Pengaruh Projek P5 Berbasis Isu Lingkungan Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nabila Artia Nada Universitas Siliwangi
  • Reva Nisa Kamilah Universitas Siliwangi
  • Ichsan Fauzi Rachman Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1604

Keywords:

Projek P5, Pendidikan Lingkungan, Membaca Komprehensif, Pembelajaran Berbasis Proyek, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana integrasi isu lingkungan dalam P5 dapat berkontribusi terhadap peningkatan kemampuan membaca komprehensif siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis artikel jurnal nasional dan internasional, laporan pendidikan, serta dokumen kurikulum yang relevan dengan implementasi P5, literasi lingkungan, dan keterampilan membaca pada jenjang dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa kegiatan proyek bertema lingkungan, seperti pembuatan ecobrick, poster edukasi, dan kampanye pengelolaan sampah, melibatkan siswa dalam aktivitas membaca yang bermakna. Aktivitas tersebut mencakup membaca artikel, infografis, dan petunjuk teknis yang berkaitan dengan isu lingkungan. Kegiatan ini memperkuat kemampuan siswa dalam memahami, menafsirkan, dan mengaplikasikan informasi dari berbagai jenis teks. Integrasi isu lingkungan dalam P5 tidak hanya mendukung pembentukan karakter peduli lingkungan, tetapi juga menjadi sarana efektif untuk mengembangkan keterampilan membaca komprehensif dalam konteks yang relevan dan aplikatif.

References

Aryani, W. D., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 71-82.

Baga, S., Khoiri, A., Aqil, D. I., Taufiqurrahman. (2024). Kondisi Pendidikan Berbasis Perubahan Iklim Ditinjau dari Kesadaran Lingkungan di Sekolah. Jurnal Pendidikan MIPA, 3(14).

Central Connecticut State University (CCSU). (2016). World’s Most Literate Nations. Central Connecticut State University. Diakses dari https://www.ccsu.edu/mediaCenter/central-authors

Christiananda, F. R., Sugiana, N., & Rofisian, N. (2023). Implementasi Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. 2(4), 1048–1053.

Christiananda, F., Purwaningrum, N. S., & Rofisian, N. (2023). Implementasi Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 1048–1053. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.1368

Kanigara, W. W., Hutasori, R. H., Maulana, S. L., & Simajuntak, V. M. (2025). Strategi Efektif Meningkatkan Kemampuan Membaca Komprehensif. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 6(1).

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (2023). Laporan Status Lingkungan Hidup Indonesia 2023. Jakarta: KLHK.

Khusnia, M., Kholidah, N., & Pravitasari, D. (2022). Kesulitan Membaca Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas III Di SDN PUJO RAHAYU). Journal of Elementary School, 1(1), 32-44.

Kritis, B., Di, S., & Dasar, S. (n.d.). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5, 978–992.

Lena, M. S., Nisa, S., Taftian, L. Y. F., & Suciwanisa, R. (2023). Analisis Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 207-214.

Muharlisiani, L. T., Bariroh, S., Etiyaningsih, Sundari, S., Andrijanti, Susetyorini, Elan, U., Kusumaningrum, D., Farida, N., & Rahayu, D. I. (2019). Studi Kemampuan Membaca Secara Komprehensif dengan “Summarize dan Rewrite The Text”. Seminar Nasional Cendekiawan, 2(5).

OECD 2023. (2022). PISA PISA 2022 Results Malaysia. Journal Pendidikan, 10. https://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/malaysia-1dbe2061/

Oktapiani, R., Hasbi, M., & Atika, N. (2025). Pelaksanaan Program LIterasi Berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 127 Palembang. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 4(3).

Perfetti, C. A., & Stafura, J. Z. (2014). Word knowledge in a theory of reading comprehension. Scientific Studies of Reading, 18(1), 22–37. https://doi.org/10.1080/10888438.2013.827687

Puta, A. K., Oktavia, I. A., Kristanti, Q. V. D., Sari, N. Y., Amrullah, M. A., Nabilah, G. E. (2024). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Lingkungan Terhadap Literasi Lingkungan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 24(3).

Raiza, S., Surbaningrum, D., Lutfiana, R. F., & Ibrahim, M. M. (2025). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di SMPN 5 Kota Malang. 13(1), 54–63.

RevoEdu. (2023). Menyusun kajian literatur dengan 5 langkah mudah untuk hasil yang berkualitas. RevoEdu. https://revoedu.org/menyusun-kajian-literatur-dengan-5-langkah-mudah-untuk-hasil-yang-berkualitas/ (diakses 4 Mei 2025).

Satria, R., Adiprima, P., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta, 138.

Sikumbang, M., & Ramadan, Z. H. (2024). Pengaruh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Pada Kemampuan Bernalar Kritis Peserta Didik Kelas IV SDN 158 Pekanbaru. Jurnal Ilmu Pendidikan Progresif, 8(11), 85-86.

Siswa, M., & Al-ghozali, S. M. A. I. (2025). Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan. 5(1). https://doi.org/10.59818/jpi.v5i1.1366

Snow, C. E. (2002). Reading for understanding: Toward a research and development program in reading comprehension. RAND Corporation.

Suntoso, G., Damayanti, A., Murod, M., Susilahati, Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Poyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformasi (Jupetra), 2(1).

UNESCO. (2021). OUR FUTURES A new social. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000379707

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). (2022). Environmental education for a sustainable future. Paris: UNESCO. Diakses dari https://www.unesco.org/en/sustainable-development/education

United Nations Environment Programme (UNEP). (2022). State of the Environment Report 2022. Nairobi: UNEP. Diakses dari https://www.unep.org/resources/annual-report-2022

Yolanda, A., Sihotang, M., Zebua, J. A., Hutasoit, M., & Sinaga, Y. L. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 301-308.

Downloads

Published

2025-05-26

How to Cite

Nabila Artia Nada, Nisa Kamilah, R., & Fauzi Rachman, I. (2025). Pengaruh Projek P5 Berbasis Isu Lingkungan Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1604

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.