Studi Pustaka dalam Efektivitas Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.601Keywords:
Efektivitas, Literasi, Minat Baca, Perpustakaan Sekolah, Minat, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Melalui studi pustaka, data dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif dan analitis untuk memahami fenomena dan variabel yang mempengaruhi minat baca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah secara efektif dapat meningkatkan minat baca siswa, yang ditunjukkan dengan peningkatan jumlah buku yang dibaca siswa dan frekuensi kunjungan mereka ke perpustakaan, serta tersedianya buku-buku yang menarik dan fasilitas perpustakaan yang memadai.
References
Ahmad Eskha. (2018). Peran perpustakaan sebagai sumber belajar. Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 12.
Ahmad Rohani. (1997). Media instruksional edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Basuki Sulistyo. (1991). Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Caccia, M. (2019). ORCA.IT: A New Web-Based Tool for Assessing Online Reading, Search and Comprehension Abilities in Students Reveals Effects of Gender, School Type and Reading Ability. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02433 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02433
Chu, Z. (2021). Effects of digital media integrated reciprocal teaching on students’ reading ability and motivation. Revista de Cercetare Si Interventie Sociala, 73, 299–311. https://doi.org/10.33788/rcis.73.19 DOI: https://doi.org/10.33788/rcis.73.19
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1998). Kamus umum bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Bahasa.
Dian Sinaga. (2007). Mengelola perpustakaan sekolah. Jakarta: Kreasi Media Utama.
Egloff, F. (2019). Students´ reading ability moderates the effects of teachers´ beliefs on students´ reading progress. Frontline Learning Research, 7(1), 1–22. https://doi.org/10.14786/flr.v7i1.336 DOI: https://doi.org/10.14786/flr.v7i1.336
Gao, M. (2022). Situational Teaching Based Evaluation of College Students’ English Reading, Listening, and Speaking Ability. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(8), 140–154. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i08.30561 DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v17i08.30561
Hadi, A. A., Anisa Sarifah, Tauri Maftuhah, & Putri, W. D. (2023). Rendahnya minat baca anak sekolah dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3.
Hartono. (2016). Manajemen perpustakaan sekolah menuju perpustakaan modern dan profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hazaea, A. N. (2022). Timed reading activity for developing EFL students’ reading skills in mixed-ability classes. Learning and Teaching in Higher Education: Gulf Perspectives, 18(1), 49–61. https://doi.org/10.1108/LTHE-01-2021-0006 DOI: https://doi.org/10.1108/LTHE-01-2021-0006
Ibrahim Bafadal. (2001). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar. (2016). Manajemen dan budaya perpustakaan. Bandung: Refika Aditama.
Lee, J. Y. V. (2021). Vocabulary size and critical academic reading ability of secondary students in Sabah. 3L: Language, Linguistics, Literature, 26(4), 15–27. https://doi.org/10.17576/3L-2020-2604-02 DOI: https://doi.org/10.17576/3L-2020-2604-02
Maipoka, S. A. (2021). Effects of intensive and extensive reading instruction on thai primary students’ english reading ability. LEARN Journal: Language Education and Acquisition Research Network, 14(1), 146–175.
Muchyidin, Suherlan, Mihardja Iwa D Sasmita. (2008). Perpustakaan. Bandung: PT Puri Pustaka.
Novianti, R. (2019). Phonology-based reading instruction to improve dyslexic students’ early reading ability. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 9(2), 443–451. https://doi.org/10.17509/ijal.v9i2.20242 DOI: https://doi.org/10.17509/ijal.v9i2.20242
Pawit M. Yusuf. (2005). Pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Jakarta: Kencana.
Pawit M. Yusuf. (2010). Pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Jakarta: Kencana.
Prastowo, A. (2012). Manajemen perpustakaan sekolah profesional. Yogyakarta: Diva Press.
Ratnasari, D., Gunayasa, I. B. K., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap keterampilan berbicara kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Renjana Pendidikan Dasar, 2(1). DOI: https://doi.org/10.55585/rintvet.v1i1.4
Sinaga, Dian. (2011). Mengelola perpustakaan sekolah. Bandung: Bejana.
Soetminah, Sri Marnodi. (1991). Perpustakaan, kepustakaan, dan pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (Edisi ke 3). Alfabeta.
Sulistyo Basuki. (2003). Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
Sutarno NS. (2003). Perpustakaan dan masyarakat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 tahun 2007 tentang perpustakaan.
Viengsang, R. (2022). Effects of a Learning-oriented Reading Assessment Model on Thai Undergraduate Students’ Reading Ability. LEARN Journal: Language Education and Acquisition Research Network, 15(1), 709–747.
Wiji Suwarno. (2009). Psikologi perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.
Yashinta, D. (2021). Pemahaman siswa SD terhadap materi pembelajaran Bahasa Jawa ditinjau dari minat baca. STKIP PGRI Pacitan.
Yohannes, A. (2023). Effect of an interactive e-book on middle school students’ mathematics reading and spatial ability. Educational Technology Research and Development, 71(4), 1869–1886. https://doi.org/10.1007/s11423-023-10225-0 DOI: https://doi.org/10.1007/s11423-023-10225-0
Zulkha, Z. I., & Setyawan, A. (2022). Upaya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Sentol 2 menggunakan metode inkuiri. Jurnal Renjana Pendidikan Dasar, 2(3), 201–210. DOI: https://doi.org/10.52217/pedagogia.v3i2.25
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Della Nathalia Desiana, Karina Trisna Putri, Monika Metravia, Arita Marini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.