1 Buleleng tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 3(3).
Kartini, D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila dalam pendidikan sekolah dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 113-118.
Karyadi, A. C. (2020). Bakar batu culture as a reflection of pancasila ideology at early childhood education. Utopia y Praxis Latinoamericana, 25, 442–453. https://doi.org/10.5281/zenodo.3987659
Kusdarini, E. (2020). The implementation of pancasila education through field work learning model. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 359–369. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31412 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31412
Maisyaroh, M. (2023). Strengthening character education planning based on Pancasila value in the international class program. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(1), 149–156. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.24161 DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.24161
Muchtar, M., Mahanani, P., & Rosyadi, M. I. (2017). Pemahaman mahasiswa PGSD terhadap implementasi nilai-nilai Pancasila. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 24(2), 180-186.
Nishimura, S. (1995). The development of Pancasila moral education in Indonesia. Southeast Asian Studies (Kyoto), 33(3), 303–316.
Ruyadi, Y. (2022). Basic competency of Pancasila ideological education for elementary school in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 41(3), 703–718. https://doi.org/10.21831/cp.v41i3.45918
Sarkadi. (2022). Integrating Character Education Into the RECE Learning Model Through Pancasila and Citizenship Education Subjects. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.841037 DOI: https://doi.org/10.3389/feduc.2022.841037
Sasmito, Y. A., & Fathoni, A. (2019). Implementasi nilai-nilai Pancasila untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di SDN 03 Ngemplak (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sukriono, D. (2020). Using massive open online course (MOOC) on pancasila education increasing students’ score. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(12), 138–148. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I12.15593 DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v14i12.15593
Sutopo, S. (2020). Pancasila ethics and culture-based education model for vocational high school. Journal of Physics: Conference Series, 1446(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1446/1/012055 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1446/1/012055
Triyanto, T., & Fadhilah, N. (2018). Penguatan nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(2), 161-169. DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v15i2.20709
Tyarylla, D. S., Azhima, L. U., & Saputri, Y. A. (2023). Pancasila sebagai dasar negara di Indonesia, 1-7.
Yuliatin. (2021). Character education based on local wisdom in Pancasila perspective. Journal of Legal, Ethical and Regulatory Issues, 24, 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dhea Nanda Lazuarni, Khairunnisa Nasution, Sri Rahayu, Wulandari Wulandari, Yurika Wihelmina, Waliyul Maulana Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.