Pengaruh Kepribadian Siswa Introvert terhadap Keberhasilan Belajar di SDN Cipondoh 04
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.908Keywords:
Kepribadian Introvert, Keberhasilan BelajarAbstract
Siswa dengan kepribadian introvert adalah seseorang yang pemalu, pendiam, susah untuk bersosialisasi, kurang percaya diri, susah mengungkapkan pendapat, menghindari keramaian dan susah mengungkapkan perasaan yang dimilikinya. Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh kepribadian siswa introvert terhadap keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepribadian akan mengganggu dan menghambat seseorang untuk mencapai proses pembelajaran. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, pengumpulan data yang dilalukan dengan melakukan observasi, wawancara, menyebarkan angket pada siswa kelas VI A dan B serta dokumentasi. Hasil penelitian terdapat 3,60% siswa yang memiliki kepribadian introvert di SDN Cipondoh 04. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa kepribadian tidak akan mempengaruhi seseorang dalam proses pembelajaran, setiap individu memiliki cara tersendiri untuk mereka dapat memahami setiap materi yang disampaikan oleh guru. Seorang pendidik melakukan pendekatan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar hal ini diperlukan agar siswa merasakan kenyamanan selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung sehingga akan tercapai tujuan yang diinginkan.
References
Amelia, M., Safitri, N., Marlia, A., Diansari, L., Febrianti, A., Zakaria, M., Dikara, C., & Sulistiyo, A. (2023). Peranan Guru BK dan Kontribusi Guru PAI Dalam Menghadapi Permasalahan Kepribadian Introvert dalam Diri Peserta Didik (Studi Kasus Pada Siswa Di SMP Tunas Teladan Palembang). Hypothesis: Multidisciplinary Journal of Social Sciences, 2(2), 291–302. Dipetik Juni 13, 2024, pukul 11.20 DOI: https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i02.910
Agus T. Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. J Pendidik. Published online 2020:1-37. https://books.google.co.id/books?id. Dipetik Juni 25, 2024, pukul 15.40
Dominika, & Virlia, S. (2018). Hubungan tipe kepribadian ekstrovert-introvert dengan penerimaan sosial pada siswa. Konselor, 7(1), 31–39. https://doi.org/10.24036/02018718735-0-00. Dipetik Juni 13, 2024, pukul 11.25 DOI: https://doi.org/10.24036/02018718735-0-00
Elan, E., Gandana, G., & Oktavia, B. N. (2023). Peranan Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak Introvert Pemalu. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 7(1), 109–115. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1246. Dipetik Juni 13, 2024, pukul 11.30 DOI: https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1246
Hasbi, M., Maryatun, Ika, B., Pratiwi, Wiwik, C., Murtiningsih, Saputra, Nor, I., Rahmawati, D., & Rahayu, I. (2021). Peran orang tua dalam program pembelajaran. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Dipetik Juni 14, 2024, pukul 09.58
Habibati. Strategi Belajar Mengajar. Syiah Kuala Universitiy Press; 2017. Dipetik Juni 25, 2024, pukul 15.30
Loehken, S. (2016). Tak Masalah Jadi Orang Introvert (P. Kuntaswari (ed.)). PT Gramedia Pustaka Umum. https://online.anyflip.com/. Dipetik Juni 14, 2024, pukul 09.57
Nisa, K., & Mirawati, M. (2022). Kepribadian Introvert Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 606–613. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.79. Dipetik Juni 13, 2024, pukul 11.33 DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.79
Putri Rahayu, N., Fatimah Zahrah & Chandra. (2023). Analisis Karakter Tanggung Jawab Siswa Yang Sulit Dalam Bersosialisasi (Introvert). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8017. Dipetik Juni 13, 2024, pukul 11.40 DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8017
Rachmawati, Diana, W., Al Ghozali, Muhammad, I., Nasution, B., Firmansyah, H., Asiah, S., Akhsin, R., Damayanti, I., Siagian, R., Aradea, R., Marta, R., Zaharah, Syarif, M., Kusmiran, Yenni, Surya, Yenni, F., & Kusuma, Yanti, Y. (2021). TEORI & KONSEP PEDAGOGIK. In I. Irayanti & A. Kurniawan (Eds.), INSANIA. https://doi.org/10.5040/9781501346286.0014. Dipetik Juni 13, 2024, pukul 11.45 DOI: https://doi.org/10.5040/9781501346286.0014
Rachilda, A. F. Z., Sa`ida, N., & Budiman, A. (2023). Analisis Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert pada Pembelajaran Interaktif Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i1.8390. Dipetik Juni 14, 2024, pukul 09.55 DOI: https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i1.8390
Saptono YJ. Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI J Pendidik Agama. 2016;I:189-212. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/9. Dipetik Juni 25, 2024, pukul 15.45
Saputri, Rahmawati, E., Atariq, D., & Syafitri, A. (2023). Perkembangan Peserta Didik (2023rd ed.). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. Dipetik Juni 14, 2024, pukul 09.45
Thursan H. Belajar Secara Efektif. Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara https://books.google.co.id/books?id. Dipetik Juni 25, 2024 Pukul 16.39
Yandi A, Nathania Kani Putri A, Syaza Kani Putri Y. Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). J Pendidik Siber Nusant. 2023;1(1):13-24. doi:10.38035/jpsn.v1i1.14. Dipetik Juni 15,2024, pukul 11.20 DOI: https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515. Dipetik Agustus 02, 2024, pukul 12.47 DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmawati Eka Saputri, Alya Nur Ramadani, Chika Aprillah Fitriadi, Salwa Alika Waluyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.