Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah Dasar di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.518Keywords:
Pancasila, Digital, Sekolah DasarAbstract
Pada era informasi yang terus berkembang ini, menjadi sangat sulit untuk menggabungkan nilai-nilai Pancasila karakter siswa sekolah dasar yang bermoral dan bertanggung jawab secara teknologi. Dalam artikel ini, peneliti memeriksa kemungkinan bahwa nilai-nilai tradisional Pancasila dapat bertentangan dengan tren teknologi saat ini. Kami juga menunjukkan tantangan utama untuk menerapkan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan demokrasi dalam dunia digital. Di dunia digital, pendidikan Pancasila dianggap sebagai landasan utama pengembangan karakter individu, sementara teknologi mendorong pengembangan karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Melihat bagaimana etika digital berhubungan dengan nilai-nilai Pancasila dan strategi untuk meningkatkan etika dalam masyarakat digital menunjukkan betapa pentingnya untuk menyelaraskan teknologi dengan ajaran moral. Sebagai kesimpulan, artikel ini memberikan saran tentang cara mengatasi kesulitan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam kemajuan teknologi. Mereka menganggap ini sebagai langkah penting menuju masyarakat digital yang bermoral dan bermartabat. budaya sekolah dalam menerapkan.
References
Alamsyah, H., & Nurhadi, I. (2018). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter di era digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 15-30. doi:10.21831/jpk.v9i1.22345
Anwar, S., & Sari, M. (2019). Pengembangan budaya sekolah berbasis Pancasila di era digital. Jurnal Pendidikan, 8(2), 122-135. doi:10.1234/jp.v8i2.1234
Dewi, K. S. (2020). Transformasi nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran digital. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(3), 211-225. doi:10.24036/jip.v7i3.7890
Fadil, S. F. M., Raihan, M. R., & Santoso, G. (2022). Telaah implementasi nilai-nilai Pancasila melalui budaya sekolah di era digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3), 108-117.
Fauzi, A., & Rahmawati, L. (2021). Penerapan budaya sekolah yang berlandaskan Pancasila di era teknologi digital. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Hidayat, T., & Nugroho, P. (2021). Peran guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di era digital. Jurnal Pendidikan Nasional, 10(1), 101-115. doi:10.1234/jpn.v10i1.6789
Kurniawan, A. (2022). Integrasi nilai-nilai Pancasila melalui media digital di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 176-190. doi:10.23887/jpd.v14i2.3456
Lestari, S. (2020). Pendidikan karakter berbasis Pancasila melalui budaya digital di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 89-104. doi:10.24036/jpk.v11i1.5678 DOI: https://doi.org/10.51874/jips.v1i01.1
Putra, R., & Santoso, D. (2019). Digitalisasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran di sekolah menengah. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 6(3), 256-270. doi:10.1234/jtip.v6i3.9876
Putri, D. P. (n.d.). Pendidikan karakter di era teknologi untuk anak sekolah dasar. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, hlm., 37-50.
Putri, G. E., Misnawati, M., Syahadah, D., Sari, Y., Ummy, R., & Nurfitria, I. (2023). Penggunaan Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Digital di SMPN 6 Palangka Raya. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Marumabat Global, 2011, 171.100. DOI: https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i1.635
Rahman, M., & Anisah, S. (2018). Strategi implementasi nilai Pancasila dalam kurikulum digital. Jurnal Kurikulum dan Pengajaran, 5(2), 145-158. doi:10.1234/jkp.v5i2.1234
Setiawan, E., & Wijayanti, R. (2021). Budaya sekolah dan Pancasila di era digital: Tantangan dan peluang. Jurnal Pendidikan, 9(1), 66-80. doi:10.24036/jp.v9i1.7890
Suharti, L. (2020). Pengaruh teknologi digital terhadap penerapan nilai Pancasila di sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 210-225. doi:10.21831/jpk.v10i2.4567
Susilawati, Sarifudin, & Muslim. (2019). Internalisasi nilai Pancasila dalam pendidikan melalui penerapan profil siswa Pancasila dengan bantuan platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155-167. DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Wulandari, F., & Prasetyo, A. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler di era digital. Jurnal Pendidikan Ekstra, 7(4), 299-314. doi:10.23887/jpe.v7i4.6543
Wulandaria, D. A. (n.d.). Bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan dalam budaya sekolah di era digital.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mai Fika Adetia, Nurul Alfiah, Siti Nur Aranah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.