Strategi Islam dalam Pencegahan Bullying Anak-Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.734Keywords:
Bullying, Sekolah Dasar, IslamAbstract
Bullying merupakan masalah serius yang memengaruhi kesejahteraan anak-anak secara fisik, emosional, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dan menganalisis efektivitas serta dampak dari penerapan strategi berbasis Islam dalam mencegah kasus bullying di kalangan anak-anak sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan analisis literatur dalam kerangka penelitian kualitatif, dengan menelusuri dan menganalisis literatur terkait dari berbagai sumber yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam memberikan landasan yang kuat dalam membentuk lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan beradab. Dengan memahami dan menerapkan nilai-nilai Islam secara konsisten, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa secara holistik. Penerapan nilai-nilai Islam dalam pencegahan bullying bukan hanya merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, tetapi juga merupakan bagian integral dari pembentukan karakter siswa yang baik dan berkembang. Dengan demikian, langkah-langkah konkret dalam merancang kurikulum anti-bullying berbasis pada nilai-nilai Islam, melibatkan semua pihak terkait, serta memonitor dan mengevaluasi efektivitas strategi pencegahan, dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang berlandaskan pada prinsip-prinsip keadilan, kasih sayang, dan kesetaraan.
References
Afriany, S. (2024). PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PENCEGAHAN BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH ANAK USIA DINI. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 1, 294–309.
Asfika, S., Nuvitalia, D., & Putriyanti, L. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila melalui Habituasi di SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1702–1709.
Astuti, P. Y. (2023). Peran Guru dalam Menanamkan Pandangan Anti Bullying dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar Palengaan Laok. Larisa Penelitian Multidisiplin, 1(2), 8–15. DOI: https://doi.org/10.56393/sistemamong.v3i1.1563
Aswat, H., Onde, M. K. L. O., & Ayda, B. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9105–9117. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1897
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 93–100. DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55
Aziz, A., & Saifuddin, M. A. (2021). Bullying Dalam Perspektif Al-Quran (Studi Penafsiran Prof. Dr. Hamka Dalam Tafsifr Al-Azhar Terhadap QS Al-Hujurat: 11. Universitas Muhammadiyah Surakarta. DOI: https://doi.org/10.22373/jm.v11i4.4665
Borgen, N. T., Olweus, D., Kirkebøen, L. J., Breivik, K., Solberg, M. E., Frønes, I., Cross, D., & Raaum, O. (2021). The Potential of Anti-Bullying Efforts to Prevent Academic Failure and Youth Crime. A Case Using the Olweus Bullying Prevention Program (OBPP). Prevention Science, 22(8), 1147–1158. https://doi.org/10.1007/s11121-021-01254-3 DOI: https://doi.org/10.1007/s11121-021-01254-3
Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39–48. DOI: https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526
Diana, R. (2023). TINDAK PERUNDUNGAN: BULLYING DI SEKOLAH DASAR DAN PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH DAN MENGATASINYA. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.58569/ilma.v2i1.720
Emilda, E. (2022). Bullying di pesantren: Jenis, bentuk, faktor, dan upaya pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198–207. DOI: https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2751
Fadil, K. (2023). Peran guru dalam penanaman sikap anti bullying verbal dalam pembelajaran PKN di sekolah dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 123–133. DOI: https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.411
Hairani, P., Rahman, A., & Putra, M. M. (2023). Peran Guru Dalam Mencegah Bullying Pada Anak Usia Dini di Paud Islam Baiturrahim Kelurahan Sidorejo Curup Tengah. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Hanif, M., & others. (2022). Kekerasan dalam Dunia Pendidikan (Studi Peran dalam Mencegah Bullying di SDN 2 Kalikesur Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas). Jurnal Kependidikan, 10(2), 301–324. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8201
Harbelubun, S. A., & Irnawati, I. (2021). Literature Review: Gambaran Bullying Pada Remaja. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 1, 1165–1171. DOI: https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.808
Ilham, M. R., Dermawan, D., Nuhfatunuha, S. A., Maslul, S., & others. (2024). Sosialisasi Pencegahan Tindakan Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar: Socializing Bullying Prevention for Elementary School. Harsa: Berkala Pengabdian Masyarakat, 1(2), 71–83.
Kartika, N. P., & Astutik, A. P. (2024). Strategi Sekolah Islam dalam Mencegah Perilaku Bullying. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(1), 406–414.
Mahmoud, S. A. A., & Al-Fahdawi, Z. A. D. (2023). The Method of Prophetic Sunnah in Dealing with Bullying. Res Militaris, 13(3), 2279–2297.
Mauzila, L. I. D. (2022). AL-QUR’AN MEMANDANG ISU ANTI BULLYING “Studi Penafsiran Tematik Ayat-Ayat Tentang Anti Bullying.” Al-Munir: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(01), 31–54.
Nashrulloh, A., Diana, A. K. W., Fitriani, D., & Sancaya, S. A. (2024). Penerapan Konseling Kelompok Melalui Teknik Assertive Training Untuk Mengatasi Korban Bullying. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 3, 191–198.
Nilasari, S., & Prahastiwi, E. D. (2023). Peran Bimbingan Konseling Islam dalam Meminimalisasi Bullying antar Teman di Lingkungan Sekolah. YASIN, 3(4), 650–663. DOI: https://doi.org/10.58578/yasin.v3i4.1284
Putra, G. N. E., & Dendup, T. (2022). Health and behavioural outcomes of bullying victimisation among Indonesian adolescent students: findings from the 2015 Global School-based Student Health Survey. Psychology, Health & Medicine, 27(3), 513–527. DOI: https://doi.org/10.1080/13548506.2020.1826546
Salamah, F. (2023). Peran Orang Tua dalam Pencegahan Bullying Pada Anak (Studi Literatur). Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif~….
Singh, S., Thompson, C. J., Kak, R., Smith, L. N., & Quainoo, N. (2021). Impact of Body Weight Perceptions and Electronic Bullying on Suicide-Related Risk Behaviors among Youth: Results from Youth Risk Behavior Surveillance System, 2015. Journal of School Health, 91(1), 29–36. DOI: https://doi.org/10.1111/josh.12974
Sufriani, S., & Sari, E. P. (2017). Faktor yang mempengaruhi bullying pada anak usia sekolah di sekolah dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 8(3).
Syahreny, N., Pohan, R. A., & others. (2020). Bimbingan Islami Dalam Mengatasi Perilaku Bully. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 1–6. DOI: https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v1i1.1478
Triana, M. M., Komariah, M., & Widianti, E. (2021). Gambaran kesejahteraan psikologis pada remaja yang terlibat bullying. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(4), 823–832.
Widayanti, C. G., & Siswati, S. (2009). Fenomena bullying di sekolah dasar negeri di semarang: sebuah studi deskriptif. Junal Psikologi Undip.
Yuli, Y. F., & Efendi, A. (2022). Psikoedukasi Upaya Mencegah dan Melawan Perundungan (Bullying & Cyberbullying) di SMP Unggulan Habibulloh. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 15–23. DOI: https://doi.org/10.55784/jompaabdi.v1i3.182
Zubaidi, Z., Miftachudin, M., & Banowati, S. A. P. (2024). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Melawan Bullying di Sekolah Dasar. Pemijar: Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Pembelajaran, 1(1), 13–24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sendy Annafi Rizqi, Siti Salsabila, Muhammad Bintang Hafiansyah, Muhib Rosyidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.