Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Rahmawati Eka Saputri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Cagiva Aqilla Salsabilla Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dwi Nurazizah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nabila Azahra Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.1139

Keywords:

Dampak Gadget, Interaksi Sosial, Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar

Abstract

Penggunaan gadget berdampak secara langsung bagi perkembangan sosial anak. Di era saat ini teknologi dapat dengan mudah mengambil ahli masuk di seluruh wilayah dan berkembang dengan sangat cepat. Gadget digunakan hampir pada semua kalangan dari orang tua hingga anak-anak muda. Pada zaman ini gadget menjadi pusat utama perhatian banyak digunakan oleh kalangan anak-anak Sekolah Dasar. Gadget adalah sebuah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis. Penulisan jurnal ilmiah ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis dampak dari penggunaan gadget bagi perkembangan sosial anak sekolah dasar. Analisis mengkaji dengan literatur yang memiliki kaitan dengan topik pembahasan. Dengan menggunakan Metode Observasi Partisipatif anak-anak secara langsung dengan interaksi sosial dengan siswa. Hasil penelitian yang diperoleh penggunaan gadget kebanyakan anak lebih menggunakannya untuk bermain. Dari hal kecil ini, anak yang awalnya senang bermain dengan temannya dapat berubah dengan terbiasanya diberikan gadget  sebagai pengganti teman bermain. 

References

Ariston, Yummi, and Frahasini Frahasini. "Dampak penggunaan gadget bagi perkembangan sosial anak sekolah dasar." Journal of Educational Review and Research 1.2.(2018): 86-91. DOI: https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1675

Asiah, S. N., Pranoto, B. A., Sunarsih, D., & Triputra, D. R. (2022). Faktor Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 465-474.

ASIAH, Sinta Nur, et al. Faktor Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022, 8.17: 465-474.

Novitasari, N. ”Strategi pendampingan orang tua terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak”. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), (2019) :3(2), 167-188.

Novitasari, Nurul. Strategi pendampingan orang tua terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), (2019), 3.2: 167-188. DOI: https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77

Saputri, Rieke Dyah Ramadhani, and Agung Setyawan. "Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar." AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal) 3.1 (2022): 24-31. DOI: https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.109

Sipayung, R., Silaban, P. J., Siregar, H. A., Tamba, M., Simamora, A., Gaol, M. A. L., & Panjaitan, D. (2024). Sosialisasi Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kabar Masyarakat, 2(1), 97-100.

Sipayung, Regina, et al. "Sosialisasi Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar." Jurnal Kabar Masyarakat 2.1 (2024): 97-100.

Sipayung, Regina, et al. Sosialisasi Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kabar Masyarakat, (2024) : 2.1: 97-100. DOI: https://doi.org/10.54066/jkb.v2i1.1557

Downloads

Published

2024-11-18

How to Cite

Saputri, R. E., Salsabilla, C. A., Nurazizah, D., & Azahra, N. (2024). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.1139

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)