Implementasi Aplikasi Canva sebagai Bahan Ajar untuk Meningkatkan Keterampilan Kreativitas Guru SD

Authors

  • Rahmawati Eka Saputri Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Syavina Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Natasya Amelia Apriliani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Gisha Triutami Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.1113

Keywords:

Canva, Bahan Ajar, Keterampilan, Kreativitas, Guru SD

Abstract

Guru dan peserta didik dapat menggunakan Canva, aplikasi online dengan berbagai template dan fitur menarik, untuk membuat pembelajaran lebih kreatif dan menarik. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam tiga tahap: pendahuluan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan aplikasi Canva dalam meningkatkan kreativitas guru SD. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei, data dikumpulkan melalui kuesioner dari guru SDN Kamal Muara 01 dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasilnya, mayoritas guru memiliki persepsi positif terhadap penggunaan Canva. Guru merasakan peningkatan keterampilan kreativitas mereka dalam merancang media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi Canva memiliki potensi besar untuk meningkatkan keterampilan kreativitas guru SD.

References

Clark, R. E. (1983). Reconsidering research on learning from media. Review of Educational Research, 53(4), 445-459. DOI: https://doi.org/10.3102/00346543053004445

Gurudisdn, P. (2022). Pelatihan media pembelajaran digital berbasis Canva bagi guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Jurnal Pendidikan Digital, 2(1), 47–54. DOI: https://doi.org/10.52850/jpmupr.v9i2.7031

Hadiyati, E. (2011). Kreativitas adalah inisiatif dalam produk atau proses yang tepat, bermanfaat, dan bernilai sebagai panduan untuk menemukan hal baru. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Kreativitas, 7(2), 123-134.

Malik, M. C. (2021). Pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media pengembangan diri remaja. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(February). https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750 DOI: https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750

Mustofa, H., & Haryono, E. (2023). Peningkatan kreativitas dan efektivitas belajar melalui aplikasi Canva dalam Kurikulum Merdeka. Al Fattah Ejournal SMA Al Muhammad Cepu, 3(03), 42–54.

Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA. (2020, Agustus). Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) di Era Society 5.0. Diakses dari https://proseding.unma.ac.id

Silberman, M. L. (2006). Active training: A handbook of techniques, designs, case examples, and tips. John Wiley & Sons.

Syarthini, N. P., & Nasution, M. (2014). Pengaruh pendidikan, keterampilan, dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan PT. Mitra Pinasthika Mustika Finance Cabang Bengkulu. Skripsi, Universitas Bengkulu.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Saputri, R. E., Syavina, Apriliani, N. A., & Triutami, G. (2024). Implementasi Aplikasi Canva sebagai Bahan Ajar untuk Meningkatkan Keterampilan Kreativitas Guru SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.1113

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)