Aplikasi Android Modul Pancasila Kelas 1 untuk Pengajaran Sekolah Dasar

Authors

  • Aisyah Amdalina Efliriani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Mahardika Darmawan Kusuma Wardhana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.713

Keywords:

Pancasila, Platform Android, Pendidikan Dasar, Modul Pengajaran, Pembelajaran Mandiri

Abstract

Penelitian ini menyajikan pengembangan modul pengajaran Pancasila Fase A pada platform Android yang dirancang untuk siswa kelas 1 sekolah dasar, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan matematika dasar mereka melalui pelajaran pendidikan Pancasila. Dengan menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan menggunakan model ADDIE, penelitian ini memberikan hasil yang menjanjikan. Kualitas dokumen mendapat skor 100%, dengan nilai 90%, sementara bahan ajar mendapat skor 91,66%, memenuhi kriteria “sangat bernilai”. Tingkat respons siswa terhadap kuesioner adalah 94,86%, yang menunjukkan kepraktisan yang tinggi. Efektivitas modul elektronik Pancasila ditemukan tinggi, dengan peningkatan yang signifikan pada nilai pre-test dan post-test siswa (N-Gain = 0,72). Modul elektronik berbasis Android ini menunjukkan validitas, kepraktisan, dan efektivitas sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas 1 SD, sehingga dapat mengatasi kesenjangan pengetahuan yang ada dan memberikan implikasi untuk praktik pendidikan di masa depan.

References

Aransyah, A., Herpratiwi, H., Adha, M. M., & ... (2023). Implementasi Evaluasi Modul Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak Terhadap Peserta Didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Teknologi …. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jtp/article/view/6424 DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6424

Budiono, A. N. (2023). Analisis persepsi komite pembelajaran dan praktik baik projek penguatan profil pelajar Pancasila pada kurikulum Merdeka. Journal on Education. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1278 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1278

F. K. N. Sari. (2022). Penerapan model Problem Based Learning (pembelajaran berbasis masalah) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kurikula Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i1.706 DOI: https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i1.706

F. M. M., Herlina, S., Suripah, S., & Dahlia, A. (2022). Pengembangan bahan ajar e-modul matematika berbantuan Flip Pdf Professional pada materi peluang kelas VIII SMP. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), 6(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5712 DOI: https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5712

Febriani, N. E., & Maureen, I. Y. (2022). Pengembangan multimedia interaktif materi geografis Indonesia tema ekosistem pada mata pelajaran tematik kelas V SD Negeri Datinawong. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan Unesa, 12(5), 1–9.

Febrianti, E., Ghasya, D. A. V, & ... (2023). PENGEMBANGAN MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS HYPERCONTENT DENGAN CANVA DI KELAS IV SD NEGERI 06 …. Jurnal Review …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/22352

Garini, R. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila di Kelas 1 SD Negeri 2 Ngijo. repository.unisma.ac.id. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9058

Gianistika, C. (2023). Pendampingan menyusun modul proyek penguatan profil pelajar pancasila melalui in house Training. Jurnal Bakti Tahsinia. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JBT/article/view/270

Hidayat, N. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung. DOI: https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

J. Pendidikan, et al. (2011). Pengembangan media interaktif berbasis Quizizz pada pembelajaran benda dan kegunaannya mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar Ranti Cahyaningtyas, 1295–1305.

Larasati, D. E. (2022). Pengembangan buku saku digital berbasis Android mata pelajaran PPKn kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 139–148. https://doi.org/10.17977/um019v7i1p139-148 DOI: https://doi.org/10.17977/um019v7i1p139-148

Malik, A., & Chusni, M. (2013). Pengantar Statistika Pendidikan. A Psicanálise Dos Contos de Fadas, Tradução Arlene Caetano.

Manalu. (2023). Evaluasi program Mudah Transaksi dan Transportasi (Mutrans) di Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Tebing Tinggi (Skripsi).

Mila, L. A. (2019). Pengembangan media berbasis Android pada pembelajaran matematika realistik (Skripsi). FTK UINSA.

Mukhlishina, I., Danawati, M. G., & ... (2023). Penerapan modul ajar sebagai implementasi kurikulum merdeka pada siswa kelas IV di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Jurnal Pengabdian …. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/675

Mulyani, S., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2023). Analisis implementasi profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP Unma. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/5515 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5515

Nurwardani, Paristiyanti, et al. (2016). Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Pd, Y. M., Ngui, H. H., & Ladamay, I. (2023). Pengembangan E-Modul Pendidikan Pancasila Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Kelas Iv Sekolah Dasar. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi …. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/4893

Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Sekretariat Negara RI.

Prastika, P. P. M., Wulandari, I., & Wiarta, I. W. (2024). E-Modul Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas III SD. Journal on Education. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5206

Purani, N. K. C., & Putra, I. (2022). Analisis kesiapan guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di SDN 2 Cempaga. … Dasar Rare Pustaka. https://www.jurnal.markandeyabali.ac.id/index.php/rarepustaka/article/view/125 DOI: https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i2.125

R. M. Abarca. (2021). Sugiyono- Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Nuevos sistemas de comunicación e información.

Ramadhan, W., Meisya, R., Jannah, R., & ... (2023). E-modul pendidikan pancasila berbasis canva berbantuan flip pdf profesional untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pemikiran Dan …. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/27262 DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i2.27262

Riduwan, E. A. K. (2008). Cara Menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Alfabeta.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. CVAlfabeta.

Rohani. (2020). Pengembangan sistem pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013 menggunakan model ADDIE pada anak usia dini. Jurnal Instruksional, 1. DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. P. T. (2015). Pengembangan buku ajar model penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan ADDIE model. Jurnal Ika, 11(1).

Triana, H., Yanti, P. G., & Hervita, D. (2023). Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah …. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/4644 DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4644

Widana, I. W., Sumandya, I. W., & ... (2022). Implementasi metode STAR untuk meningkatkan kemampuan guru mengembangkan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila. Jurnal PkM (Pengabdian …. https://www.researchgate.net/profile/I-Wayan-Widana/publication/367407125_IMPLEMENTASI_METODE_STAR_UNTUK_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_GURU_MENGEMBANGKAN_MODUL_PROJEK_PENGUATAN_PROFIL_PELAJAR_PANCASILA/links/647d715579a72237651173f2/IMPLEMENTASI-METODE-STAR-UNTUK-MENINGKATKAN-KEMAMPUAN-GURU-MENGEMBANGKAN-MODUL-PROJEK-PENGUATAN-PROFIL-PELAJAR-PANCASILA.pdf DOI: https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i6.15621

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Efliriani, A. A., & Wardhana, M. D. K. (2024). Aplikasi Android Modul Pancasila Kelas 1 untuk Pengajaran Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 1–13. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.713

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.