Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PKN di SDN 1 Sukoharjo

Authors

  • Eliza Sari Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Ruli Nurlita Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1713

Keywords:

Media Pembelajaran, Pop Up Book, Hasil Belajar, PKN, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat sejauh mana pengaruh media pop up book dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di SDN 1 Sukoharjo. Permasalahan yang diangkat berkaitan dengan rendahnya capaian belajar peserta didik serta kurangnya variasi media pembelajaran yang menarik. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Subjek penelitian berjumlah 60 anggota kelas V yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang diterapkan meliputi tes hasil belajar dan lembar observasi. Temuan penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Kelompok eksperimen yang memakai media pop up book memperoleh rata-rata nilai post-test sebesar 82,5, sedangkan kelompok kontrol memperoleh rata-rata 71,3. Hasil uji signifikansi menunjukkan nilai 0,000 yang ada di bawah batas 0,05. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa pemakaian media pop up book berpengaruh positif terhadap kenaikan hasil belajar PKN siswa sekolah dasar.

References

Anggraini, W. (2019). Development of Pop-Up Book Integrated with Quranic Verses Learning Media on Temperature and Changes in Matter. Journal of Physics Conference Series, 1155(1), ISSN 1742-6588, https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012084

Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bluemel, N. L., & Taylor, R. H. (2021). Pop-up books: A guide for teachers and librarians. Santa Barbara: Libraries Unlimited.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2019). Self-determination theory: Basic psychological needs in motivation, development, and wellness. New York: Guilford Publications.

Dzuanda, B. (2019). Perancangan buku cerita anak pop-up "Dongeng si Kancil". Jurnal Desain Komunikasi Visual, 7(2), 15-25.

Elmunsyah, H. (2019). Interactive learning media innovation: Utilization of augmented reality and pop-up book to improve user's learning autonomy. Journal of Physics Conference Series, 1193(1), ISSN 1742-6588, https://doi.org/10.1088/1742-6596/1193/1/012031

Fazira, S.K. (2021). Development of Pop-up Book Mathematics Learning Media on Polyhedron Topics. Journal of Physics Conference Series, 1957(1), ISSN 1742-6588, https://doi.org/10.1088/1742-6596/1957/1/012005

Fitriani, S. (2022). Efektivitas penggunaan media pop up book terhadap kemampuan membaca siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 45-58.

Fitriyah, I.J. (2024). Development of pop-up book-based learning media on human digestive system materials for class VIII junior high school students. Aip Conference Proceedings, 3106(1), ISSN 0094-243X, https://doi.org/10.1063/5.0215206

Hamalik, O. (2018). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanudin, C. (2021). IbisPaint X Apps in Creating Collaborative 3D Learning media of Pop-Up and Movable Books. Journal of Physics Conference Series, 1764(1), ISSN 1742-6588, https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012131

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2020). Media pembelajaran: Manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mayer, R. E. (2014). The Cambridge handbook of multimedia learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Ningtiyas, P. W. (2021). Pengaruh penggunaan media pop up book terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kedungpring 1 Lamongan. Elementary School

Puspitaningrum, D.A. (2023). The Effect of Pop Up Book Learning Media on Student's Understanding About Multicultural Education in Growing Tolerance Value. Aip Conference Proceedings, 2679, ISSN 0094-243X, https://doi.org/10.1063/5.0111290

Reid-Walsh, J. (2017). Interactive books: Playful media before pop-ups. Interactive Books Playful Media Before Pop Ups, 1-253, https://doi.org/10.4324/9780203797099

Sunarti (2023). The effectiveness of pop-up book media in learning reading skills of grade II elementary school. Cakrawala Pendidikan, 42(2), 493-506, ISSN 0216-1370, https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.50381

Susilo, T. (2018). Developing A Media 'Visual Design of Pop Up Mathematics Book' as a Supporting Tool in Inquiry-Based Learning for Learning Three-Dimensional Figures. Journal of Physics Conference Series, 1108(1), ISSN 1742-6588, https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012029

Usman, H. (2025). Development of Pop-Up Book Media Based on Project-Based Learning to Enhance the Writing Skills of Elementary School Students in Indonesia. Aip Conference Proceedings, 3142(1), ISSN 0094-243X, https://doi.org/10.1063/5.0262030

Zainal, Z. (2025). Development of Pop-Up Book Geometry Integrated with Quick Response Code for Elementary Students. Aip Conference Proceedings, 3142(1), ISSN 0094-243X, https://doi.org/10.1063/5.0262335

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Sari, E., & Nurlita, R. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PKN di SDN 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i4.1713

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.