Profil Kemampuan Numerasi pada Siswa Kelas IV di SDN Watuwula
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.839Keywords:
Kemampuan Numerasi, siswa, SDAbstract
Profil siswa memberikan ringkasan kemampuan numerik dasar mereka, yang mencakup kapasitas mereka untuk mengidentifikasi simbol angka dan melakukan operasi matematika dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kemampuan berhitung siswa kelas IV SDN Watuwula. Pendekatan kualitatif digunakan untuk penelitian ini, menggunakan metode studi kasus. Peserta dalam penelitian ini termasuk 5 siswa kelas empat dan guru wali kelas mereka. Studi ini menggunakan tes dan wawancara sebagai sarana pengumpulan data. Temuan menunjukkan bahwa ada 2 siswa di level 3 dan 3 siswa di level 4. Pada topik kemampuan perhitungan dasar, rata-rata siswa dapat melakukan penjumlahan dan pengurangan. Mengenai perkalian, 3 siswa telah menunjukkan kemahiran dalam memecahkan masalah perkalian. Pertanyaan tentang pembagian telah membingungkan semua siswa meskipun mereka mampu menangani operasi perhitungan dasar lainnya. Guru berusaha untuk memotivasi, memanfaatkan beragam pendekatan pengajaran, menilai kemajuan siswa, dan memasukkan materi pendidikan dalam pembelajran berhitung.
References
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020, July). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929 DOI: https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929
Cahayani, N.N., Witono, A.H., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Iii SDN 2 Kuta Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 534-538. https://doi.org/10.29303/jipp.7i2b.546 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.546
Ekowati, Dyahworowirastri & Suwandayani, Betiistanti. (2019). Literasi Numerasi untuk Sekolah Dasar. https://www.gogle.com.id/boks/edition/LITERASI_NUMERASI_UNTUK_SEKOLAHDASR/2bLpDwAAQBAJ?hl=id&gbpw=1&dq=literasi+numerasi+untuk+sekolah+dasar+&printsect=frontcover
Feriyanto, F. (2022). Strategi penguatan literasi numerasi matematika bagi peserta didik pada kurikulum merdeka belajar. Jurnal Gammath, September, 86, 94.
Fitriana, M. A., & Sukarto, S. (2022, December). Analisis kemampuan numerasi dalam memecahkan masalah matematika di sekolah dasar. Jupe: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4368 DOI: https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4368
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., ... & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi.
Kemdikbud. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. http://dippsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2%20modul%20literasi%20numerasi.pdf
Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021, November). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas II sekolah dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48 DOI: https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48
Latifah, D.N. (2021). Implementasi Teori Pembelajaran Kontruktivisme pada Pembelajaran PAI di SDN 05 Tubanan-Kembang-Jepara. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 22-31. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/download/2586/788
Lubaidi, W., Darmiany, D., Setiawan, H., & Umar, U. (2022, October). Profil kemampuan numerasi peserta didik kelas V MI. Minhajussa’adah tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1944–1950. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.862 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.862
Maulidina, A. P. (2019, July). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61–66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408 DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408
Mayani, N., Witono, A. H., & Asrin, A. (2022, December). Kemampuan numerasi siswa kelas IV SDN 2 Selebung tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.975 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.975
Ndakularak, l.L., Randjawali, E., Nggaba, E.M., Bima, A.s., Ina, T.Y., Ishak, D.D., Rinawati, Y. (2023). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi di Malumbi Kabupaten Sumba Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 17-27. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2383 DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2383
Susriyanti, S., Yeni, V., & Yulasmi, Y. (2022). Implementasi dan Aplikasi Literasi Numerasi di SDN 20 Labuhan Tarok, Bungus Teluk Kabung, Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 1-6. https://doiorg/10.54099/jpma.w1i3.141 DOI: https://doi.org/10.54099/jpma.v1i3.141
Wahyu Adinda, D., Nurhasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2022, July). Profil kemampuan numerasi dasar siswa sekolah dasar di SDN Mentokan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1066–1070. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.700 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.700
Yolanita, C., & Ruswendi, A. (2024, August). Analisis kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(3), 464–470. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i3.1464 DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i3.1464
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Melkior Wewe, Yosefa Kafain Owa, Yosefania Una

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.