Analisis Kebutuhan Siswa serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.827Keywords:
Kebutuhan Siswa, Kesiapan Belajar, Pendekatan BerdiferensiasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan dan kebutuhan belajar siswa. Temuan dari penelitian ini akan digunakan untuk mengidentifikasi elemen spesifik dari pendekatan pembelajaran yang dibedakan untuk diintegrasikan ke dalam kurikulum. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian difokuskan pada siswa SDK Mataia sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan siswa tergolong tinggi dengan pencapaian rata-rata sebesar 81%, sedangkan kesiapan belajar berada pada tingkat baik dengan pencapaian rata-rata sebesar 80%. Menganalisis kebutuhan dan kesiapan siswa untuk belajar sangat penting bagi guru ketika memilih materi dan pendekatan pembelajaran yang sesuai. Memanfaatkan pendekatan yang berbeda merupakan cara yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan dan kesiapan belajar siswa. Penggunaan pendekatan yang berbeda dapat secara efektif memenuhi kebutuhan dan kesiapan belajar siswa, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
References
Alhafis, N. (2022). Analisi Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajarn Berdifensiasi di SMP 23 Pekan Baru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(8). DOI: https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.946
Aminuriyah, S., Markhamah, & Sutama. (2022). Pembelajaran Berdifrensiasi: Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(2), 89-100.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdifrensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Matematika SD. Cendekia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.
Apserini, S. V., & Barlianty, L. (2022). Kesiapan Belajar Siswa Kelas IV B di Sekolah Dasar Negeri Kuta Jaya II Kecamatan Pasar Kemis. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2, 164-169.
Devianti, R., & Sari, S. L. (2020). Urgensi Analisis Peserta Didik terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Al Aulia, 6(1), 21-36.
Effendi. (2017). Hubungan Readiness (Kesiapan) Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas IX SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, 5, 15-24. DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v5i1.740
Fitra, D. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Materi Tata Surya di Kelas VIII. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5, 278-290. DOI: https://doi.org/10.31258/jta.v5i2.278-290
Hadi, W., Wuriyani, E. P., Yuhadi, A., & Agustina, R. (2022). Desain Pembelajaran Berdifernsiasi Bermuatan Problem Based Learning (PBL) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa pada Daerah Kenormalan Baru Pasca Pandemi Covid-19. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 1, 56-68. DOI: https://doi.org/10.24114/bss.v11i1.33852
Handayani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdifrensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik/Filosofis. Jurnal Basi Cedu, 6(4), 5817-5826. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116
Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Isrotun, U. (2022). Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu, 2(2). DOI: https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.184
Juari, E. W. D. R. A., & Nugraheni, N. (2024). Analisis Kesiapan Belajar Siswa pada Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 43-51. DOI: https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i1.16064
Jumarsin. (2019). Variabel-Variabel Relasional Kesiapan Belajar Peserta Didik di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Shautut Tarbiyah, 25(1), 84-107. DOI: https://doi.org/10.31332/str.v25i1.1361
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Afifa Utama: Padang.
Nuryidayati, U. (2022). Menempa Kompetensi dan Peran Guru Penggerak dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 8(3), 1913-1922.
Pane, R. N., Lunbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdifrensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Bullet: Jurnal Multi Disiplin Ilmu, 1(3), 173-180.
Putri, S. (2017). Analisis Kesiapan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Biologi secara Online pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nucleus, 7(1), 177-185. DOI: https://doi.org/10.36987/jpbn.v7i1.1915
Rifqiyah, F., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Kesiapan Belajar Siswa untuk Pemenuhan Capaian Kurikulum Merdeka dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(2), 145-157. DOI: https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i2.16052
Selameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Subhan. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdifrensiasi untuk Mewujudkan Merdeka Belajar melalui Loka Karya di SMPN 3 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7(1), 48-54.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhelma, S., Halidjah, S., & Ghasya, D. A. V. (2020). Korelasi dan Motivasi dan Kesiapan dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Untan Pontianak.
Sukamandidata, & Sayodiha. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suviana. (2021). Motivasi dan Kesiapan Belajar dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Journal of Education and Language Research, 1(4). DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38899
Wahyuningsari, et al. (2022). Pembelajaran Berdifrensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jendela Pendidikan, 2(4), 529-535. DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maria Magdalena Dhera, Edeltrudis Ti'a, Yosevina Uge Lawe, M. Ignasia S. Sego

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.