Upaya Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMPN 4 Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.416Keywords:
Kompetensi Guru, SMPN 4 Sidoarjo, Total Quality ManagementAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan kualitas guru melalui profesionalisme. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah dan wali kelas sebagai narasumber. Berdasarkan penelitian ini, dapat dipahami bahwa pengembangan profesionalisme guru dapat dilakukan dengan berbagai cara. Profesionalisme guru dapat diukur melalui kepribadian, kemampuan pedagogik, dan kompetensi sosial. Guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mampu memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Peran kepala sekolah juga penting dalam meningkatkan profesionalisme guru. Kepala sekolah dapat melakukan supervisi dan mengevaluasi kinerja guru agar kinerja guru dapat lebih berkembang.
References
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047 DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099 DOI: https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647
Atmuji, S., & Suking, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Sosial, Kompetensi Profesional dan Perilaku Guru Dalam Mengajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran pada SMA Negeri di Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai. Jurnal Kependidikan, 12(1), 1–12.
Fauzi, F. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Supervisi Klinis. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(02), 109–128. http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana/article/view/47%0Ahttps://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana/article/download/47/28
Fitriani, S. (2020). Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 20(2), 179–192. https://doi.org/10.24042/ajsk.v20i2.5489 DOI: https://doi.org/10.24042/ajsk.v20i2.5489
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10 DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Latiana, L. (2019). Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik. Edukasi, 1(3), 1–16. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/. · PDF file
Nurul, H. (2018). Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 1–13. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht DOI: https://doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018
Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif, 7(1), 206–231.
Ratnasari, Y. T. (2019). Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Seminar Nasional-Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0, 4. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/download/4890/2888/22383
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993 DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30 DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
Sulfemi, W. B. (2019). Kemampuan pedagogik guru. 1(1), 75–86. https://osf.io/preprints/inarxiv/wnc47/ DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/wnc47
Susanto, A. T., & Muhyadi, M. (2016). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(2), 151. https://doi.org/10.21831/amp.v4i2.8029 DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v4i2.8029
Sutrisno. (2022). Guru Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era. ZAHRA: Research And Tought Elmentary School of Islam Journal, 3(1), 52–60. https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/ZAHRA/article/view/409 DOI: https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409
Syukur, M. (2018). Pengembangan Profesionalisme Pendidik Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 167–184. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.220 DOI: https://doi.org/10.30868/im.v1i01.220
Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.89 DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.89
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Habib Rohmatulloh, Florencya Agatha Damashita, Fithri Annisaul Jannah, Syunu Trihantoyo, Nuphanudin Nuphanudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.