Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Sekitar Terhadap Pemahaman Konsep IPA Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.711Keywords:
Discovery Learning, Lingkungan Sekitar, Pemahaman Konsep, IPA, SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar terhadap pemahaman konsep pada mata Pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan penggunaan desain nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV-A berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan IV-B berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian yaitu pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal uraian yang berjumlah 10 butir yang telah divalidasi oleh dua ahli dibidangnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji statistik non-parametik dengan uji Mann Whitney menunjukkan nilai Sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil uji n-gain pada kelas eksperimen diperoleh n-gain sebesar 0,617 dengan kategori sedang, dan pada kelas kontrol di peroleh n-gain sebesar 0,352 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep IPA pada siswa kelas IV SDN Cemengkalang tahun ajaran 2023/2024.
References
Batool, M., Ahmad, B., & Choi, S. (2019). A structure-based drug discovery paradigm. International Journal of Molecular Sciences. https://www.mdpi.com/1422-0067/20/11/2783 DOI: https://doi.org/10.3390/ijms20112783
Batra, K., Zorn, K. M., Foil, D. H., Minerali, E., & ... (2021). Quantum machine learning algorithms for drug discovery applications. Journal of Chemical …. https://doi.org/10.1021/acs.jcim.1c00166 DOI: https://doi.org/10.26434/chemrxiv.12781232
Fawzi, A., Balog, M., Huang, A., Hubert, T., & ... (2022). Discovering faster matrix multiplication algorithms with reinforcement learning. Nature. https://www.nature.com/articles/s41586-022-05172-4%3C/p%3E DOI: https://doi.org/10.1038/s41586-022-05172-4
Gusniwati, M. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Formatif Journal of Educational Science, 5(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165 DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165
Halawa, S., & Harefa, D. (2024). THE INFLUENCE OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BASED DISCOVERY LEARNING MODELS ON ABILITIES STUDENTS’MATHEMATICAL …. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Afore/article/download/1711/1135 DOI: https://doi.org/10.57094/afore.v3i1.1711
Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh penggunaan model discovery learning dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Journal of Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318
Huang, J., Dong, Q., Gong, S., & ... (2019). Unsupervised deep learning by neighbourhood discovery. … on Machine Learning. http://proceedings.mlr.press/v97/huang19b.html
Khasinah, S. (2021). Discovery learning: Definisi, sintaksis, keunggulan dan kelemahan. Mudarrisuna Journal of Islamic Religious Education Studies, 11(3), Art. no. 3. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821 DOI: https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821
Kirono, S., & Kom, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis IPA SD.
Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA SD. Penerbit Ediide Infografika.
Liu, Y., Guo, B., Zou, X., Li, Y., & Shi, S. (2020). Machine learning assisted materials design and discovery for rechargeable batteries. Energy Storage Materials. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2405829720302567 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ensm.2020.06.033
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep model discovery learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Journal Name, 4. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i1.109461
Miasari, N. P., Sumantri, M., & Renda, N. T. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA. Journal of Lesson Learning Studies, 3(2), Art. no. 2. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27452
Mutiara, F. B., Komikesari, H., & Asiah, N. (2019). Efektivitas model kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar fisika siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), Art. no. 1. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3980 DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3980
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA. Cakrawala Pendas Journal, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050 DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050
Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H. M., & Ali, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan media simulasi PhET terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Journal of Physics Education, 8(1), Art. no. 1. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2461 DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2461
Oktaviani, W., Chan, F., Hayati, D. K., & Syaferi, A. (2021). Meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran IPA melalui model discovery learning. Al Jahiz Journal of Biological Education Research, 1(2), Art. no. 2. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i2.2755 DOI: https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i2.2755
Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA siswa. Educational Science and Technology Journal (EST), 3(1), 9. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508 DOI: https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508
Patel, L., Shukla, T., Huang, X., Ussery, D. W., & Wang, S. (2020). Machine learning methods in drug discovery. Molecules. https://www.mdpi.com/1420-3049/25/22/5277 DOI: https://doi.org/10.3390/molecules25225277
Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat outdoor pada siswa kelas IV. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 9(2), Art. no. 2. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14412
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Journal of Education and Entrepreneurship, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20 DOI: https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Putri, N. M. C. D., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh model discovery learning berbantuan lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960
Ramsundar, B., Eastman, P., Walters, P., & Pande, V. (2019). Deep learning for the life sciences: applying deep learning to genomics, microscopy, drug discovery, and more. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=6OiRDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT19&dq=discovery+learning&ots=SxJL_IzVsH&sig=hFjn_dOluRVLJXRCa0BDgidwQLE
Rifaioglu, A. S., Atas, H., Martin, M. J., & ... (2019). Recent applications of deep learning and machine intelligence on in silico drug discovery: methods, tools and databases. Briefings in …. https://academic.oup.com/bib/article-abstract/20/5/1878/5062947 DOI: https://doi.org/10.1093/bib/bby061
Stokes, J. M., Yang, K., Swanson, K., Jin, W., Cubillos-Ruiz, A., & ... (2020). A deep learning approach to antibiotic discovery. Cell. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cell.2020.04.001
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Retrieved August 14, 2023, from //digilib.unigres.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D43
Syahrum, & Salim. (2014). Metodologi penelitian kuantitatif. Citapustaka Media.
Tumurun, S. W., Gusrayani, D., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sifat-sifat cahaya. Journal Title, 1(1).
Utami Dinur Ismi, Harmawati, & Haerudin. (2020). The influence of discovery learning model against understanding of science concepts in class V. Journal of Primary Education, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v1i1.896 DOI: https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v1i1.896
Wang, H., Fu, T., Du, Y., Gao, W., Huang, K., Liu, Z., & ... (2023). Scientific discovery in the age of artificial intelligence. Nature. https://www.nature.com/articles/s41586-023-06221-2 DOI: https://doi.org/10.1038/s41586-023-06221-2
Wu, S., Kondo, Y., Kakimoto, M., Yang, B., & ... (2019). Machine-learning-assisted discovery of polymers with high thermal conductivity using a molecular design algorithm. Npj Computational …. https://www.nature.com/articles/s41524-019-0203-2 DOI: https://doi.org/10.1038/s41524-019-0203-2
Yusuf, M. (2018). Pengantar ilmu pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo. Retrieved from http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5829/1/Pengantar%20ilmu%20pendidikan.pdf
Zhong, M., Tran, K., Min, Y., Wang, C., Wang, Z., Dinh, C. T., & ... (2020). Accelerated discovery of CO2 electrocatalysts using active machine learning. Nature. https://www.nature.com/articles/s41586-020-2242-8 DOI: https://doi.org/10.1038/s41586-020-2242-8