Analisis Karakter Siswa terhadap Prestasi Belajar

Authors

  • Rahmawati Eka Saputri Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Elsa Sapitri Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Ika Kartika Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Nadia Safira Putri Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.909

Keywords:

Karakter Siswa, Prestasi Belajar

Abstract

Berdasarkan analisis karakter prestasi belajar siswa, terdapat hubungan yang signifikan antara karakter siswa dengan hasil belajarnya. Pendidikan karakter merupakan nilai yang diperoleh dalam setiap manusia untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara biasanya nanti menjadi pijak bagi anak-anak bangsa dimasa depan yang berkualitas, bermoral, menjadi pribadi yang jujur, adil, bertanggung jawab, sopan santun, disiplin, dan menghormati orang lain. Beberapa siswa lebih unggul dalam situasi belajar kolaboratif, sementara yang lain lebih efektif dalam belajar secara mandiri, Pendidikan karakter yang terintegrasi dengan proses pembelajaran berpotensi meningkatkan kualitas hasil belajar siswa secara holistik, baik dari aspek akademik maupun non-akademik.

References

Batdı, V. (2023). Effectiveness of online learning: a multi-complementary approach research with responses from the COVID-19 pandemic period. Interactive Learning Environments, 31(7), 4113–4146. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1954035 DOI: https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1954035

Chen, C. (2023). The study on the effects of gamified interactive e-books on students’ learning achievements and motivation in a Chinese character learning flipped classroom. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1236297 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1236297

Goble, G Frank. 1991 . Mazhab Ketika: Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Kansius

Hsu, T. C. (2023). Sequential Behavior Analysis of Interdisciplinary Activities in Computational Thinking and EFL Learning With Game-Based Learning. IEEE Transactions on Learning Technologies, 16(2), 256–265. https://doi.org/10.1109/TLT.2023.3249749 DOI: https://doi.org/10.1109/TLT.2023.3249749

KetutYoda, I. (2024). Effectiveness of Motor Learning Model Based on Local Wisdom in Improving Fundamental Skills. Retos, 57, 881–886. https://doi.org/10.47197/retos.v57.106807 DOI: https://doi.org/10.47197/retos.v57.106807

Li, J. (2023). Investigating Latent Interactions between Students’ Affective Cognition and Learning Performance: Meta-Analysis of Affective and Cognitive Factors. Behavioral Sciences, 13(7). https://doi.org/10.3390/bs13070555 DOI: https://doi.org/10.3390/bs13070555

Mahmud, S. (2023). Building Students’ Character Based on Maqaşid al-Shari’ah: Perspectives of Parents, Teachers, and Community Members in Banda Aceh. Samarah, 7(3), 1803–1826. https://doi.org/10.22373/sjhk.v7i3.17708 DOI: https://doi.org/10.22373/sjhk.v7i3.17708

Maksum, Muhammad. 2014. Menjadi Guru Idola. Klaten: Cable Book.

Martawijaya, M. A. (2023). THE EFFECT OF APPLYING THE ETHNO-STEM-PROJECT-BASED LEARNING MODEL ON STUDENTS’ HIGHER-ORDER THINKING SKILL AND MISCONCEPTION OF PHYSICS TOPICS RELATED TO LAKE TEMPE, INDONESIA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i1.38703 DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v12i1.38703

Megawang, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter. Jakarta Indonesia Heritage Fondation.

Muin, Fachtul. 2011. Pendidikan Karakter. Konstruksi Teoritik Dan Praktik. Yogyakarta. Arr-Ruzz Media

Rachman, Maman. 2000 Reposisi, Reevaluasi, Dan Definisi Pendidikan Nilai Bagi Generasi Muda Bangsa Pendidikan Dan Kebudayaan Juma.

Ramli, T (2003). Pendidikan Karakter: Membentuk Watak Yang Tangguh. Pt Bumi Aksara.

Lickona, T. (1991). Educating For Character: How Our Schools Can Teach Respect And Responsibility. Bantam Books.

Santrock, J.W.(2011). Life-Span Development. (13th Ed). Mcgraw-Hill

Elkind, D. (2007). The Power Of Play: How Spontaneous, Imaginative Activities Lead To Hapier, Healthier Children. Da Capo Press

Tohitin. (2007). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pt Raja Grafindo Persada

Hakim, T. (2000). Belajar Secara Efektif Dan Motivasi Belajar Mengajar. Pt Rajagrafinndo Persada

Tu’u, Tulus (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Pt Gramedia Pustaka: Jakarta

Zhan, Z. (2024). A systematic literature review of game-based learning in Artificial Intelligence education. Interactive Learning Environments, 32(3), 1137–1158. https://doi.org/10.1080/10494820.2022.2115077 DOI: https://doi.org/10.1080/10494820.2022.2115077

Downloads

Published

2024-10-05

How to Cite

Saputri, R. E., Sapitri, E., Kartika, I., & Putri, N. S. (2024). Analisis Karakter Siswa terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.909

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)